Pengacau Otak

Ibarat mobil, otak juga memerlukan bakan bakar serta tetap harus waspada jika ada lubang-lubang yang dapat mengacaukan jalannya mobil.

Nah, tau kah Anda berikut ini adalah pengacau otak Anda, apa saja kah?

  • Monosodium Glutamat (MSG). Monosodium Glutamat merupakan bahan tambahan yang menyebabkan pelebaran pembuluh darah di korteks serebri dan memperlambat aliran darah ke otak, serta mengacaukan fokus dan perhatian.
  • Kokain, rokok , nikotin dan alcohol. Keempatnya merupakan pendorong jangka pendek, namun pengacau jangka panjang. Dapat menghancurkan sel-sel otak, menimbulkan pola piker lambat dan mengacaukan konsentrasi.
  • Kurang tidur. Ketika kita kurang tidur, otak sulit memusatkan perhatian. Penelitian membuktikan, bahwa seseorang yang kurang tidur kondisi mentalnya akan memburuk, termasuk kemampuan berkonsentrasi. Diduga penyebabnya adalah menurunnya dua transmitter yang diperlukan untuk berpikir, yakni norepinefrin dan serotonin.
  • Stres dan kecemasan. Saat stress terjadi pelepasan norepinefrin dan serotonin sekaligus. Akibatnya, cadangan dua neurotransmitter ini cepat habis. Dan otak tak dapat berpikir tajam. Stres menyebabkan pelepasan hidrokortison, yang menyebabkan otak mengerut dan sel-sel otak mati. Yang pasti stress akan merampas tidur nyanyak Anda, yang secara langsung akan mempengaruhi konsentrasi. Sedangkan kecemasan menyebabkan kerusakan aktivitas, organisasi serta efektivitas sel-sel otak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.