20 Hal TerCepat di Dunia

1. Pelari Tercepat


Usain Bolt St Leo CD lahir 21 Agustus 1986, adalah seorang sprinter Jamaika. Bolt memegang rekor dunia dan Olimpiade untuk 100 meter dalam waktu 9,69 detik, 200 meter dalam waktu 19,30 detik dan bersama dengan rekan-rekan setimnya 4 × 100 meter estafet dalam waktu 37.10 detik, semua terjadi di Olimpiade 2008. Bolt menjadi orang pertama yang memenangkan tiga peristiwa di Olimpiade tunggal sejak Carl Lewis pada tahun 1984, dan orang pertama dalam sejarah yang mencetak rekor dunia dalam ketiga kejuaraan lari pada Olimpiade. Prestasinya dalam berlari telah mendapat julukan media “‘Lightning Bolt”. Di kejuaraan Berlin pada hari Minggu 16 Agustus 2009, ia memenangkan final 100 meter dalam waktu 9.58 detik yang menjadi rekor dunia baru.

2. Pemakan tercepat

Yang satu ini masih menjadi kontroversial. Meskipun rekor pemakan tercepat di dunia  masih dipegang oleh Takeru “Tsunami” Kobayashi yang berhasil makan hot dog dalam 10 menit sebanyak 69 buah hotdog, Joey “Jaws” Chestnut kini resmi diakui oleh Federasi Internasional sebagai juara dunia pada Kompetisi Makan. Pada tahun 2007 ia memecahkan rekor dunia ketika ia makan 66 hotdog (termasuk rotinya) dalam waktu 12 menit.

3. Mobil Tercepat

Mempunyai kecepatan 267 mph (429 km/jam), 0-60 mph dicapai dalam 2.4 detik. Mesin Aluminum, Narrow Angle 8 Liter W16 dengan kekuatan 1200 hp, harganya $2,400,000. Meskipun Bugatti Veyron tidak dapat mengalahkan SSC Ultimate Aero pada Maret 2007, Bugatti memenangkan rekor di Jerman pada 10 Juli 2010 dengan titel 2010 Super Sport Version. Versi Bugatti Veyron sebelumnya mempunyai top speed 253 mph, dengan harga $1,700,000 dilengkapi tenaga 1001 hp.

4. Kendaraan Non Produksi Tercepat

Pada tanggal 15 Oktober 1997, bertenaga roket mobil Thrust SSC mencapai kecepatan 763 mph. Dikemudikan oleh pilot pesawat tempur Andy Green melalui gurun Nevada,  menjadi mobil pertama untuk memecahkan rekor melebihi kecepatan suara.

5. Hewan Darat Tercepat

Cheetah adalah keajaiban evolusi. Mampu berjalan hingga 70 mil per jam, berkaki panjang dan ramping, memang tubuhnya cocok untuk berlari cepat.

6. Ikan Tercepat

Iklan layar /sailfish adalah jenis ikan di dalam genus Istiophorus yang tinggal di perairan hangat. Kebanyakan berwarna biru keabu-abuan dan memiliki sirip punggung tegak yang mirip dengan layar kapal. Ciri penting lainnya adalah moncong yang memanjang, menyerupai moncong ikan todak. Ikan ini adalah ikan tercepat, bisa berenang hingga kecepatan 110 kilometer per jam. Jika mobil anda melaju dengan kecepatan ini, pasti sudah pada jalur khusus bebas hambatan. Sirip punggung ikan layar biasanya terlipat saat berenang, namun bisa naik apabila ikan layaran merasa terancam atau sedang bersemangat, membuatnya terlihat lebih besar daripada ukuran sebenarnya. Siasat ini juga dapat diamati saat makan, ketika sekelompok ikan layaran menggunakan sirip layar mereka untuk “menggembala” sekelompok ikan atau cumi. Ikan ini bisa mengubah tubuhnya menjadi biru muda dengan garis-garis kuning hingga membuat bingung mangsa dan memberi isyarat kepada ikan layaran lainnya. Ada dua macam spesies yaitu Ikan layaran Atlantik (Istiophorus albicans) dan Ikan layaran Indo-Pasifik (Istiophorus platypterus), spesies yang ada di Indonesia.

7. Burung Tercepat

The Falcon Peregrine (Falco Peregrinus), juga dikenal dengan nama Peregrine, dan mempunyai histori sebagai “Elang Bebek” di Amerika Utara, merupakan burung pemangsa dalam keluarga Falconidae. Falco peregrinus terbang dengan kecepatan yang pernah tercatat adalah 390 km/jam (242.3 mph). Bandingkan dengan kecepatan tertinggi yang pernah dicapai oleh mobil balap F1 yang hanya berkisar pada angka 370 km/jam (229mph). Ini menempatkan Peregrine sebagai burung tercepat di dunia.

