Manfaat Es Krim untuk Kesehatan

ice cream / es krim
ice cream / es krim

Menurut beberapa sumber, es krim menjadi pantangan untuk dikonsumsi kaum dewasa karena kandungan didalamnya yang penuh lemak, banyak gula, dan bahan campuran lainnya. Namun sebenarnya, asalkan kita jeli dalam melihat kandungan isi bahan dasar es krim tersebut, manfaat kesehatan akan kita dapatkan ketika kita mengonsumsi es krim dalam takaran/porsi yang tepat. Berikut Sharing di Sini  Manfaat kesehatan jika anda makan satu atau dua sendok es krim.

1. Rendah Indeks glikemik
Menurut National Dairy Council, es krim memiliki indeks glikemik rendah. Itu berarti gula dalam es krim secara perlahan dilepaskan ke dalam darah. Berarti lagi, Anda akan merasa kenyang lebih lama. Sehingga Anda tak perlu khawatir gemuk/gula darah meningkat, asalkan tidak mengonsumsi berlebihan.

Indeks glikemik (glycemic index/GI) adalah ukuran kecepatan makanan diserap menjadi gula darah. Semakin tinggi indeks glikemik suatu makanan, semakin cepat dampaknya terhadap kenaikan gula darah. Untuk menentukan indeks glikemik suatu makanan, beberapa subyek manusia diberi porsi makanan tunggal, kemudian gula darah mereka diukur setelah waktu tertentu. Kurva respons yang dihasilkan dibandingkan dengan glukosa dan dinilai dalam angka. Glukosa murni memiliki indeks glikemik 100, dan semua makanan lain diukur relatif terhadapnya. Indeks glikemik di atas 70 termasuk tinggi, antara 56 s.d. 69 sedang, dan 55 ke bawah rendah. Nah, menurut studi terssebut, es krim hanya memiliki indeks glikemik antara 48 – 54 saja.

2. Rendah Kalori
Sebanyak 75 gram es krim mengandung kalori jauh lebih sedikit daripada sepotong cheesecake. Es krim hanya 110 kalori, sementara cheescake mengandung 510 kalori.

3. Es krim terbuat dari susu
Bahan dasar es krim adalah susu. Didalam susu mengandung vitamin dan nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh, seperti kalium, vitamin A, vitamin B12, vitamin D, dan vitamin K.

4. Mengurangi risiko berbagai penyakit
Penelitian menyebutkan bahwa es krim memiliki potensi untuk mengurangi risiko penyakit jantung, kanker kolorektal, dan tekanan darah tinggi. Karena es krim memiliki indeks glikemik rendah jadi bermanfaat untuk:

  • Mencegah dan mengelola diabetes

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition (Juli 2002) menyimpulkan bahwa makanan ber-indeks glikemik tinggi meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. Penelitian ini juga menyarankan penderita diabetes untuk menerapkan diet rendah indeks glikemik, dengan tetap mewaspadai pengaruh makanan tinggi lemak.

  • Mencegah kanker

Artikel lain dalam jurnal yang sama menyebutkan adanya korelasi antara makanan tinggi indeks glikemik dengan kenaikan risiko kanker kolorektal, kanker payudara dan mungkin juga kanker ovarium dan prostat. Dr Atkins dalam New Diet Revolution menyebut hubungan antara kanker dengan indeks glikemik yang didasari oleh fakta bahwa sel kanker “mendapatkan makanan dari gula.” Buku itu juga menyebutkan bahwa penderita kanker payudara lebih mungkin untuk selamat dan kurang mengalami kekambuhan jika tingkat insulin tubuh mereka lebih rendah.

  • Mengurangi resiko penyakit jantung

Risiko penyakit jantung meningkat sejalan dengan total kolesterol tubuh Anda. American Journal of Clinical Nutrition juga melaporkan bahwa diet rendah indeks glikemik mengurangi kolesterol jahat dan trigliserida dalam waktu satu bulan. Diet tersebut sekaligus mengurangi risiko infark miokard fatal.

  • Menurunkan obesitas

Makanan dengan indeks glikemik rendah menciptakan rasa kenyang yang lebih besar dan bertahan lebih lama. Karena rasa lapar baru muncul lagi beberapa jam kemudian, kita menjadi lebih sedikit mengonsumsi  makanan. Dalam suatu penelitian, anak-anak obesitas yang mengonsumsi makanan dengan ber-indeks glikemik rendah sekitar 4 bulan (yang diambil sesuai keinginan) dilaporkan mengalami penurunan berat badan secara signifikan. Namun, karena makanan berindeks glikemik rendah juga kaya serat makanan, terkadang sulit untuk membedakan apakah penurunan berat badan karena faktor indeks glikemik atau serat makanan.

***

Ternyata selain rasanya nikmat menyegarkan mulut, es krim juga bermanfaat untuk kesehatan kita dalam mencegah beberapa resiko penyakit. Yang perlu diperhatikan,  Atur porsi yang akan anda konsumsi. Dengan porsi yang pas, manfaat optimalnya akan kita peroleh. Segala sesuatu yang berlebihan akan berakibat tidak baik.[e_SdS]

helathy magz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.