Makanan Pencegah Kanker Serviks

makanan pencegah kanker serviks
makanan pencegah kanker serviks
makanan pencegah kanker serviks

Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti wanita. Badan Kesehatan Dunia (WHO) memaparkan bahwa kanker serviks menempati peringkat teratas di antara berbagai jenis kanker yang menyebabkan kematian pada wanita. Setidaknya, kanker ini telah membunuh 200.000 wanita setiap tahunnya. Berdasarkan laporan dari National Cancer Institute, satu dari tiga kematian itu berhubungan dengan cara makan yang salah. Ketahuilah bahwa kanker serviks bisa dicegah dengan makanan tertentu. Makanan apa yang sangat baik dikonsumsi untuk mencegah kanker serviks? Berikut Sharing di Sini 6 Makanan pencegah kanker serviks, dilansir dari healthmeup.

1. Makanan yang mengandung antioksidan
Antioksidan sangat diperlukan untuk mencegah kanker serviks. Anda bisa menemukan kandungan antioksidan pada makanan. Makanan itu, antara lain blueberry, jeruk, paprika, cerry, salmon, dan lemak ikan yang kaya antioksidan. Makanan yang kaya antioksidan tersebut bisa mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker serviks.

2. Makanan yang mengandung beta karoten
Beta karoten mampu yang baik mencegah pertumbuhan kanker serviks. Salah satu makanan yang mengandung beta karoten adalah wortel. Anda bisa mengolah wortel menjadi sayur atau di jus. Selain wortel, betakaroten juga dapat ditemukan pada labu kuning (waluh), ubi kuning (jalar), buah plum.  Selain itu, makanan seperti paprika atau cabe jalapeno juga mengandung betakaroten yang mampu menetralisir nitrosamines yang menyebabkan kanker serviks.

3. Alpukat
Buah yang sangat enak ini ternyata bisa mencegah pertumbuhan kanker serviks jika Anda rutin mengonsumsinya. Alpukat dikenal dengan kandungan antioksidannya yang banyak serta kemampuannya untuk mencegah radikal bebas. Untuk itu, Anda disarankan agar mengonsumsi buah ini lebih sering jika tak ingin terkena kanker serviks.

4. Makanan yang mengandung vitamin A, C, E, dan kalsium
Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Gynaecologic Cancer menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi multivitamin dengan kandungan vitamin tersebut memiliki risiko terkena kanker serviks lebih rendah. Vitamin A, C, dan E mengandung antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan secara tak langsung mencegah kanker serviks. Makanan yang mengandung vitamin A bisa Anda dapatkan pada telur, wortel, tuna, dan produk susu lainnya.

5. Makanan yang mengandung vitamin B folat
Folat mampu menurunkan tingkat homocysteine yaitu zat yang mampu menyebabkan pertumbuhan sel tak normal pada serviks. Makanan yang kaya akan vitamin B folat bisa Anda dapatkan pada brokoli, kembang kol, kubis, dan lain sebagainya. Alangkah baiknya agar mengonsumsi makanan tersebut lebih sering untuk mencegah kanker serviks.

6. Makanan yang mengandung polyphenol dan flavonoid
Teh hijau, minyak zaitun, anggur merah, walnut, cokelat, tomat, dan cabe hijau adalah jenis-jenis makanan yang mengandung polyphenol dan flavonoid. Makanan tersebut mampu mencegah kanker serviks dan menghambat pertumbuhan kanker.

Selain rajin mengonsumsi makanan – makanan tersebut, wanita juga disarankan agar rajin berolahraga, menjaga kebersihan organ kewanitaan dan menerapkan hidup sehat. Selain itu, rutinlah mengunjungi dokter, untuk berkonsultasi seputar organ kewanitaan dan melakukan pemeriksaan / screening. [e_SdS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.