Merencanakan Aktivitas Weekend si Kecil

Bahagianya jika weekend akan tiba. Para orang tua yang telah beraktivitas penuh di pekerjaan pastilah menunggu-nunggu saat weekend bersama keluarga. Nah, sering kita selalu mengidentikkan liburan dengan keluarga pastilah harus bepergian, tentunya tidak semua harus dengan bepergian, apalagi hanya sebatas liburan weekend yang cuma beberapa hari saja. Weekend bersama keluarga bisa dilakukan dengan mengisi kegiatan di rumah bersama keluarga terutama anak-anak. Dan terkadang kita para orang tua sering yang mengatur acara berlibur buat anak-anak. Nah, agar tidak membosankan acara liburan weekend keluarga anda bersama anak-anak, berikut Sharing di Sini berbagi untuk merencanakan aktivitas weekend si kecil yang mungkin bisa bermanfaat.

  • Meminta anak membuat daftar kegiatan yang ingin ia lakukan saat liburan.

Berilah anak kebebasan untuk menulis keinginannya mulai dari bermain kolam air di rumah hingga mengadakan pesta balon di rumah maupun bersepeda bersama. Dengan begini anak bisa belajar mengatur dan menjelaskan keinginanan. Tetapi jangan lupa tetap dampingi dan jelaskan jika kegiatan tersebut terlalu berbahaya atau banyak risikonya.

  • Sortir pilihannya dan buat prioritas

Anda tidak melulu harus mengajaknya ke berbagai tempat yang banyak menghabiskan uang. Selingi dengan kegiatan sederhana namun kreatif dan menarik. Semisal ajak anak berkreativitas menghias rumah dengan membuat bunga kertas. Selain kita mempercantik rumah, kita juga bisa mengajarin anak untuk belajar merangkai bunga kertas. Maupun bisa juga anda ajak anda untuk ikut serta dalam memasak di dapur. Misalkan anda ingin membuat breakfast sederhana “burger mini” bersama anak anda, step by step anda diikutsertakan dalam kegiatan ini jadi bisa menambah wawasan anak serta membuat suasana semakin asik.

  • Untuk membuat suasana lebih seru, izinkan si kecil mengajak sahabatnya ikut serta.

Nah, biasanya jika anak bermain ada temannya pasti akan lebih betah. Tidak salahnya anda mengizinkan teman atau sahabat anak untuk ikut serta menyenangkan kegiatan bermain di rumah atau kegiatan merangkai bunga bersama di rumah. Atau bila perlu anda mengajak anak anda berkebun di rumah bersama teman-teman anak anda.

  • Perhatikan keselamatan dan keamanan bagi anak

Meskipun semisal anak anda menginginkan kegiatan weekend dengan berkemah di halaman belakang, dampingilah ia saat membakar ikan atau ketika acara api unggun, dan awasi ia saat di tempat ramai agar tidak terpisah dari anda. Atau bila anda tidak merasa aman jika anak berkemah di halaman belakang, anda bisa menganjurkan anak untuk berkemah di dalam rumah. Jadi anda sekaligus tetap bisa mengawasi anak.

Happy weekend All

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.