Dampak Negatif Minuman Soda untuk Kesehatan

efek buruk minuman bersoda

Sensasi segar dan menghilangkan haus dengan cepat, membuat minuman bersoda banyak disukai. Jika minum softdrink  dalam porsi wajar dan tidak terlalu sering mungkin tubuh masih dapat mentoleransi. Minuman bersoda atau lebih sering disebut softdrink, sebenarnya tidak dianjurkan oleh ahli gizi dan kesehatan, kandungan kalori yang tinggi membuat softdrink masuk ke dalam kelompok minuman yang tidak sehat. Jika anda termasuk salah seorang yang gemar mengonsumsi minuman bersoda, membaca artikel ini mungkin dapat menjadi pertimbangan atau pengerem kebiasaan tersebut.

efek buruk minuman bersoda
efek buruk minuman bersoda

Berikut Sharing di Sini adalah Dampak Negatif Minuman Bersoda untuk Kesehatan, dirangkum dari beberapa sumber kesehatan dunia.

Merusak enamel gigi

Salah satu penyebab utama kerusakan gigi yang dialami oleh para pasien di antaranya karena soda yang terkandung dalam minuman. Ketika seseorang sedang mengkonsumsi minuman bersoda, enamel gigi ikut larut tanpa di sadari. Semakin banyak minuman ini dikonsumsi maka semakin parah kerusakan yang ditimbulkannya.

Pengeroposan tulang

Pengeroposan tulang atau lebih dikenal dengan nama osteoporosisdapat disebabkan oleh soda yang terdapat pada beberapa jenis minuman. Kandungan asam fosfat yang tinggi pada minuman bersoda sering dikaitkan dengan terjadinya kerusakan tulang.

Masalah pada sistem reproduksi

Pada minuman bersoda yang dikemas dalam kaleng, terdapat resin yang mengandung bahan kimia berbahaya. Zat kimia ini dapat menimbulkan masalah pada sistem endokrin. Masalah yang terjadi pada sistem endokrin dapat menyebabkan kelainan pada sistem reproduksi manusia, tanda yang paling mudah dikenali adalah semakin meningkatnya pubertas dini di dunia.

Masalah kegemukan (obesitas)

Minuman bersoda pada umumnya mengandung jumlah kalori yang tinggi dan tidak wajar, berada di ambang batas kebutuhan tubuh. Ketika tubuh tidak mampu memproses dan membakar kalori tersebut maka berat badan akan naik secara drastis dan susah untuk dikendalikan.

Meningkatkan resiko diabetes

Kandungan gula yang tinggi dalam minuman bersoda sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi minuman jenis ini secara teratur maka semakin besar kemungkinan seseorang terkena  diabetes di masa yang akan datang.Selain diabetes, komplkasi yang dapat ditimbulkannya adalah masalah ginjal.

Terlalu mahal harga yang harus dibayar jika kebiasaan gemar minum softdrink tidak dihentikan, nikmat yang dirasakan hanya sesaat namun efek negatifnya dapat dirasakan di sepanjang sisa umur kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.