Perkenalkan, Saya iPhone 5!

iphone 5 launch

Apple telah mengumumkan iPhone 5, versi terbaru dari produk smartphonenya, di California. iPhone 5 menampilkan sedikit perubahan dari desain sebelumnya, yaitu layar yang berukuran 4 inchi.

Apple CEO, Tim Cook, muncul pada menit pertama acara peluncuran iPhone 5 tersebut. Tim Cook jugalah yang sebelumnya mengumumkan peluncuran iPhone 4S tepat sehari sebelum berita sedih kematian Steve Jobs.
Sementara itu Phil Schiller dari Apple mendeskripsikan iPhone 5 sebagai produk tercantik yang pernah diproduksi oleh Apple.

iPhone 5  mempunyai sisi bagian belakang yang keras yang terbuat dari gelas dan aluminium. Apple menyebutkan bahwa iPhone 5 ini adalah smartphone tertipis dan teringan di dunia, mempunyai ketebalan 7.6 mm dan berat 112 gram.

Layar iPhone 5 sama lebarnya dengan model sebelumnya, namun lebih panjang, membuatnya mempunyai ukuran layar 4 inchi, dengan aspek rasio 16:9. Resolusi layar juga sama dengan sebelumnya, mempunyai 326 ppi layar Retina.

Apple melaporkan, dengan konfigurasi layar tersebut saturasi warna akan menjadi 44% lebih baik. “Laut akan menjadi lebih biru, photo anak-anak akan menjadi lebih gembira, dan dunia akan terlihat sebagai tempat yang lebih indah,” kata Schiller.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, jaringan data 4G LTE juga akan disisipkan ke dalam iPhone 5. Tentu saja fitur 4G ini dapat dinikmati jika jaringan 4G sudah tersedia di tempat Anda.

iPhone 5 dibuat dengan kekuatan prosesor A6, dimana Apple mengklaim bahwa prosesor ini mempunyai kecepatan 2x lebih cepat dari iPhone 4S, sehingga proses pengolahan gambar juga akan menjadi lebih cepat 40%.

Kamera pada iPhone 5 masih sama menggunakan kamera 8 megapixel, namun telah disempurnakan pada sisi fitur pencahayaan yang rendah. Selain itu juga ada fitur aplikasi panorama yang sempat diperagakan Apple dengan gambar ukuran 28 megapixel.

Apple telah mengganti konektor tradisional iPhone dengan konektor yang baru yang mereka beri nama Lightning, yang mereka klaim mempunyai ukuran 80% lebih kecil dan lebih fleksibel digunakan. Sayangnya, untuk para pengguna iPhone yang sudah mempunyai dock harus membeli adapter agar bisa digunakan oleh iPhone 5.
iPhone 5 tersedia dalam 2 warna, yaitu hitam dan putih. iPhone 5 akan diluncurkan dengan sistem operasi terbaru iOS versi 6, yang akan membawa fitur baru termasuk layanan peta (Apple’s maps). Apple juga meluncurkan desain terbaru software iTunes, selain desain iPod Touch dan iPod Nano. Sama seperti iPhone 5, iPod Touch terbaru mempunyai layar lebih besar yaitu 4 inchi, prosesor yang lebih baru (prosesor A5), dan dengan ketebalan 6.1 mm. Sedangkan iPod Nano terbaru mempunyai ukuran layar 2,5 inch dan 38% lebih tipis dari sebelumnya.

iPod Nano juga terbuat dari aluminium dan datang dengan 7 warna: putih, hitam, hijau, ungu, biru, kuning, dan merah. Selain itu Apple juga mendesain ulang earbuds yang biasanya dibundel dengan iDevices. Namanya yang baru adalah EarPods, yang disebutkan mempunyai desain baru dalam meningkatkan kualitas suara.

iPhone 5 akan tersedia mulai 21 September 2012, tepat 9 hari setelah pengumuman peluncurannya, dengan pre-order dimulai tanggal 14 September.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.