Bahaya Merokok di Pagi Hari

bahaya merokok di pagi hari
bahaya merokok di pagi hari
bahaya merokok di pagi hari

Merokok, salah satu aktifitas yang sebenarnya tidak menyehatkan baik untuk si perokok maupun orang yang ada di sekitarnya. Ditambah lagi, para pecandu rokok ada yang memiliki kebiasaan buruk, yaitu gemar merokok di pagi hari setelah bangun tidur, sedangkan posisi perut masih kosong, dan seharusnya di pagi hari adalah waktunya tubuh mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh. Artikel ini mungkin cocok dan penting untuk Anda para pecandu rokok.  Berikut sharing di sini informasi bahaya merokok di pagi hari.

Merokok telah menjadi masalah yang kompleks yang melibatkan fenomena psikologis dan sosial. Banyak penelitian dilakukan dan hasilnya bahwa merokok sangat merugikan kesehatan. Namun, tetap saka untuk menghentikan kebiasaan buruk ini sangat sulit. Asap rokok dapat menyebabkan penyakit jantung dan kanker; kanker paru-paru, esofagus, laring, dan rongga mulut. Kanker di dalam rongga mulut biasanya dimulai dengan adanya iritasi dari produk rokok yang dibakar dan dihirup. Iritasi ini menimbulkan lesi putih yang tidak sakit. Asap rokok mengandung komponen dan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Jumlah komponen tergantung pada jenis tembakau, temperatur pembakaran, panjang rokok, porositas kertas pembungkus, racikan bumbu rokok dan ada tidaknya filter. Sehingga  zat berbahaya dapat berbentuk gas dan partikel.

Merokok di pagi hari, terutama ditemani secangkir kopi atau hanya sebagai teman membaca buku/koran di toilet, sudah menjadi ritual yang sulit untuk dihentikan bagi sebagian pecandu rokok. Penelitian menunjukkan bahwa merokok setelah bangun tidur akan meningkatkan risiko paru-paru, kanker kepala dan kanker leher. “Merokok di pagi hari memiliki potensi lebih besar terkena kadar racun nikotin dan tembakau yang mengendap di dalam tubuh si perokok daripada perokok yang menahan diri untuk merokok setengah jam atau lebih setelah bangun tidur,” kata peneliti Joshua Muscat dari Penn State College of Medicine.

Penelitian pertama melibatkan 4775 pasien dengan kanker paru-paru dan 2.835 perokok lain tanpa kanker paru-paru. Mereka yang merokok 30 menit setelah bangun 1,79 kali lebih tinggi risiko kanker paru-paru dibandingkan dengan mereka yang menunggu lebih dari 60 menit. Sementara itu, mereka yang merokok 31-60 menit setelah bangun memiliki 1,31 kali risiko dibandingkan dengan mereka yang menunggu setidaknya satu jam.

Studi kedua melibatkan 1.055 orang dengan kanker otak dan leher dan 795 orang yang merokok tetapi tidak menderita kanker otak dan leher. Mereka yang merokok dalam waktu 30 menit setelah bangun 1,59 kali risiko kanker otak dan leher dibandingkan dengan mereka yang menunggu satu jam.

Terlepas dari merokok di pagi hari saat bangun tidur maupun setelah menunggu lama dari bangun tidur, manfaat kesehatan untuk merokok jelas tidak ada. Bagaimana menurut Anda? masih ingin melanjutkan kebiasaan merokok? apalagi di pagi hari?

[e-SdS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.