Kurang Tidur Menyebabkan Gemuk

Bisa tidur malam yang nyenyak sangat penting untuk tingkat efektifitas sistem kekebalan tubuh dan manfaat kesehatan lainnya. Dan apakah Anda tahu bahwa cukup tidur dan nyenyak bisa berdampak kemampuan tubuh Anda untuk menurunkan berat badan? Jadi, mengorbankan jam tidur atau begadang, tidak hanya dapat membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit, tetapi sebenarnya juga membuat Anda cenderung bertambah berat badannya.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard Women’s Health Watch, kurang tidur (begadang) dapat menurunkan efektifitas metabolisme Anda untuk membakar karbohidrat, sehingga menyimpan energi berlebih yang akhirnya menjadi timbunan lemak. Selain itu, studi ini juga menunjukkan bahwa kurang tidur (nyenyak) dalam intensitas sering dapat mempengaruhi kemampuan hipotalamus Anda untuk mengatur nafsu makan yang merangsang hormon Anda sehingga berpotensi menyebabkan Anda merasa lapar.

Sangat penting untuk mendapatkan tidur pulas setidaknya 7 jam setiap malam, dan jika Anda ingin memaksimalkan menjaga berat badan agar tidak “mudah gemuk”, Anda harus menjadikan rutinitas tidur malam yang nyenyak dan tidak begadang.

Lakukan beberapa tips untuk menghindari insomnia, agar anda mendapatkan kualitas dan kuantitas tidur yang baik.[e_SdS]

Source: Harvard Women’s Health Watch

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.