Semangka

semangka
semangka

Sudah sejak lama semangka dinikmati sebagai buah, banyak menyebutnya buah musim panas, buah yang kaya gula dan air, dan tidak lebih dari itu. Selama beberapa tahun terakhir, ahli gizi, profesional medis, ilmuwan dan peneliti telah mempelajari lebih banyak tentang manfaat kesehatan semangka. Dan ternyata, semangka sangat sehat!

Tahukah Anda bahwa di Semangka kaya akan vitamin A, C dan B6? Semangka memiliki kandungan lycopene yang lebih tinggi dari beberapa buah-buahan lainnya yang sebelumnya diklaim sebagai sumber utama Lycopene, misalnya seperti Tomat, jeruk, beberapa buah dan sayuran lainnya yang memiliki warna merah. Sebenarnya tidak hanya itu, semangka merupakan buah yang bermanfaat bagi kesehatan, berikut Sharing di Sini Fakta Gizi Semangka. (kebutuhan konsumsi harian semangka adalah 2 cangkir/2 iris/280g)

Fakta 1: Tinggi lycopene

Semangka terbukti mengandung tinggi likopen (lycopene) yakni 15mg sampai 20 mg per 2cangkir penyajian. Ini  lebih tinggi daripada buah segar atau sayuran lain dan semangka merupakan bagian dari diet yang sehat.

Fakta 2: Antioksidan

Berdasarkan hasil penelitian, dilaporkan bahwa karotenoid yang terdapat dalam semangka dapat berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan radikal bebas.

Fakta 3: Sumber Vitamin A

Vitamin A ditemukan dalam semangka sangat penting untuk kesehatan mata agar lebih optimal, sehingga dapat mengurangi risiko kebutaan, juga  berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan infeksi sel darah putih yang disebut lymphocytes.

Fakta 4: Sumber vitamin B6

Vitamin B6 dalam semangka bekerja menghasilkan antibodi dan sistem kekebalan tubuh. Antibodi diperlukan untuk melawan banyak penyakit. Selain itu Vitamin B6 juga bermanfaat untuk menjaga fungsi saraf normal dan membentuk sel-sel darah merah. Tubuh menggunakannya untuk membantu memecah protein. Jadi, jika Anda mengkonsumsi lebih banyak protein, maka Anda pun membutuhkan lebih banyak vitamin B6.

Fakta 5: Sumber Vitamin C

Vitamin C dalam semangka bekerja untuk meningkatkan pertahanan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi dan virus dan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya yang dapat mempercepat penuaan dan kondisi seperti katarak mata.

Fakta 6: Sumber Potassium

Dalam  2cangkir asupan semangka per hari, anda mendapatkan kebutuhan Potassium harian. Mineral tersebut sangat dibutuhkan untuk menyeimbangkan air yang terkandung dalam setiap sel. Salah satu tanda kekurangan potasium adalah kram otot.

***

Nah, ternyata bukan sekadar buah pelepas dahaga yang mengandung air dan gula, saja kan? Yuk, makan Semangkaaa…

Semoga bermanfaat

Healthy journal [e_SdS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.