Sudahkah Anda Sarapan Hari Ini?

Sarapan pagi seringkali dilewatkan oleh setiap anggota keluarga. Sempitnya waktu diantara banyaknya aktifitas di pagi hari, membuat sarapan sering dinomorduakan. Terkadang, kita baru sarapan pada saat detik-detik terakhir sebelum berangkat beraktifitas, saat berada di perjalanan menuju sekolah dan kantor, atau bahkan tidak sama sekali.

Padahal sarapan pagi itu sangat penting. Sarapan pagi menjadi pemasok kalori bagi tubuh sebesar 20-25% dari total kebutuhan energy setiap hari. Saat tidur tubuh juga memerlukan energy. Energi yang dikonsumsi saat malam hari digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas organ tubuh, seperti jantung, paru-paru, ginjal dll. Oleh karena itulah saat pagi hari kita memerlukan sarapan untuk mendapatkan energy. Mobil yang kehabisan bensin saja harus segera mengisi kembali bahan bakarnya supaya dapat berjalan lagi. Manusi pun demikian. Otak memerlukan glukosa supaya dapat berfungsi dengan baik. Tak hanya itu saja, selain memenuhi kebutuhan energy, sarapan bersama keluarga juga dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga.

Sarapan yang sehat

Sarapan sehat sebaiknya mengandung gizi yang seimbang, yaitu : karbohodrat, protein, lemak, vitamin, mineral, air dan serat. Karbohidrat dapat diperoleh dari grain (padi-padian) seperti beras, jagung, maupun gandum. Protein dan lemak bisa diperoleh dari susu dan hasil olahannya, seperti keju dan mentega. Sementara vitamin, mineral dan serat dapat diperoleh dari sayur dan buah.

Manfaat Sarapan

Sarapan yang sehat sangat bermanfaat bagi tubuh. Penelitia menunjukkan bahwa kebiasaan sarapan memberikan manfaat positif bagi fungsi kognitif, seperti : performa akademik, daya ingat dan tingkat absensi. Zat – zat gizi yang diperlukan oleh tubuh lebih tercukupi pada anak yang sarapan dibadingkan dengan yang tidak sarapan. Melewatkan sarapan juga sering dikaitkan dengan meningkatnya frekuensi jajan/ngemil yang kebanyakan tinggi lemak. Pada penelitian lain diungkapkan bahwa anak-anak yang terbiasa sarapan memiliki berat badan Indeks Massa Tubuh (IMT) yang lebih rendah dengan yang tak sarapan. Jadi karena banyak manfaatnya sarapan, tidak salah jika kita selalu menerapkan disiplin untuk bersarapan pagi buat anak-anak.

Sumber : Lifestyle magazine

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.