Agar Mata Tampil Cantik Mempesona

Mata merupakan indera penglihatan yang sangat penting baik secara fungsi maupun untuk pengaruh penampilan luar Anda. Apabila Anda memiliki mata yang indah dan sehat, maka bisa menjadi daya tarik sendiri bagi orang yang melihatnya. Pernah mendengar pepatah “Cinta pada Pandangan Pertama.. atau “Love at the first Sight”? kedengarannya konyol bagi Anda yang tidak pernah mengalaminya, namun percayalah bahwa itu memang benar adanya. Berikut saya sharing di sini tips agar mata tampak cantik mempesona:

1. Tidur cukup

Tidur dengan durasi waktu yang cukup memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain menjaga keremajaan kulit, tidur cukup juga membuat penampilan mata lebih segar. Tidur malam yang cukup adalah selama 7-8 jam.  Tidur cukup waktu juga sangat membantu dalam membangun stamina, daya tahan tubuh dan menangkal kelelahan.

2. Minum air putih

Minumlah air putih yang dianjurkan adalah sebanyak 8 gelas atau setara 2 liter per hari. Selain membuat tubuh terhindar dari penyakit, melancarakan metabolisme tubuh, minum air putih yang cukup juga bisa memberikan pancaran mata yang segar, natural dan tidak mudah kering.  Dengan cukup minum, Anda tidak mudah mengalami dehidrasi, yang mengakibatkan mata tampak lesu.

 3. Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A sangat penting untuk mata agar tetap sehat dan indah. Untuk itu, Anda perlu mengonsumsi sayuran kaya vitamin A, contohnya yaitu wortel, tomat, papaya, labu kuning, dan sebagainya.

4. Memakai krim mata

Krim mata seringkali diabaikan. Padahal, pemakaian krim mata secara teratur akan membuat kelopak di sekitar mata tidak mudah berkerut  serta memberikan kesegaran dan membantu mengatasi mata lelah. Perlu diketahui bahwa kulit yang berada di sekitar mata kondisinya dua kali lebih tipis dibandingkan dengan kulit lain pada bagian wajah Anda.  Dikutip dari Boldsky, “pakailah selalu krim mata setiap Anda hendak tidur pada bagian bawah mata, agar kelembapan kulit mata selalu terjaga dan membantu mengatasi mata panda”.

5. Memakai lensa kontak

Sebagian orang memakai lensa kontak (softlens) untuk memperindah penampilan matanya. Selain tidak mengganggu penampilan make up Anda, motif dan warnanya yang bervariasi membuat sebagian orang ingin memakainya. Namun, pemakaian lensa kontak harus benar dan diperhatikan anjuran untuk pemakai lensa kontak, karena bila tidak dirawat akan menimbulkan kebutaan pada mata.

6. Hindari Mengucek Mata

Apabila mata kemasukan kotoran, debu, terasa kering  atau merasa gatal, sebisa mungkin hindari untuk mengucek mata dengan menggunakan tangan Anda.  Segera tetesi mata Anda dengan obat tetes mata khusus untuk mata. Namun apabila keadaan mendesak dan terpaksa, saat Anda tidak membawa persediaan obat tetes mata, boleh basuh mata Anda dengan air bersih.  Mengucek mata hanya akan melukai dan menggores mata Anda.

Yang perlu diingat adalah bahwa mata yang cantik adalah mata yang sehat. Dengan menjaga kesehatan mata, maka aktivitas yang dijalani akan terasa indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.