8. Shuttlecock Tercepat

Badminton dengan menggunakan shuttlecock Birdie, maka Anda dapat dengan mudah melakukan smash dengan kecepatan lebih dari 200 mph. Ini memegang rekor shuttle cock dengan kecepatan tertinggi.

9. Lift Tercepat

Lift-lift tercepat di dunia akan dibangun di gedung Shanghai Tower yang kini sedang dibangun di Distrik Pudong, Shanghai, China. Perusahaan Mitsubishi Electric Corporation yang telah menerima order dari Shanghai Tower Construction & Development Co untuk pemasangan lift-lift dengan kecepatan 18 meter per detik itu, diperkirakan proyek tersebut akan rampung pada tahun 2014. Rekor saat ini, lift tercepat dipegang oleh lift Menara Taipei di Taiwan, orang dapat naik dan turun lift dengan kecepatan sekitar 60 km/jam.

10. Wahana Seluncur Tercepat

The Insano adalah seluncur air tertinggi di dunia dengan panjang 41 meter, rekor yang tercantum dalam Guinness Book of Records ketinggiannya adalah setara dengan bangunan 14 lantai. Sebagai konsekuensi dari ketinggian dan kemiringan, seluncur air ini memberikan waktu meluncur ke bawah yang sangat cepat – antara empat dan lima detik – pada kecepatan 105 km / jam (65mph). Karena karakteristik ini, Insano menjadi slide/wahana seluncuran paling ekstrim.

11. Komputer Tercepat

Komputer tercepat berada di laboratorium raksasa Los Alamos New Mexico, Amerika, dibuat oleh perusahaan IBM, dan dinamakan ”Roadrunner”. Kecepatannya telah menembus 1 Petaflop pada 25 Mei 2008.

1 Petaflops, bukan 1 juta kalkulasi per detik, bukan 1 milyar kalkulasi per detik, dan bukan 1 trilyun kalkulasi per detik. 1 Petaflop, adalah quadrillion kalkulasi per detik, atau 1.000 trilyun kalkulasi perdetik. Roadrunner ditargetkan akan mencapai kecepatan puncak 1,7 Petaflops.

1 Teraflops = 1 trilyun kalkulasi per detik
1 Petaflops = 1.000 trilyun kalkulasi per detik

Komputer Roadrunner ini lebih cepat 60.000 kali dibanding komputer pribadi tercepat saat ini. Harganya sekitar US$ 133 Juta. Satu fakta menarik, superkomputer ini memiliki struktur sel yang nyaris sama dengan mainan komputer anak-anak, Playstation 3. Roadrunner menggunakan prosesor Cell Broadband Engine™, atau Cell B.E. yang diciptakan IBM, Sony, dan Toshiba yang juga digunakan untuk Playstation, walaupun tentu saja dengan ”sedikit” modifikasi baru. Ini adalah salah satu superkomputer terbaik, dengan desain baru dan memiliki banyak fitur dan digunakan untuk melakukan perhitungan dan keperluan militer.

Untuk menggambarkan bagaimana kecepatan roadrunner ini, berikut petikan dari Thomas P, D’Agostino, salah seorang programernya.

“To put the performance of the machine in perspective, Thomas P. D’Agostino, the administrator of the National Nuclear Security Administration, said that if all six billion people on earth used hand calculators and performed calculations 24 hours a day and seven days a week, it would take them 46 years to do what the Roadrunner can in one day.”

Saking ekstrimnya kecepatan Roadrunner ini, Thomas P, D’Agostino mengatakan: jika 6 miliar orang di seluruh dunia menggunakan kalkulator tangan dan melakukan perhitungan selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, maka akan membutuhkan waktu 46 tahun untuk dapat melakukan perhitungan yang setara dengan yang dapat dilakukan roadrunner selama 24 jam. WOW!!!

12. Kereta Api Tercepat


MagLev adalah singkatan dari Magnetically Levitated trains yang terjemahan bebasnya adalah kereta api yang mengambang secara magnetis. JR-Maglev MLX01, Yamanashi, Jepang merupakan kereta api tercepat dunia dengan kecepatan resmi, 581 km/jam (2003, Guiness World Record). Kereta api super cepat Jepang ini tidak berjalan pada relnya, tapi melayang di atas relnya setinggi 10 cm. Kereta Maglev sebenarnya tidak pernah menyentuh relnya pada saat berjalan. Sistem superkonduktor-nya membuat kereta melayang di atas permukaan rel. Selain kecepatan tertinggi untuk saat ini, kereta api terbaru mereka juga lebih hemat energi dan lebih tidak berisik dibandingkan dengan kereta api cepat lainnya. Kereta ini menggunakan magnet superkonduktor dan jenis suspensi elektrodinamik (EDS). Ini adalah “superkonduktor Maglev Shinkansen”, yang dikembangkan oleh Perusahaan Jepang Central Railway (JR Central) dan Heavy Industries Kawasaki, saat kereta tercepat di dunia mencapai rekor kecepatan 581 km / jam pada tanggal 2 Desember 2003 penduduk Yamanashi Prefecture dan pejabat pemerintah dapat mendaftar untuk naik kereta ini secara gratis, dan sekitar 100.000 masyarakat telah mencobanya.

