Tips Memilih Kebaya Muslimah

kebaya muslim

Siapa bilang kebaya hanya pantas digunakan oleh wanita yang tidak menggunakan hijab saja?

Bagi anda para wanita yang berhijab, tak perlu kuatir. Dengan perkembangan desain yang pesat dan popularitas hijab fashion yang terus meningkat, saat ini Anda dapat memilih berbagai macam model kebaya yang anda inginkan dan memenuhi syariat tentunya. Dengan mengenakan kebaya muslimah dan hijab, Anda tetap bisa tampil menarik dan mencerminkan budaya Indonesia dengan berKebaya sehingga menunjang penampilan anda agar tetap glowing saat di acara pesta.

Berikut sharing di sini Tips Memilih Kebaya Mulismah

Motif Bahan

Sesuaikan antara motif dan bahan dengan bentuk tubuh anda. Hal ini akan memberikan harmonisasi yang mampu menambah pancaran pesona anda. Bagi anda yang memiliki tubuh besar, sebaiknya memilih motif  kain kebaya (brukat/tulle/bordir) yang lebar atau jarang agar enak dilihat. Sebaliknya bagi yang memiliki tubuh kecil, motif brukat/tulle yang rapat dan padat akan membuat anda terlihat lebih berisi dan mempesona.

Sesuaikan Warna dengan Kulit

Walaupun dengan menggunakan kebaya muslim, warna kulit tubuh anda tidak akan terlihat, namun wajah anda akan tetap terlihat. Oleh karena itu, dalam memilih warna kebaya, usahakan sesuai dengan warna kulit anda. Contohnya bagi anda yang memiliki kulit putih, anda pantas menggunakan warna-warna yang netral, pastel dan cerah, dan bagi anda yang memiliki kulit sawo matang, sebaiknya menggunakan warna pastel atau warna tua/sedikit gelap (missal: maroon, coklat tua, hijau tua, biru tua) agar kulit tampak lebih cerah dan tidak kusam.

Aksesoris

Aksesoris merupakan penunjang penampilan anda. Tambahkan beberapa detail menarik pada kebaya anda seperti payet, korsase, bros yang dapat mempercantik busana anda ataupun detail kerut / puff / ruffle pada beberapa bagian.

Pelapis Kebaya

Kebaya biasanya berbahan transparan. walau ada beberapa yang tidak berbahan transparan. Untuk kebaya berbahan transparan biasanya adalah bahan organdi, sifon, lace, brukat, bordir atau tille . Agar tetap syar’i lapisi dengan bahan pelapis chiffon/satin yang tidak menerawang. Sebaiknya pilih kain pelapis yang tidak mengkilat agar menonjolkan motif kain kebaya yang anda pakai. Untuk menghindari siluet yang terlampau ketat membentuk tubuh, perbesar pola 2cm di kanan dan di kiri badan.

Sesuaikan Warna dengan Acara Pesta

Agar anda tetap telihat glowing mengenakan kebaya di acara pesta. Sebaiknya sesuaikan warna kebaya anda dengan waktu pesta. Warna – warna netral dan lembut cocok digunakan pada siang hari. Dan kebaya dengan warna yang lebih terang dan cenderung gelap, cocok digunakan pada malam hari.

Model Kebaya untuk Badan  Tinggi Kurus

Apabila anda mempunyai  postur tubuh tinggi, bisa membuat model kebaya muslim yang panjangnya hingga mata kaki. Bagi yang posturnya biasa saja dapat mengenakan kebaya panjang hingga sebetis. Aksen kerah sabrina yang dapat menutupi badan yang terlihat kurus. Atau Anda juga dapat memilih model kebaya yang berleher agak rendah dan berbentuk U, dengan panjang kebaya cukup sampai di tengah paha atau di atas lutut. Sebagai aksen pemanis, beri sedikit payet-payet pada kebaya. Lapisi bahan brokat dengan bahan tissu tersebut agar tubuh Anda yang cenderung kurus bisa tampak berisi. Agar outfit lebih menarik, padukan kebaya dengan sarung/selendang bercorak mencolok untuk menyamarkan tubuh kurus, sehingga sekali lagi dapat membantu Anda untuk tampak lebih berisi.

Model Kebaya untuk Badan Mungil / Pendek

Sebaiknya hindari busana muslim yang terlalu bertumpuk, longgar dan berwarna gelap. Cobalah pilih gaya kebaya muslim dengan model yang simpel seperti; kebaya model blus tunik / kebaya baju kurung dari bahan thai silk atau sifon dengan detail  payet bordir dan paduan celana panjang berpipa lurus (jangan terlalu lebar karena Anda tergolong bertubuh pendek) dengan warna dan bahan yang sama dengan blus kebayanya.

2 thoughts on “Tips Memilih Kebaya Muslimah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.