Anggur untuk Kesehatan

Anggur salah satu buah yang sudah tidak asing kita konsumsi. Jenis anggur pun juga cukup banyak seperti anggur merah, putih, ungu, hitam dan hijau. Tahukah Anda, bahwa buah ini menyimpan beragam manfaat bagi tubuh dan kesehatan. Buah anggur mengandung vitamin A, C, B6, potassium, kalsium, selenium, magnesium, zat besi, fosfor dan juga folat. Karena kandungan gizinya itu, buah anggur bermanfaat sebagai penangkal berbagai penyakit. Berikut ini saya sharing di sini manfaat gizi dari buah anggur:

Konstipasi
Kandungan anggur yang terdiri dari asam organik, selulosa dan gula merupakan pencahar alami. Yang perlu dilakukan hanya mengonsumsi anggur secara rutin agar terhindar dari gangguan ini. Rasa panas setelah mengonsumsi buah yang satu ini dapat membantu menyembuhkan iritasi serta gangguan pencernaan.

Asma
Bagi penderita asma, anggur dapat meningkatkan kelembaban paru-paru. Sehingga sangat dianjurkan bagi penderita asma untuk mengonsumsi buah anggur setiap hari.

Migrain
Jus anggur akan mengurangi bahkan menyembuhkan migrain. Jus anggur dapat diminum secara teratur dan  manfaat jus yang seharusnya, sebenarnya tidak perlu manambahkannya gula.

Gangguan ginjal
Anggur dapat mengurangi tingkat asam pada ginjal. Hal ini yang akan membantu mengurangi tekanan dalam ginjal sehingga organ ginjal tidak perlu bekerja terlalu keras.

Penyakit  jantung
Dengan mengonsumsi buah anggur, kita telah meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh.  Zat inilah yang mencegah terjadinya penggumpalan dan juga mengurangi resiko penyakit jantung koroner.  Kandungan  antioksidan pada anggur akan menghentikan oksidasi kolesterol jahat atau LDL yang dapat membuat sumbatan pada pembuluh darah.

Anti bakteri
Buah anggur khususnya anggur merah mengandung anti bakteri dan anti  virus yang dapat melindungi tubuh dari serangan infeksi. Perlindungan alami ini lebih baik daripada perlindungan atau anti bakteri lain yang terbuat dari bahan kimia.

Kelelahan
Jika Anda merasa sangat lelah, Anda dapat mengonsumsi jus anggur putih. Anggur jenis ini memang agak sulit dijumpai. Namun, zat besi didalamnya akan membantu mengurangi rasa lelah dan badan kembali segar.

Kanker payudara
Anggur dapat membantu mengurangi massa (ukuran) tumor kanker payudara. Untuk dapat membantu penyembuhan  tumor payudara ini, yang perlu dilakukan adalah meminum jus anggur ungu secara rutin setiap hari.

Alzheimer
Anggur mengandung zat yang disebut dengan resverator. Zat ini dapat mengurangi tingkat amyloidal-beta peptides yang terdapat pada penderita alzhaeimer. Buah ini dapat meningkatkan kesehatan otak bagi yang mengonsumsinya.
****

Nah, ternyata banyak sekali ya manfaat penting dari buah anggur. Sekarang tak perlu ragu untuk mengonsumsinya. Mungkin harga sedikit mahal, namun setara dengan manfaatnya. Jadi, jangan sampai terlewatkan ya untuk selalu makan Anggur dalam menu buah anda setiap minggunya.

 

source: healthy journal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.