Memperpanjang Usia Sepatu

Karena hati terlanjur terpikat, sepasang sepatu kerap kelewat diekspoitasi alias dipakai terus-menerus. Akibatnya, sepatu cepat mengalami keausan. Ini jadi persoalan jika kantong pun turut mengalami “aus” dengan cepat.

Pemakaian dan perawatan yang tidak tepat adalah penyebab utama usia sepatu lebih pendek dari yang seharusnya. Untuk itu, simak beberapa langkah dari sobat Sharing di Sini yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi sepatu, minimal sepatu bisa digunakan sampai usianya syukur – syukur bisa lebih awet.

  • Biasakan mengganti alas kaki dengan sandal karet saat hendak menyetir mobil. Posisi kaki saat menginjak rem, kopling dan gas dapat menyebabkan peruahan bentuk pada sepatu.
  • Hindari mengenakan sepatu yang sama selama 2- 3 hari berturut-turut. Idealnya, sepatu diangin-anginkan dalam waktu 24 jam agar tidak menjadi lembab. Sepatu yang lembab dapat memicu tumbuhnya jamur dan merusak bahan sepatu sehingga akhirnya cepat rusak.
  • Cara berjalan juga menentukan usia sepatu. Berjalan dengan cara menyeret lama – kelamaan akan membuat alas kaki cepat sobek atau aus dan tidak nyaman lagi digunakan.
  • Biasakan pula mengganti sepatu saat hendak menggunakan kendaraan umum atau berjalan cukup jauh ketika menuju dan pulang kantor. Lalu, setibanya di kantor segera menggunakan sepatu formal yang telah disiapkan untuk bekerja. Cara ini telah banyak diterapkan dan berhasil menjaga kondisi sepatu tidak mudah aus dan berubah bentuk.
  • Posisi kaki saat duduk juga bisa mengubah bentuk sepatu sehingga cepat membuatnya tidak nyaman dikenakan. Tanpa disadari, kaki yang menyilang dan menjadikan salah satu kaki sebagi tumpuan dapat mengubah bentuk sepatu. Walau tetap nyaman digunakan, bentuk sepatu yang telah berubah tak lagi sedap dipandang.
  • Lakukan perawatan sepatu secara rutin sesuai jenis material yang digunakan. Sepatu kulit, misalnya perlu dibersihkan lalu disemir secara berkala agar warnanya tak mudah pudar.
  • Jika sepatu sedng tidak digunakan, gunakan gumpalan kertas untuk menyumpal bagian dalam sepatu sehingga bentuknya tidak berubah. Hal ini juga dapat membantu menyerap kelembaban suhu di dalam sepatu.

Selain bisa membuat sepatu tidak cepat aus, tips ini juga bisa anda gunakan untuk lebih hemat berbelanja sepatu.

Sumber : Woman Magazine, edit by NE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.