Scrub Kulit dengan Bahan Alami yuk..

Merawat kulit tubuh  tak cukup dengan menggunakan sabun mandi saja. Padahal bagi anda kaum perempuan, pasti setiap hari menggunakan hand body lotion, bedak, cream, dll . Jangan biarkan sel kulit mati (daki) menumpuk karena akan membuat kulit Anda terlihat kusam.

Cara termudah untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan scrub.  Anda mungkin khawatir terhadap kandungan bahan kimia jika membeli scrub instan yang ada di pasaran. Namun jangan bingung dulu, lantas menyerah enggan merawat kulit anda. Ada beberapa bahan di dapur Anda, yang dapat Anda gunakan sebagai scrub kulit. Namun sebelumnya pastikan dahulu dengan jenis kulit anda dan sesuaikan dengan kondisi kulit pada saat akan menggunakannya. Karena agar tidak terjadi luka karena bergesekan dengan kulit anda.
Penting  untuk dipertimbangkan saat memilih jenis scrub kulit, untuk hasil yang maksimal dan menghindari iritasi kulit,” kata Kimberly Sampson, seorang terapis facial, dikutip dari Birchbox.

Berikut saya sharing disini beberapa bahan alami (bahan dapur) yang dapat anda pakai sebagai Scrub Kulit:

Gula
Tekstur gula lebih lembut dari garam, sangat pas untuk jenis kulit kering. Gula juga merupakan jenis bahan yang membantu kulit selalu dalam keadaan lembab. Selain itu, gula juga berfungsi sebagai sumber asam glikolat, yang dapat membuat kulit lebih kuat, tidak mudah terkelupas.

Ampas kopi

Khawatir tentang kulit kendur? Cobalah menggosok dengan bubuk kopi kasar. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit normal, gunakan bubuk kopi juga bisa menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan kulit.
“Kopi adalah stimulan dengan sifat antioksidan dan sangat baik digunakan sebagai scrub, karena dapat mengencangkan dan menyehatkan kulit,” kata Sampson.

Bekatul
Siapa yang mengira bahwa bekatul dapat digunakan untuk perawatan kulit sensitif. Karena  teksturnya yang lembut, bekatul dapat Anda dapat gunakan untuk menggosok membersihkan area sekitar wajah, sehingga sel-sel kulit mati anda dapat terangkat. Cukup campur dengan sedikit air dan pijat wajah dengan lembut dan bilas. Bubuk bekatul ini adalah salah satu bahan yang kaya akan asam fitat, yang dapat merangsang pertumbuhan kolagen, yakni zat yang menjaga elastisiatas kulit.

Oat
Anda pasti merasa kesal jika kulit anda terbakar teriknya sinar matahari, menjadi kemerahan dan gatal. Namun jangan khawatir, untuk meringankannya anda dapat melakukan scrub kulit anda dengan oat/oatmeal. Gatal dan terbakar dapat dikurangi dengan memijat wajah dengan sedikit air dan campuran oatmeal. Diamkan sampai agak kering lalu bilas dan menerapkan pelembab. Scrub oat juga sangat membantu mengontrol kulit berminyak.

Garam laut
Garam merupakan bahan yang dapat digunakan untuk scrub namun bersifat cukup keras. Untuk itu dianjurkan untuk tidak melakukan scrub garam di area wajah. Tapi Anda dapat menggunakannya pada daerah siku dan tumit anda. Namun, garam terkadang  kulit kering menjadi kering, sehingga dianjurkan ketika menggunakan garam laut untuk scrub sebaiknya dicampur dengan minyak. Anda dapat menggunakan minyak zaitun atau baby oil.

Nah bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Mulai sekarang tak ada alasan untuk tidak merawat kulit anda karena boros. Lihat di sekitar dapur anda, stok bahan ada, Ayo..merawat kulit.

2 thoughts on “Scrub Kulit dengan Bahan Alami yuk..

  1. waaah dari semua bahan yang disebutkan, belum pernah nyoba scrub bekatul. oiya, saya pernah pake sabun oat. kok malah bikin wajah saya jadi berminyak ya????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.