Memandikan Bayi Baru Lahir

Setelah melahirkan, selama di rumah sakit, para ibu dibantu oleh perawat dan juga dokter dalam menangani si kecil. Tetapi bagaimana dengan hari-hari selanjutnya?

Menjadi ibu “baru” tidak mudah, apalagi kala harus meninggalkan rumah sakit dan membawa si kecil ke rumah. Apalagi ketika memandikan anak. Ketika masih di rumah sakit, kita terkadang hanya tahu si kecil sudah rapi dan wangi karena sudah dimandikan oleh perawat, nah jika di rumah tentu saja hal tersebut adalah tanggungjawab anda. Beruntung apabila kita dibantu oleh orang tua kita atau pengasuh bayi, tetapi tidak semata-mata kita melepaskan tanggungjawab sebagai ibu apabila sudah ada yang membantu. Berikut ini adalah tips dari Sharing di Sini yang mungkin dapat bermanfaat bagi anda, para ibu “baru” dalam memandaikan si kecil.

1.Pastikan lingkungan tempat bayi akan dimandikan dalam keadaan hangat

Tutuplah jendela, matikan AC dan kipas angin. Ini dilakukan untuk menghindari bayi dari kemungkinan kedinginan/hipotermia.

2.Sebelum menyiapkan air, siapkan dulu perlengkapannya.

Misalnya, sabun, shampoo, handuk, perlak (alas tidur yang umumnya terbuat dari plastik/karet), popok, pakaian, dll. Tata dengan baik agar memudahkan proses saat mandi dan pasca mandi.

3. Setelah air disiapkan, sabuni bayi di atas perlak menggunakan waslap

Bayi disabuni dengan menggunakan waslap terlebih dahulu waslap dibasahi air hangat. Laukan dengan hati-hati ke seluruh tubuhnya.

4. Angkat dan masukkan secara perlahan

Angkat dan masukkan secara perlahan-lahan si kecil ke dalam bak air hangat, lalu basuh badannya hingga bersih.

5. Saat membersihkan kulit kepala, anda bisa menutupi telinga si kecil

Menutupi telinga si kecil bisa menggunakan kapas agar bayi terhindar dari kemungkinan kemasukkan air. Atau jika anda mampu, telinga dibayi ditutup sedikit dengan jari jemari anda.

6. Angkat dan keringkan si bayi

Jika telah selesai, angkat dan keringkan si bayi dengan handuk bersih hingga kering.

Sementara itu, perlu diingat juga

Hati – hati dengan suhu air mandi

Bayi, merasakan panas dan dingin lebih sensitif dari orang dewasa. Bila perlu anda dapat membeli bath thermometer yang bisa mengindikasikan temperature suhu air dalam bak mandi.

Sebagian bayi merasakan rasa takut terhadap air

Untuk membuatnya nyaman, anda bisa menyanyi atau mengajaknya berbicara ketika memandikan si kecil.

Sumber : Parenthood Magazine, edit by NAD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.