Cara Sederhana Membuat Bumi Hijau (Bagian 2)

Selain melakukan cara – cara sederhana dalam upaya menghijaukan bumi (bagian1), Berikut Sharing di Sini Cara Sederhana Menghijaukan Bumi Bagian 2.

Manfaatkan Kembali Barang Lama yang sudah tak terpakai

gelas bekas
gelas bekas

Pakai barang-barang yang sudah tak terpakai, seperti botol minuman ringan, kaleng susu, botol selai, dll. Anda dapat memanfaatkan sebagai pot bunga, kotak perhiasan, toples, dll.

Bawa Tas Wadah Belanja dari Rumah

tas belanja pakai ulang
tas belanja pakai ulang

Untuk solusi “green life”, sebaiknya anda membawa tas wadah belanjaan dari rumah. Ini akan menghemat beredarnya pemakaian/konsumsi plastic dari supermarket. Anda bisa mamakai keranjang belanja dari rumah, tas belanja “chic dan kuat” yang berbahan karung beras, daur ulang kemasan sabun, atau bahan spunbond. Tas-tas tersebut lebih kuat, tahan lama, dan dapat dipakai ulang sampai beberapa kali.

Peralatan Dapur “Green”

wooden spoon
wooden spoon

Pilih peralatan dapur, seperti sendok sayur, sendok pengaduk nasi, mangkok kayu, tatakan untuk mengiris dari bahan kayu/bamboo. Peralatan dapur dari bahan alam amanuntukkesehatan kita.

Baca Label

natural label
natural label

Cobalah untuk lebih selektif dalamemilih kosmetik. Hindari barang-barang perawatan pribadi yang mengandung natrium sulfat laureth. Hal tersebut akanmudah terkontaminasi dengan dioksan, karsinogen yang juga merupakan kontaminan air tanah, kata Stacy Malkan, juru bicara Campaign for Safe Cosmetics.

Atur Pemakaian Air

Gunakan shower saat mandi. Ini terkait dengan efisiensi air yang anda pakai. Mandi dengan shower, air yang and pakai lebih hemat dan menyebar merata ke tubuh anda, disbanding mandi dengan gayung. Sebaiknya lagi, atur debit air yang keluar dari shower anda. Pastikan bahwa volume air yang keluar “slow”, tidak berdaya semprot tinggi, untuk menghemat penggunaan air yang lebih banyak.

Beli Produk Terbuat dari Bahan Daur Ulang

produk daur ulang
produk daur ulang

Saat ini sangat mudah untuk menemukan produk “green” yang terjangkau dan sangat kreatif. Produk daur ulang, adalah ide yang kreatif untuk meningkatkan konsumsi masyarakat namun mampu memotong kebutuhan energi dan bahan baku material alam.

Pilih Popok Pakai ulang

popok pakai ulang
popok pakai ulang

Melestarikan bumi sejak dini. Mulai perkenalkan pada si kecil untuk menggunakan produk popok pakai ulang. Popok kain yang di desain tahan boco, nyaman, minim iritasi dan manfaat kesehatan lainnya. Selain ramah lingkungan, tentu saja ini baik untuk mengajarkan kepada si kecil untuk menjaga kelestarian alam.

Makanan Segar untuk Bekal Sekolah Anak

Mengajarkan si kecil dengan “ green life” dapat dimulai dari mengganti bekal snacknya dengan hasil kebun yang segar, seperti buah pisang, apel, anggur, pear, stroberi,  dan hasil kebun alami lainnya. Untuk memudahkan si kecil mengonsumsinya, potong kecil-kecil aneka buah tersebut. Sehingga anak-anak menyukai snack alaminya yang sehat.

 Mengurangi Jejak Karbon

sandal eco friendly
sandal eco friendly

Ada beberpa alas kaki yang terbuat dari bahan yang mengandung karbon. Ini jelas menyumbang pada efek rumah kaca di bumi. Saat ini banyak sandal etnik dari kayu, anyaman bamboo, batik, yang berbahan etnik dari alam. Mungkin itu salah satu solusi yang baik untuk alas kaki yang sehat untuk alam, sandal “eco friendly”.

