Agar Pakaian Dalam Tidak Mudah Rusak

bra
bra

Jika pakaian dalam terlihat cepat lusuh, berubah bentuk serta menjadi tidak nyaman dipakai. Mungkin Anda salah dalam merawatnya. Berikut Sharing di Sini Tips Merawat Pakaian Dalam.

1. Cuci dengan tangan

Ada beberapa pakaian dalam yang terbuat dari bahan yang sangat lembut dan bahan halus, contohnya licra. Nah, bahan tersebut apabila sering terkena gesekan mesin cuci yang keras malah akan membuat semua bahan lembut dan karet halusnya menjadi bradul (cepat rusak), sehingga pasti akan terlihat benang-benang serat yang bermundulan amburadul. Sayang kan..jika pakaian dalam Anda tidak bertahan lama.

2. Gunakan air dingin dengan detergen lembut

Usahakan jangan merendam pakaian dalam. Jika Anda ingin merendam, pastikan detergen yang soft atau juga dapat memakai sabun mandi/sampo. Rendam dalam air sabun menggunakan air dingin, jangan menggunakan air panas dan jangan menggunakan pemutih. Sebaiknya tidak mencampur pakaian dalam dengan baju lain saat mencuci. Jika Anda mencuci manual, dahulukan mencuci pakaian dalam terlebih dahulu.

3. Jangan menyikat dan memeras

Setelah direndam dalam air sabun, hindari untuk menyikatnya. Lebih baik dikucek dengan lembut/cukup ditekan-tekan, lalu peras dengan lembut, hingga busa sabun keluar. Bilaslah dengan air dingin.

4. Jangan menggunakan pengering mesin cuci

Mengeringkan pakaian dalam dengan menggunakan pengering mesin cuci mungkin akan lebih cepat dan praktis tidak repot. Namun, hal ini bisa merusak elastisitas. Contohnya: elastisitas celana dalam menjadi mudah rusak (molor) atau bentuk cup bra bisa menyusut atau bahkan tali bra menjadi tertarik-tarik. Nah, sebaiknya bungkus pakaian dalam dengan handuk dan tekan/peras perlahan hingga airnya keluar. Atau cukup iarkan pakaian dalam Anda basah dan jemurlah. Biarkan airnya menetes sendiri hingga mengering.

5. Jemur di tempat yang teduh

Jika pakaian dalam Anda berbahan sangat lembut sebaiknya dijemur pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

6. Pakai kantong berjaring khusus baju dalam (underwear wash bag)

underwear wash bag
underwear wash bag

Jika Anda termasuk orang yang malas mengucek baju dalam dengan tangan, ada alternatif menyuci dnegan mesin cuci, namun sebaiknya gunakan underwear wash bag , yakni kantong yang dirancang untuk melindungi pakaian dalam Anda ketika dicuci di dalam mesin cuci. Bentuknya adalah seperti kantong yang berlubang-lubang/jaring-jaring dan beresliting. Gunakan speed mesin cuci yang ringan/tidak mengucek keras untuk baju dalam. Serta pisahkan dengan baju-baju yang lain saat di dalam mesin.[e_SdS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.