Tidur Siang

Apakah Anda  sering tidur siang atau memiliki waktu untuk tidur siang di tengah-tengah kepadatan aktivitas sepanjang hari? Bersyukurlah. Namun, jika Anda tak punya banyak waktu istirahat, sebaiknya sempatkan diri untuk tidur siang walau hanya sebentar. Tak hanya bikin segar, tidur siang juga dapat mencegah penyakit jantung.

Beberapa orang terkenal yang memiliki kebiasaan tidur siang: Nabi Muhammad SAW, Winston Churchill, John F. Kennedy, Ronald Reagan, Napoleon, Albert Einstein, Thomas Edison and George W. Bush.

Menurut penelitian National Sleep Foundation Amerika Serikat, tidur siang sangat bermanfaat bagi manusia. Tidur siang selama 10-30 menit dapat membantu meningkatkan mood, kewaspadaan, performansi dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskular .

Tidur siang yang dimaksud disini bukanlah tidur siang yang menghabiskan waktu jam-jam lamanya. Anda cukup menyempatkan tidur siang hanya kurang lebih 10-30 menit bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, misalnya serangan jantung.

Berdasarkan  penelitian yang dilakukan di Yunani menemukan bahwa orang yang tidur siang setidaknya 30 menit selama 3 kali dalam seminggu, dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 37 persen.

Indikasi tubuh jika Anda merasa  mengantuk pada siang hari, ini merupakan sinyal bahwa otak kekurangan oksigen dan membutuhkan waktu istirahat. Tidur dalam waktu singkat di siang hari ternyata terbukti dapat meningkatkan kewaspadaan yang sebelumnya berkurang karena kelelahan kerja. Dengan tidur singkat di siang hari dapat meningkatkan system metabolisme, mencegah penuaan dini dan meningkatkan daya ingat dan kewaspadaan mental.

Tips tidur siang dari National Sleep Foundation AS:

Tidur siang yang singkat (20-30 menit) biasanya direkomendasikan untuk kewaspadaan jangka-pendek. Tipe tidur siang ini memberikan manfaat signifikan untuk peningkatan kewaspadaan dan performansi tanpa membuat grogi atau mengganggu tidur malam hari.

Situasi sekitar Anda dapat sangat mempengaruhi kemampuan Anda untuk tertidur. Pastikan bahwa Anda memiliki tempat istirahat untuk berbaring dan bahwa suhu di dalam ruangan nyaman. Cobalah untuk membatasi jumlah suara yang didengar dan tingkat cahaya yang masuk. Sementara beberapa studi menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di tempat tidur dapat bermanfaat, akan lebih baik lagi terlelap.

Jika Anda tidur siang terlalu sore, hal itu dapat mempengaruhi pola tidur malam hari Anda dan memberi kesulitan untuk tidur di jam tidur Anda yang biasanya. Jika Anda tidur siang terlalu awal, tubuh Anda mungkin belum siap untuk tidur.

Jika Anda ingin tidur siang sebaiknya lakukan antara pukul 1 atau 3 siang dan tidak disarankan lebih dari 45 menit jika Anda tidak mau bangun tidur dengan kondisi kepala terasa berat.

Efek negatif

Walaupun memiliki banyak manfaat, tidur siang tidak selalu menjadi pilihan terbaik bagi setiap orang. Beberapa orang yang tidak dapat tidur di sembarang tempat kecuali di rumah mereka sendiri, tidur siang di kantor atau di semua tempat tidaklah mungkin bagi mereka. Atau bagi orang yang tidak terbisa tidur di saat hari belum gelap.

Berikut sharing di sini beberapa efek negatif tidur siang:

Tidur siang dapat menyebabkan seseorang mengalami inersia tidur, khususnya jika lebih dari 10-20 menit. Inersia tidur adalah perasaan grogi dan disorientasi yang timbul akibat bangun dari tidur yang lelap (kaget). Walaupun kondisi ini hanya berlangsung selama beberapa menit sampai setengah jam, hal itu dapat merugikan bagi orang-orang yang harus segera beraktivitas setelah bangun dari tidur siang. Penurunan kondisi dan disorientasi pasca-tidur siang dialami lebih parah, dan berlangsung lebih lama, pada orang yang kurang tidur atau orang yang terbiasa tidur siang untuk waktu yang lebih lama.

Tidur siang juga dapat memiliki efek negatif terhadap waktu tidur yang lain. Tidur siang yang panjang atau terlalu sore dapat berpengaruh buruk terhadap periode dan kualitas tidur di malam hari. Jika Anda sulit tidur di malam hari, tidur di siang hari malah akanmenambah kesulitan tersebut.

***

Penelitian terkini dalam jurnal riset Sleep menguji keuntungan tidur siang berdasarkan lamanya tidur siang dan tanpa tidur siang. Hasilnya menunjukkan bahwa tidur siang selama 10 menit memberikan manfaat terbesar dalam bentuk mengurangi rasa kantuk dan meningkatkan kinerja kognitif. Tidur siang selama 30 menit atau lebih akan memungkinkan menyebabkan inersia tidur, yaitu periode mengalami grogi yang kadang terjadi setelah tidur.

Nah, bagaimana? Jangan bingung ya.

Sebaiknya mulai dari sekarang, Anda pikirkan agar dapat menjalankan kebiasaan baru untuk tidur siang (walau sekejap) diantara jadwal rutinitas Anda sehari-hari. Pedomannya adalah bahwa tidur yang cukup secara teratur adalah cara terbaik untuk tetap terjaga dalam kondisi terbaik. Tetapi ketika lelah datang, tidur siang sejenak dapat memberikan keajaiban bagi stamina mental dan fisik Anda.

 

Source: WebMD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.