Keliru Pilih Diaper Picu Eksim Popok

Diapers jadi andalan para ibu muda, selain praktis dan midah pemakaiannya, harganya pun relative terjangkau. Namun, jangan lupa bahwa menggunakan diapers perlu hati-hati, bila tidak dapat mengundang ganggungan kulit. Salah satu gangguan kulit yang sering mengancam adalah eksim popok.

Eksim popok adalah kelainan kulit yang timbul akibat radang di daerah yang terkena popok atau diapers, yaitu di alat kelamin, sekitar dubur, bokong, lipatan paha dan perut bagian bawah. Yang ringan hanya berupa ruam kemerhan, pada keadaan yang lebih parah, bayi atau balita rewel karena rasa nyeri, terutama saat buang air kecil atau buang air besar. Bila berlangsung lebih dari 3 hari, dapat mengundang jamur, kelainan kulit bertambah merah dan basah.

Penelitian menunjukkan bahwa bayi dan balita yang menggunakan diapers (popok disposable) lebih jarang menderita eksim popok dibandingkan dengan menggunakan popok kain.

Kalaupun timbul eksim popok, biasanya lebih ringan, karena popok sekali pakai yang ada di pasaran saat ini mengandung materi gel yang dapat menyerap cairan. Tapi tentu saja ibu mesti jeli memilih diapers yang baik, dan tentu saja perlu diperhatikan masalah kebersihan.

Berikut tips cara menghindari eksim popok menurut Sharing Di Sini berikut ini :

  • Segera ganti diapers, terutama setelah si kecil buang air besar. Gunakan sabun kemudian bilas bersih . Keringkan dengan handuk atau kain yang lembut dan anginkan sebentar sebelum dipakaikan diapers baru. Pastikan tangan Anda bersih.
  • Pilih diapers dengan daya tamping baik. Segera ganti bila kelihatan sudah penuh.
  • Sebelum mengganti dengan diapers baru, bersihkan kulit secara lembut dengan air hangat.
  • Jangan bubuhkan bedak bila kulit belum dikeringkan, karena bedak dapat menggumpal dan mempermudah terjadinya infeksi jamur atau kuman. Selain itu, pemakaian bedak yang berlebihan dapat terhirup oleh si kecil sehingga menyebabkan gangguan pernapasan.
  • Bebaskan bayi dan balita dari diapers kira-kira 2-3 jam sehari agar kulitnya tidak panas dan lembab.
  • Hindari pemakaian diapers yang terlampau ketat atau terbuat dari bahan yang kasar atau terlalu menutup
  • Pilihlah diapers yang baik yaitu yang dilapisi formula yang lembut sehingga mengurangi kelembaban serta melindungi kulit. Pilih juga diapers dengan PH balance yang tidak mengandung alcohol, sehingga tidak membuat kulit kering dan iritasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.