Apa Sih yang Dimaksud dengan Kram?

Salah satu hal yang tidak bisa dihindari oleh sebagian masyarakat yaitu rasa sakit ketika mengalami kram. Kram otot ini bisa menyerang anak-anak, remaja, bahkan orang tua. Jadi, hal seperti ini tidak mengherankan lagi bila terjadi di semua kalangan. Kram otot ini bisa menyerang bagian mana saja baik tangan ataupun kaki. Mengapa kram otot ini bisa terjadi? Hal ini terjadi dikarenakan kebanyakan melakukan aktifitas yang berkaitan dengan fisik dan dilakukan pada saat cuaca yang panas. Kram sendiri bisa menyerang sebagian orang pada saat bangun tidur ataupun ketika kamu ingin tidur. Perlu kamu ketahui bahwasannya, penyebab kram tangan dan kaki ini disebabkan oleh saraf yang terjepit dalam jangka waktu yang cukup lama.

Membahas mengenai hal sebelumnya mengenai kram, pada kesempatan kali ini akan mengupas secara penuh tentang apa yang dimaksud dengan kram. Kram sendiri merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh seseorang di waktu-waktu tertentu. Kram sendiri ini bisa terjadi ketika kamu lagi berolahraga layaknya lari atau bersepeda dalam jangka waktu yang cukup lama dan pada saat itu kamu belum sempat melakukan pemanasan. Pada saat ingin menggerakan bagian tubuh tersebut karena kamu ingin beristirahat sejenak, kamu mengalami rasa sakit yang luar biasa pada otot untuk digerakkan. Kondisi tersebutlah yang dimaksudkan dengan kram otot. Kram otot inilah yang membuat otot-otot yang ada di bagian tubuh makin mengencang dan membuat kamu merasakan kesakitan.

Setelah sedikit mendapatkan gambaran umum dari kram otot ini, kram otot sebenarnya merupakan hal umum yang terjadi di semua kalangan usia. Walaupun begitu, jika kamu mengalami kram otot yang sering muncul terjadi lebih baik untuk berkonsultasi kepada dokter yang menangani hal tersebut. Pada saat waktu apakah kamu perlu memeriksakan kesehatan mu ke dokter padahal hanya mengalami kram otot? Kamu bisa memeriksakan masalah kram otot kamu pada saat kram ini membuat kamu tidak nyaman, pada saat kram otot sering menyerang beberapa bagian tubuh yang terkena kram ini membengkak, tidak melakukan hal yang memang tidak ada kaitannya dengan kram otot, dan pada saat kram otot ada beberapa bagian otot yang melemah.

Membahas mengenai kram otot, sebenarnya apa saja yang menyebabkan kram otot ini terjadi? Pada kesempatan kali ini akan membahas sedikit mengenai hal tersebut. Penyebab dari kram otot sendiri yaitu olahraga, kehamilan, kondisi medis yag lain, dehidrasi, dan juga banyak pengonsumsian obat-obatan. Tidak hanya itu saja, ada beberapa penyebab lain diantaranya kekurangan kalium, kalsium, dan mineral. Ada juga dimana penyebab dari kram otot yaitu paparan terhadap suhu yang dingin dan terkena secara langsung di tubuh.

Membahas mengenai kram otot sendiri, jika kram otot ini terjadi apa saja langkah pengobatan yang bisa dilakukan di rumah sendiri. Pada kesempatan kali ini, akan membahas mengenai pengobatan yang bisa dilakukan di rumah sendiri. Pengobatan yang bisa dilakukan adalah merenggangkan otot dan memijatnya, mandi dengan berendam di air hangat, membungkus es batu dengan kain dan dioleskan ke bagian otot yang sakit, meminum obat untuk kram, dan banyak meminum cairan. Kamu bisa melakukan pengobatan awal untuk kram otot yang dirasakan pada waktu ini, jika masih belum terasa efek ke arah yang membaik kamu bisa mengunjungi dokter terdekat untuk melakukan penanganan.

Perlu kamu ketahui lebih dekat lagi, kram otot ini bisa saja terjadi secara tidak sengaja dan dalam waktu yang cukup lama ini tanpa sengaja berkontraksi secara terus menerus tanpa diberi waktu untuk berelaksasi. Kram otot yang terjadi ini bisa terlihat dengan jelas dan bisa dirasakan dengan diraba dimana otot mengeras seketika. Otot sendiri sudah berkontraksi dan berelaksasi dalam menggerakan anggota tubuh yang ada dan langsung dengan otot. Dan, pada saat itu otot-otot dengan anggota tubuh selalu sinkron. Sebelumnya, kram otot ini bisa terjadi dalam jangka waktu yang lumayan lama seperempat jam bahkan lebih lama dari seperempat jam. Walaupun kram ini bisa terjadi pada otot anggota gerak tubuh, kram ini juga bisa terjadi pada otot rangka.

Setelah membahas beberapa hal mengenai kram, sebenarnya apakah kamu tahu dengan jenis-jenis kram? True cramps, tetany cramps, dan dystonic cramps. Membahas jenis-jenis yang ada di dalam kram sendiri penyebabnya pun bermacam-macam dilihat dari segi jenisnya. Setelah mengetahui, sedikit informasi mengenai kram otot dan beberapa sedikit gambaran mengenai penyebab dan juga cara pengobatannya, jika kamu mengalami kram otot yang berlebihan dan terjadi terus menerus maka ada baiknya kamu untuk menghubungi dokter ataupun pergi ke klinik terdekat untuk mengecek kondisi tubuh kamu. Tidak ada yang tau juga jika kram otot ini membahayakan tubuh kamu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.