Sumber Antibiotik Alami

sumber antibiotik alami
sumber antibiotik alami
sumber antibiotik alami

Sifat antibiotik yang ditemukan pada beberapa jenis makanan semakin menguatkan teori bahwa makanan dapat berfungsi sebagai obat alami untuk mengobati penyakit yang ada dalam tubuh.  Berikut Sharing di Sini Beberapa Sumber Antibiotik Alami yang dapat berfungsi sebagai obat dan sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh seseorang.

Sayur dan buah

Sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C berkhasiat sebagai penangkal segala bentuk infeksi, hal ini disebabkan karena vitamin ini diketahui efektif dalam meningkatkan kekebalan tubuh pengkonsumsinya. Buah dan sayur yang memiliki manfaat di atas meliputi jeruk, nanas, stroberi, kiwi, kubis, semangka, brokoli, melon dan lain sebagainya. Biasakan untuk memasukkan bahan makanan di atas ke dalam menus makan kita sehari-hari agar kekebalan tubuh kita tetap terjaga dan berfungsi dengan baik.

Lemon dan jeruk nipis

Seperti dikutip dari buku Healing Foods, jeruk lemon atau jeruk nipis memiliki sifat antibiotik alami yang ampuh dalam mencegah perkembangan bakteri dalam usus dan penyakit kolera.

Bawang putih

Allicin kompleks yang ada dalam bawang putih diyakini para ahli mampu mencegah berkembangnya bakteri dan jamur. Namun sayangnya sifat antibakteri dan jamur yang terdapat dalam bawang putih hanya dapat bertahan selama 30 menit jika sudah terkena proses dipanaskan (dimasak). Oleh karenanya para ahli lebih menganjurkan untuk mengonsumsi bawang dalam keadaan mentah atau tidak dimasak terlalu lama. Bukan hanya bawang putih, bawang merah dan daun bawang (onclang) juga memiliki manfaat yang sama. Namun kadar anti jamur dan anti bakteri yang ada dalam bawang putih lebih tinggi dibanding  pada jenis bawang lainnya.

Lobak

Menurut buku Healing Foods, lobak juga memiliki sifat antibiotik. Lobak dapat berfungsi untuk mencegah sekaligus mengobati keracunan yang disebabkan oleh makanan tertentu.

Minyak kelapa

Menurut Dr Mary G. Enig, PhD, seorang ahli gizi dan biokimia menuturkan bahwa asam lemak yang terdapat dalam minyak kelapa dikenal sebagai antibakteri, antiprotozoal dan antivirus.

Madu dan kayu manis

Menurut buku Alternative Medicine: The Definitive Guide, minyak esensial yang terdapat dalam kayu manis bersifat sebagai penyembuh, jika penggunaannya digabungkan dengan madu maka dapat digunakan sebagai antibiotik alami.

Makanan yang mengandung anti biotik alami lainnya adalah jahe, kunyit, eucalyptus (kayu putih), lidah buaya, licorice,parsley, oregano.

Jika jenis makanan di atas dikonsumsi secara teratur, maka sistem imunitas (kekebalan tubuh) akan semakin meningkat sehingga dapat terhindar dari serangan bakteri, virus dan penyakit.

Selain makanan yang mengandung antibiotik yang umum digunakan oleh orang dewasa di atas, ada juga makanan yang mengandung antibiotik yang cocok untuk balita/anak-anak. Yuk, Check it out Antibiotik Alami yang Aman untuk Anak-anak. [e_SdS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.