Manfaat Gizi Buah Durian

buah durian
buah durian

Selalu ada beda pendapat jika berbicara tentang buah durian. Ada yang mengatakan durian baik untuk kesehatan  dan ada juga yang mengatakan bahwa durian adalah sumber lemak dan gula. Bagi orang yang tidak menyukai durian mereka menganggap buah ini sangat menyengat dan membuat pusing dan mual. Ada juga yang beranggapan bahwa buah ini mengandung gula yang tinggi, sehingga bagi penderita diabetes memang harus menghindari mengonsumsinya.

Lalu bagaimana dengan Anda? Apakah Anda termasuk seorang penggemar durian? Dan apakah ada manfaat durian untuk kesehatan Anda?

Dilansir dari USDA (United State Departement of Agriculture), berikut nilai gizi dari buah durian.

Durian (Durio zibethinus)

Nilai nurtrisi per 100 g (3.5 oz)
Energi 615 kJ (147 kcal)
Karbohidrat 27.09 g
Serat pangan 3.8 g
Lemak 5.33 g
Protein 1.47 g
Air 65g
Vitamin C 19.7 mg (33%)
Potassium 436 mg (9%)
Hanya bagian daging yang dapat dimakan,
68% (Kulit keras and biji)
Sumber: USDA Nutrient

Buah durian dikenal yang tinggi gula, tapi ini buah sebenarnya merupakan sumber vitamin C, cukup kalium, dan asam amino triptofan serotonergik, selain durian yang juga merupakan sumber karbohidrat, protein, dan lemak.

Berikut Sharing di Sini Manfaat Gizi Buah Durian:

Sebagai sumber Energi

Durian merupakan buah yang kaya energi dan mineral, seperti halnya ditemukan dalam buah pisang dan alpukat.

Baik untuk sembelit karena Kaya Serat

Durian mengandung serat yang tinggi, nutrisi penting yang menyerap air dan mengembang dalam saluran pencernaan dengan lembut, efektif mempercepat proses perpindahan massa melalui system metabolisme.

Kandungan asam folat dapat mencegah anemia

Selain kekurangan zat besi, kekurangan folat juga dapat menyebabkan anemia, jenis ini disebut anemia pernisiosa.  Terkait dengan folat dan vitamin B9, zat tersebut diperlukan untuk produksi normal sel darah merah. Durian adalah sumber yang baik untuk asam folat.

Baik untuk kesehatan kulit

Dengan mengonsumsi satu porsi atau satu cangkir durian, itu berarti Anda telah mencukupi kebutuhan vitamin C dalam sehari, sebanyak 80%. Vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh yang berhubungan dengan produksi kolagen (protein penting yang ditemukan di kulit, tulang, tendon, ligamen , dan pembuluh darah).

Menjaga kesehatan tulang

Durian kaya akan kalium, juga diperlukan untuk mendukung kesehatan tulang.

Baik untuk pencernaan

Durian juga merupakan sumber Thiamin yang baik, kandungannya adalah 0.374mg per 100g durian, juga dikenal sebagai sumber vitamin B yang merangsang nafsu makan dan membantu menghasilkan asam klorida dalam lambung untuk pencernaan makanan.

Nah, sekarang menjadi tahu manfaat gizi durian kan. Jadi tak ragu mengonsumsinya, asalkan pada porsi yang pas dan tidak berlebihan maka tidak akan menimbulkan mabuk durian.

[e_SdS]

source: USDA

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.