Makanan Pengusir Kantuk

makanan penangkal kantuk
makanan penangkal kantuk
makanan penangkal kantuk

Biasanya orang mudah merasa mengantuk setelah kekenyangan atau karena kurang energi. Mengatasi rasa ngantuk saat Anda harus menjalani shift kerja malam atau setelah makan siang, merupakan hal yang sering dilakukan orang. Agar mata tetap terbuka lebar, biasnya dengan minum kopi. Namun, sebenarnya bukan hanya kopi satu-satunya makanan yang bisa membuat mata melek lho. Berikut Sharing di Sini Makanan untuk Mengusir Ngantuk.

1. Air

Minum banyak air dapat membantu Anda tetap terhidrasi. Air juga melawan kelelahan dan membantu Anda untuk tetap berenergi.

2. Dark chocolate

Dark chocolate dapat membantu Anda tetap terjaga. Dark chocolate merupakan sumber makanan yang kaya akan zat besi dan magnesium yang bisa memberi energi untuk Anda dan membuat Anda tetap aktif sepanjang hari.

3. Pisang

Makan pisang dapat menstabilkan kadar gula darah dan meningkatkan metabolisme tubuh. Makan pisang juga memudahkan kinerja sistem pencernaan, mudah mencerna dan memberikan energi yang relatif cepat.

4. Makanan pedas

Makanan pedas bisa membuat Anda tetap “melek”. Makanan pedas tidak hanya dapat menangkal kantuk, tetapi juga dianggap sebagai makanan energi, semakin pedas akan semakin bernafsu untuk tambah nasi dan lauk.

5. Air kelapa muda

Air kelapa muda atau degan mengandung trigliserida yang dikonversi menjadi energi. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan tingkat energi, Anda bisa mengonsumsi degan / air kelapa hijau.

6. Telur

Telur adalah makanan yang memberikan Anda energi sehingga tetap terjaga dan energik untuk jangka waktu yang lama. Makanan ini juga dapat menambah energi tubuh ketika Anda merasa lelah.

7. Es Krim dan Buah Dingin

Jika Anda dilanda mengantuk, segarkan dengan makan buah dingin, es krim atau aneka es. Sensasi dinginnya akan membuat mata Anda melek dan lebih berenergi, karena aneka es biasanya mengandung gula/sirup. Tubuh menjadi tidak lemas dan siap beraktifitas kembali. Jika kurang membantu lagi, Anda bisa mengompres potongan es balok kecil yang ada di gelas es campur untuk di tempelkan dimata atau pipi Anda. Pasti mata akan melek karena sensasi mengejutkan efek diginnya es.

Nah, makanan – makanan terseut dapat Anda coba sebagai alternatif pengganti kopi. Usahakan jangan terlalu sering minum kopi untuk melawan rasa ngantuk. Sebagai penggantinya, dengan konsumsi makanan sehat tersebut di atas. [e-SdS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.