13. Rudal Tercepat

Rudal tercepat dicapai oleh Soviet K-162 pada tahun 1969. Diduga mencapai kecepatan hingga 44,7 knot pada uji coba.

14. Kapal Boat Tercepat

Ken Warby memecahkan rekor dunia kecepatan air di Dam Blowering, NSW, 8 Oktober 1978. Yaitu dengan kecepatan laju perahu 318 mph (511 km / jam) dan masih berlaku sampai saaat ini.

15. Pesawat Tercepat

The North American X-15 rocket-powered aircraft adalah bagian dari seri X-pesawat eksperimental, diawali dengan Bell X-1, yang dibuat untuk USAF, NASA, dan USN. Kecepatan tertinggi tercatat 4.519 mph (7.273 km / jam), yang waktu itu diawaki oleh pilot Pete Knight.

16. Helikopter Tercepat

Selama hampir seperempat abad kecepatan tertinggi untuk sebuah helikopter adalah 249mph (216 knot) ditetapkan oleh Westland Lynx pada tahun 1986. Pada bulan Juli 2010, X2 Sikorsky memecahkan rekor dengan kecepatan 258mph. Sebagai perbandingan, sebuah helikopter serang Apache tops berada di kecepatan sekitar 175 mph.

17. Kekuatan Angin Tercepat

Pada tanggal 3 Mei 1999 tornado merusak Oklahoma. Ilmuwan mengukur kecepatan angin tertinggi yang terjadi pada sekitar jam 7:00 sore di dekat Moore, Oklahoma. Kecepatan angin tercatat mencapai  318 mph dimana tornado menewaskan empat orang dan menghancurkan 250 rumah. Angin tornado tercepat yang diukur sebelumnya adalah 286 mph pada tanggal 26 April 1991 di dekat Red Rock, Oklahoma. Kecepatan tornado tahun 1999 di Oklahoma dengan 318 mph menempatkan tornado 1 mph di bawah F6 pada skala Fujita 0 sampai 6. Tornado diklasifikasikan sampai tingkat F6.

18. Pesawat Antariksa (Roket) Tercepat

New Horizons adalah pesawat robot ruang angkasa NASA yang mempunyai misi perjalanan ke planet Pluto. Ini menjadi pesawat ruang angkasa pertama yang terbang dan mempelajari Pluto dan satelitnya, Charon, Nix, dan Hydra. New Horizons diluncurkan pada 19 Januari 2006 secara langsung masuk di lintasan bumi dan tata surya. Kecepatannya saat meninggalkan Bumi sekitar 16,26 km / detik atau 58.536 km / jam (10,1 mps atau 36.360 mph). Jadi, The Horizons meninggalkan bumi pada kecepatan pesawat antariksa tercepat yang pernah tercatat. Direncanakan pesawat antariksa ini akan tiba di Pluto pada 14 Juli 2015 lalu melanjutkan ke sabuk Kuiper.

19. Kecepatan Cahaya Tercepat

Dalam fisika modern, cahaya dianggap sebagai hal yang tercepat di alam semesta, dan kecepatan dalam ruang hampa sebagai konstanta fundamental alam. Kecepatan cahaya dalam ruang hampa saat ini didefinisikan 299.792.458 m / detik (sekitar 186,282.397 mil per detik). Bisa diupamakan, jika Anda bepergian di sekitar ekuator bumi dengan kecepatan cahaya Anda akan melakukan perjalanan keliling bumi 7,4 kali hanya dalam satu detik.

20. Partikel Tercepat (SuperLuminosity)

Ada spekulasi tentang partikel superluminal, yang membawa kita ke nomor satu tentang hal tercepat di dunia.  Tachyons diduga sebagai partikel yang dapat melakukan perjalanan lebih cepat dari kecepatan cahaya. Tachyons pertama kali diusulkan oleh fisikawan Arnold Sommerfeld, dan diberinama The Tachyon oleh Gerald Feinberg. The Tachyon berasal dari kata Yunani tachus, yang berarti “cepat”. Tachyon memiliki sifat aneh, bahwa ketika mereka kehilangan energi mereka mendapatkan kecepatan. Akibatnya, ketika tachyon mendapatkan energi, mereka memperlambat. Kecepatan paling lambat untuk tachyons adalah kecepatan cahaya. Dalam astronomi, gerak superluminal adalah gerak yang lebih cepat dari cahaya yang terlihat di sumber galaxy. Semua sumber-sumber ini diduga mengandung sebuah lubang hitam, yang mengakibatkan terbangnya massa disekitarnya pada kecepatan tinggi.

berbagai sumber [e_SdS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.