Mulai Berkebun Sendiri

 

mengenalkan berkebun kepada anak
mengenalkan berkebun kepada anak

Jika anda masih mempunyai pekarangan yang kosong, mengapa tidak anda gunakan untuk berkebun. Menanam sayur, buah dan tanaman konsumsi lainnya. Jika anda tidak punya lahan tanah kosong, bisa menanam dalam pot tanaman. Selain menghijaukan lahan sendiri, menghasilkan sayur/buah, berkebun juga bermanfaat sebagai sarana refreshing.

Meningkatkan Efisiensi Peralatan Elektronik

Sebaiknya lebih selektif dalam memilih perabotan elektronik rumah tangga. Pilih yang menggunakan daya listrik rendah. Iniakan menghemat efisiensi beban listrik saat anda memakai beberapa alat elektronik sekaligus dan pada gilirannya akan mengurangi jejak karbon serta tagihan energi listrik Anda.

Cat Atap Rumah Anda dengan Warna Putih

Cat putih mampu untuk memantulkan cahaya matahari dan panas. Sehingga anda pun akan hemat listrik, karena tidak perlu memakai pendingin ruangan.

Menghijaukan Lingkungan Rumah

menanam pohon
menanam pohon

Anda dapat menghijaukan lingkungan tempat tinggal Anda. Olah ruang publik di sekitar rumah atau blok dengan menanam beberapa pohon. Untuk menyerap air hujan, mencegah banjir, penyerap polusi,dsb. Selain pohon, rumput tepi jalan di dekat Anda, atau tanaman hias lainnya yang bermanfaat menghijaukan sekitar tempat tinggal.

Olah Sampah Beracun dengan Aman

sampah racun
sampah racun

Aerosol, baterai, komputer lama, cat, pestisida,dll merupakan sampah yang tidak sehat. Buat ide, agar untuk membuang barang “berbahaya” ini agar jangan sampai mencemari lingkungan sekitar. Jika cat tersisa pun, jangan sampai anda membuangnya pada saluran air. Sebaiknya ada bak sampah tersendiri untuk membuang barang-barang beracun.

Melakukan Pengomposan

pengomposan
pengomposan

Pisahkan sampah rumah tangga, kertas, botol plastik dan logam. Anda dpat melakukan pengomposan untuk jenis sampah organic rumah tangga dan jenis kertas. Kompos adalah unsur daur ulang yang mudah dilakukan disetiap rumahtangga dan manfaatnya akan kita peroleh untuk menghijaukan kebun/tanaman kita kembali, dengan pupuk organik. Sangat membantu menghijaukan bumi kita kan?

Daur Ulang Lilin

candle
candle

Kumpulkan sisa-sisa lelehan lilin yang sudah tak bersumbu. Siapkan botol selai/pot kecil/wadah cangkir yang sudah tak terpakai. Gunakan koin untuk menutup lubang drainase di bagian bawah (jika wadah berlbang). Masukkan tali sumbu siap pakai (dijual di toko-toko kerajinan) atau buat sumbu sendiri dari benang kapas/wol. Untuk menahan sumbu tegak, ikat salah satu ujung dengan pensil diletakkan di bagian atas pot. Lalu, lelehkan sisa lilin menjadi satu didalam panci bekas yang sudah tak terpakai untuk masak di atas nyala api kecil. Tuangkan lilin cair ke dalam pot bunga. Diamkan semalam, maka lilin cantik hasil daur ulang siap digunakan kembali.

Jika kita menyayangi bumi tempat kita berpijak, Mari kita lakukan mulai hari ini. Agar manfaatnya akan kita rasakan juga, hingga anak cucu kita. Salam Lestari. [e_SdS]

source: wholeliving

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.