Mengganti Kempong Si Kecil

Kempeng/kempong/empeng kerap disebut peacemaker karena fungsinya yang bisa menenangkan. Ketika si buah hati anda masih bayi, kempong/kempeng ini terkadang jadi andalan anda karena ampuh untuk membantu anak cepat tidur atau tenang kembali saat rewel. Saat anda menyiapkan makanan atau susunya dan si kecil anda rewel, empeng juga bisa membuatnya sabar menanti.

Kebiasaan selalu memberi empeng bukan selamanya baik untuk si buah hati. Terkadang bisa membuat si buah hati tergantungan. Nah agar anak anda tidak tergantungan dengan empeng , yang utama adalah dari anda yang jangan membiasakan memberikan empeng. Berikut ada sedikit tips untuk mengalihkan anak supaya tidak menjadi tergantungan dengan empeng.

  • Boneka

Boneka lembut untuk dipeluk seperti tedy bear, kelinci, bebek atau harimau, atau minta anak memilih boneka kesayangannya sendiri. Pastikan benda-benda itu dicuci secara berkala agar bersih dari debu dan dari bau tidak sedap.

  • Guling atau Bantal

Guling atau bantal kecil dengan sarung yang rutin diganti. Sebagian anak hanya akan memeluk guling atau bantal. Tapi sebagian lagi memperoleh kesenangan dengan mempermainkan jarinya di ujung guling dan menimbulkan bunyi.

  • Selimut

Coba gunakan selimut yang berbahan lembut. Umumnya anak tidak menggunakan selimut untuk menyelimuti dirinya, melainkan dengan memegangnya. Ini lebih baik daripada empeng bisa merusak gigi.

  • Buku

Biasakan membacakan buku pada anak dengan intonasi yang membuat anak tertarik. Ia akan kecanduan dibacakan buku tersebut sebelum tidur dan akan menjadikannya sebagai pengantar tidur.

Sumber : Babies Magazine

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.