Tips Menumbuhkan Sisi Spiritual Anak

Si kecil malas beribadah?

Bagi Anda yang memiliki anak dengan usia 7 – 9 tahun, pasti terkadang pernah mengalami dimana anak Anda malas beribadah. Nah, berikut ini Sharing Di Sana akan memberikan tips untuk menumbuhkan sisi spiritual anak dengan melakukan hal-hal ini. Tips ini pun juga bisa Anda terapkan sejak anak di usia balita.

 

Pergunakan aktivitas sehari-hari untuk menumbuhkan sisi spiritualnya

Misalnya, saat mengantar anak ke sekolah di hari yang cerah, katakan padanya , “Alhamdulillah (untuk muslim atau Terimakasih untuk non muslim), hari ini Allah sudah menciptakan hari yang cerah. Adik jadi bisa sekolah sambil menghirup udara yang segar.”

 

Perkenalkan si kecil pada pencipta-Nya

Mulailah dari alam dan makhluk yang ada disekitarnya. Ajak si kecil berkebun bersama dan perlihatkan bagaimana tumbuhan yang dia tanam, tumbuh dan berkembang karena kekuasaan-Nya.

 

Jadikan kegiatan agama dan spiritual sebagai saat yang menyenangkan bagi si kecil

Misalnya melalui kegiatan menonton film yang bermuatan religius atau mendengarkan lagu rohani bersamanya.

Ketika hari libur keagamaan tiba, jelaskan padanya mengenai makna hari libur tersebut dan lakukan kegiatan yang menyenangkan bersamanya.

Seperti pada hari Raya Idul Adha, jelaskan padanya mengapa umat Islam yang mampu harus mengurbankan hewan ternak dan membagikannya kepada yang berhak. Lalu, ajaklah ia berkunjung ke tempat penjualan hewan kurban. Ia pasti senang melihat hewa-hewan yang mungkin ia lihat setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.