Manfaat Perawatan Pasca Stroke dengan Fisioterapi

Manfaat Perawatan Pasca Stroke dengan Fisioterapi

Stroke mempunyai banyak efek yang dapat dirasakan pada tubuh penderitanya. Sehingga pada umumnya pasien tidak dapat sembuh total, tetapi perawatan pasca stroke tetap dibutuhkan untuk dapat membantu pasien dapat mempunyai kualitas hidup lebih baik. Untuk perawatan yang dibutuhkan sendiri dapat diberikan setelah pasien sudah dalam keadaan yang stabil setelah serangan stroke. Perawatan tersebut dapat dilakukan setelah 48 jam mengalami serangan stroke dan kondisinya lebih stabil. Ketika memberikan perawatan juga perlu untuk mengetahui terlebih dahulu dampak dari serangan tersebut untuk mendapatkan jenis perawatan yang tepat.

Dampak dari serangan stroke sendiri akan menimbulkan berbagai macam gangguan yang dapat dirasakan oleh pasien. Hal tersebut karena serangan stroke terjadi karena matinya otak untuk sementara sehingga pasien akan mengalami kondisi yang tidak sama seperti sebelum terserang stroke. Adapun untuk beberapa gangguan yang dapat dialami adalah mulai dari gangguan otot, gangguan berbicara, gangguan berkomunikasi, hingga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan mental. Oleh karena itulah pasien perlu mendapatkan perawatan yang tepat mulai dari terapi psikologi, terapi kognitif, hingga juga fisioterapi yang merupakan terapi fisik.

Terapi fisik atau fisioterapi tersebut mempunyai banyak sekali keuntungan dan manfaat yang bisa didapatkan. Terutama karena pasien yang mengalami stroke akan mengalami gangguan otot sehingga akan susah untuk bergerak. Dengan melakukan fisioterapi yang didampingi oleh terapis profesional maka akan dapat mempunyai manfaat untuk mengembalikan fungsi tubuh. Anda bisa menggunakan terapi profesional yang sekarang ini bisa datang ke rumah. Bagi Anda yang menginginkan perawatan fisioterapi datang ke rumah bisa menggunakan aplikasi Aido untuk memilih terapis profesional. Sehingga dengan menggunakan terapis profesional dari Aido untuk perawatan fisioterapi yang dibutuhkan, nantinya akan mendapatkan manfaat lengkap untuk pasien stroke seperti berikut ini:

  1. Mengatasi otot yang kaku

Manfaat pertama ketika menggunakan jasa dari terapis profesional untuk fisioterapi adalah dapat untuk mengatasi otot yang kaku. Seperti telah yang disebutkan bahwa serangan stroke dapat membuat pasiennya mengalami gangguan otot. Dari beberapa penelitian disebutkan bahwa gangguan otot yang menjadi kaku dan susah untuk digerakkan tersebut akan dapat menjadi lebih baik dan berangsur bisa lebih normal dengan bantuan fisioterapi secara rutin. Oleh karena itulah Anda bisa menggunakan jasa terapis profesional yang mempunyai kemampuan dan juga pengalaman terbaik untuk mempunyai hasil yang lebih baik untuk dapat mengatasi kekakuan otot yang diderita pasien setelah serangan stroke.

  1. Membantu mengurangi rasa sakit

Hal selanjutnya yang dapat menjadi manfaat dengan menggunakan terapis profesional untuk fisioterapi pasca stroke adalah dapat untuk mengurangi rasa sakit. Rasa sakit yang dialami terjadi ketika pasien akan menggerakkan tubuh, utamanya pada bagian kaki dan tangan. Dengan perawatan yang maksimal dari fisioterapi akan membantu untuk dapat mengurangi rasa sakit yang dialami oleh pasien. Adapun beberapa perawatan yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit adalah dengan ultrasound, stimulasi listrik, terapi panas, dan lainnya.

  1. Meningkatkan kemampuan bergerak

Manfaat terakhir dari perawatan stroke dengan bantuan dari terapis profesional untuk fisioterapi adalah dapat meningkatkan kemampuan bergerak. Karena mengalami gangguan otot, maka hal tersebut membuat pasien susah menggerakkan anggota tubuhnya. Hal ini akan membuat pasien tidak bisa lagi untuk berjalan, berdiri, dan melakukan aktivitas lainnya. Dengan fisioterapi secara rutin nantinya mempunyai manfaat dapat untuk meningkatkan kemampuan gerak sehingga membantu pasien melakukan kegiatan aktivitas dasar dan yang biasa dilakukan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.