Kasiat Buah dan Kulit Manggis untuk Kesehatan

kasiat buah dan kulit manggis
kasiat buah dan kulit manggis
kasiat buah dan kulit manggis

Buah manggis merupakan salah satu buah asli indonesia dan kaya manfaat. Perlu diketahui bahwa berbagai penelitian masih dilakukan oleh para ahli untuk mengungkap kasiat buah dan kulit manggis bagi kesehatan. Jika di negara kita, manggis lebih sering dijumpai dalam bentuk buah asli, namun tidak begitu halnya dengan kawasan Eropa dan Amerika. Di wilayah tersebut buah ini lebih banyak dijumpai dalam kemasan jus atau bentuk olahan lainnya. Berikut Sharing di Sini Manfaat Buah dan Kulit Manggis bagi kesehatan yang kami rangkum dari hasil penelitian para ahli.

1. Meringankan penyakit gusi

Dalam beberapa penelitian menunjukkan hasil yang sama, yaitu dapat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan karena adanya pembengkakan atau peradangan pada gusi. Para ahli menemukan bahwa seseorang yang bermasalah dengan gusinya bisa mengoleskan jus atau cream yang terbuat dari buah manggis.

2. Tinggi antioksidan

Antioksidan memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia, elemen ini membantu kita melawan berbagai macam bahaya yang diakibatkan oleh adanya radikal bebas. Selain mencegah terjadinya oksidasi, antioksidan juga termasuk ke dalam salah satu komponen yang dapat menurunkan resiko seseorang terhadap masalah penuaan dini. Menurut penelitian,  tingginya antioksidan pada kulit manggis juga mampu menyeimbangkan asam lambung di dalam sistem pencernaan kita. Sehingga dapat menekan penyakit maag. Serta menyeimbangkan hormon kortisol yang mencegah stres seseorang, dan membuat otot rileks

3. Mengurangi efek peradangan

Peradangan yang diakibatkan oleh masalah diabetes atau penyakit jantung dapat dikurangi dengan mengkonsumsi buah manggis. Dilansir oleh Nutrition Journal bahwa pasien yang mengkonsumsi manggis dua kali sehari terbukti dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada aliran darahnya.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bukan hanya bagian dalam buah ini saja yang memiliki khasiat tinggi, kulitnya pun dikenal ampuh dalam melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh dan menghilangkan berbagai gangguan pada saluran pernafasan. Hal ini terjadi karena buah ini banyak mengandung Xanthones yang berfungsi sebagai fitonutrien. Penelitian yang dilakukan oleh Gifu International Institute of Biotechnology bahkan menyatakan bahwa xanthones yang ada pada manggis diyakini dapat mencegah pertumbuhan sel leukemia atau kanker darah.

5. Obat diare

Menurut data yang dihimpun oleh Universitas hortikultura Purdue menunjukkan bahwa manggis telah lama digunakan oleh masyarakat china dan indonesia sebagai alternatif lain dalam mengobati diare. Pembuatannya sendiri cukup mudah dan jauh dari kesan rumit, kita hanya harus merebus kulit manggis secukupnya lalu air rebusan tersebut kita minumkan pada orang yang sedang menderita diare. Selain itu, kulit manggis yang telah dikemas dalam bentuk serbuk atau bubuk dapat difungsikan sebagai pereda rasa sakit pada kulit yang disebabkan oleh iritasi atau eksim.

Para ahli menduga masih ada banyak lagi manfaat yang ada dalam buah manggis dan kulitnya, seiring berjalannya waktu dan berbagai penelitian yang dilakukan para peneliti akan diketahui pada saatnya nanti. nah, jadi jangan sepelekan buah manggis yang asli tanah air kita ya. Walaupun bentuknya jelek tidak menarik, namun banyak kasiat penting di dalam buah dan kulit buah manggis. [e-SdS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.