Mengenal Manfaat dan Sumber Vitamin B12

sumber vitamin B12
sumber vitamin B12
sumber vitamin B12

Vitamin B12 berguna untuk membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah dan menghindarkan kita dari gangguan anemia, selain membantu proses pembentukan sel darah merah, vitamin ini juga untuk menjaga otak agar tetap berfungsi dan berkembang secara normal. Berikut Sharing di Sini Diantara manfaat vitamin B12 yang lainnya:

Mencegah penyakit jantung
Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 dapat menurunkan tingkat homosistein dalam tubuh kita. Homosistein merupakan bentuk asam amino, asam amino sendiri diyakini oleh kalangan medis sebagai faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang terhadap penyakit jantung.
Mencegah eksim
Penelitian yang dilakukan para ilmuan di tahun 2004 menunjukkan hasil bahwa pasien eksim yang mengoleskan krim dengan kandungan vitamin B12 lebih cepat sembuh dibanding pasien yang tidak melakukannya.
Mencegah kanker
Hasil study yang dilakukan pada tahun 2003 menunjukkan bahwa kebiasaan mengkonsumsi suplemen serta mencukupi kebutuhan asam folat, thiamin dan riboflavin dapat menurunkan resiko wanita terhadap kanker rahim.

Selain dapat mencegah tiga penyakit berbahaya di atas, vitamin ini juga sering dikonsumsi orang dengan tujuan untuk mencegah dan mengatasi berbagai macam penyakit seperti:

AlergiAlzheimer
OsteoporosisDiabetesStressAsmaMasalah pada usus

Melihat begitu banyaknya manfaat vitamin B12 di atas membuat kita semakin tahu kebutuhan tubuh terhadap nutrisi tersebut. Anda bisa memenuhi kebutuhan tubuh terhadap vitamin jenis ini dengan mengkonsumsi suplemen intan yang tersedia di beberapa toko dan apotek. Selain dari suplemen instan, kita juga dapat memperoleh vitamin ini langsung dari sumber alaminya.

manfaat vitamin B12 untuk tubuh
manfaat vitamin B12 untuk tubuh

Nah, berikut Sharing di Sini Sumber Terbaik Vitamin B12.

Telur

Telur ayam dan telur bebek memiliki kandungan vitamin yang lebih tinggi dibandingkan dengan telur lainnya. Vitamin ini terdapat pada kuning telur, bukan pada bagian lainnya.

Keju

Selain menjadi sumber utama vitamin D, keju juga merupakan sumber vitamin B12 yang baik. Salah satu produk susu ini paling banyak digemari di negara-negara eropa.

Kerang

Kerang yang dimakan mentah-mentah atau dimasak terlebih dahulu sama baiknya, kerang menjadi salah satu jenis makanan yang banyak mengandung vitamin B12. Selain itu, kandungan zat besi dan kalium yang berada di dalamnya menjadikan kerang masuk dalam salah satu makanan yang banyak dianjurkan para ahli gizi.

Daging sapi

Meskipun baik untuk kita gunakan sebagai sumber vitamin B12, namun kita tetap harus mengontrol jumlah daging yang kita konsumsi. Daging sapi termasuk ke dalam kelompok daging merah yang jika dikonsumsi secara berlebih dapat mendatangkan berbagai macam gangguan penyakit berbahaya, seperti kolesterol.

Ikan

Ikan salmon berada di urutan paling atas, selain itu ikan mengandung banyak mineral dan protein penting yang diperlukan oleh tubuh.

Kepiting

Meskipun kandungan vitaminnya tidak lebih tinggi dibanding dengan semua jenis makanan di atas, namun kepiting tetap harus diperhitungkan sebagai sumber vitamin B12. Namun konsumsinya juga perlu dibatasi, karena jik berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan, terutama kolesterol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.