Manfaat Magnesium Bagi Kesehatan

Magnesium sangat penting bagi kesehatan Anda karena dibutuhkan lebih dari 300 reaksi biokimia dalam tubuh. Magnesium adalah mineral keempat paling umum dalam tubuh dan sebagian bertanggung jawab untuk aspek yang tak terhitung jumlahnya bagi kesehatan tubuh. Sekitar 50% dari total magnesium tubuh kita disimpan dalam tulang kita, sedangkan sisa bagian dari magnesium yang terutama ditemukan dalam sel-sel jaringan tubuh dan organ. Hanya 1% magnesium tersedia dalam darah, meskipun tubuh manusia sangat baik dalam mengatur tingkat konstan magnesium dalam darah.

Magnesium diperlukan untuk menjaga fungsi otot dan saraf normal dan untuk menjaga jantung berdetak berirama. Hal ini juga membantu untuk mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat, dan menjaga tulang yang kuat. Magnesium penting dalam mengatur kadar gula darah, sehingga meningkatkan tekanan darah normal. Magnesium juga mendukung metabolisme energi dan sintesis protein. Magnesium memiliki efek positif pada pengobatan gangguan seperti penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes. Magnesium diserap dalam usus kecil dan diekskresikan melalui ginjal.

Sumber Magnesium

Sumber alami dari magnesium yaitu salah satunya sayuran laut, sayuran berdaun seperti bayam, dan biji-bijian yang biasanya komponen utama dari diet seseorang. Beberapa sayuran lain yang dapat digolongkan sebagai sumber magnesium yang kaya meliputi tomat, bit hijau, kacang-kacangan luas, kacang lima, artichoke, ubi jalar, tepung soba, biji labu, kacang, tepung gandum, oat bran, barley, jagung dan coklat. Juga, Anda dapat mengkonsumsi produk susu seperti susu dan yoghurt, serta produk non-vegetarian seperti ikan untuk mendapatkan magnesium. Roti gandum yang mengandung dedak dan kuman dua kali kandungan magnesium di dalamnya dibandingkan dengan roti putih. Air juga memiliki kandungan magnesium tinggi, air keras memiliki lebih banyak magnesium dari air lunak, meskipun air keras tidak baik untuk tubuh, terutama ginjal.

Gejala Defisiensi Magnesium

Gejala defisiensi magnesium termasuk nyeri pada leher dan punggung, kecemasan, kelelahan, serangan migrain, kelemahan otot dan kejang, kehilangan nafsu makan, muntah, mual, insomnia, irama jantung yang abnormal, diare, otot berkedut dan pembuluh spastik Raynaud.

Ketika Anda sedang stres, tubuh Anda cenderung cepat menguras magnesium. Salah satu gejala yang sangat umum dari kekurangan magnesium adalah menginginkan cokelat, karena cokelat kaya mineral dan sangat penting. Kekurangan magnesium bisa menjadi penyebab utama di balik diabetes, depresi, dan gejala menopause.


Manfaat Magnesium bagi tubuh


Manfaat magnesium bagi kesehatan tubuh Anda meliputi pemeliharaan saraf tubuh, otot dan tulang. Hal ini juga membantu dalam sintesis protein dan metabolisme sel. Magnesium sangat penting untuk mempertahankan jantung berdetak normal dan digunakan oleh dokter untuk mengobati ketidakteraturan ritme jantung. Manfaat kesehatan lain dari magnesium adalah dampaknya positif pada mengurangi osteoporosis, kejang eklampsia, dan pemeliharaan tingkat gula, serta efek positif pada asma, diabetes, sembelit, nyeri punggung dan berbagai gangguan kejiwaan.

Spesialis medis dan kesehatan sering menyoroti pentingnya magnesium termasuk vitamin yang memadai dan asupan mineral untuk diet harian Anda. Magnesium adalah salah satu mineral penting yang membantu tubuh manusia dalam menyerap kalsium dan memainkan peran penting dalam pembentukan dan penguatan gigi dan tulang. Berikut manfaat magnesium bagi kesehatan tubuh versi Sharing Di Sini antara lain :

Mencegah Asma – Pasien yang menderita asma kronis mungkin dapat menormalkan napas mereka dengan bantuan suplemen magnesium yang membantu dalam relaksasi otot-otot bronkus dan mengatur pernapasan. Bahkan mengi dan sesak napas dapat diatasi dengan pemberian magnesium intravena.

Menjaga kesehatan tulang – Magnesium secara langsung berkaitan dengan kepadatan tulang, akibat kekurangan magnesium dalam tubuh bisa menjadi penyebab osteoporosis. Magnesium membantu dalam regulasi kadar kalsium dalam tubuh, bersama dengan vitamin D, tembaga, dan seng. Magnesium, bersama dengan kalsium dan vitamin D, magnesium ini dibutuhkan sepanjang tahun dari masa perkembangan sampai dewasa, karena apabila kekurangan magnesium kemungkinan besar akan terkena osteoporosis ketika masa tua akan bertambah.

Penting selama kehamilan – Magnesium adalah salah satu elemen penting untuk memastikan kehamilan yang sehat. Asupan yang tepat dari suplemen magnesium selama kehamilan sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko osteoporosis dan meningkatkan tingkat toleransi sakit, sehingga menghasilkan proses kelancaran pengiriman dan optimasi tekanan darah. Magnesium sulfat adalah pengobatan terbaik untuk mencegah kejang eklampsia pada ibu hamil yang mengalami hipertensi.

Mengurangi nyeri punggung dan kram – Magnesium membantu mengobati orang dengan sakit punggung yang parah dengan relaksasi otot-otot punggung, stres ginjal dan ketegangan otot. Seperti disebutkan sebelumnya, magnesium juga membantu dalam penyerapan kalsium tubuh, yang dapat menyebabkan penyembuhan lebih cepat dari tulang. Gejala kram pada kaki, serta kelelahan umum adalah gejala tradisional kekurangan magnesium. Oleh karena itu, asupan yang tepat dari suplemen magnesium bertindak sebagai obat untuk masalah kram kaki kronis.

Mencegah serangan jantung
– Kekurangan magnesium bisa menyebabkan penyakit jantung, yang sering menimbulkan akibat fatal. Defisiensi magnesium membawa daftar panjang bahaya ke jantung Anda. Magnesium melindungi jantung dari denyut jantung tidak teratur dan sebagai perisai hati Anda dari kerusakan, terutama dari stres otot. Magnesium sebenarnya menenangkan saraf dan memediasi proses pencernaan dan mencegah masalah seperti muntah, kram, gangguan pencernaan, sakit perut, perut kembung, dan sembelit, yang semuanya dapat menempatkan tekanan berlebihan pada berbagai bagian dari sistem kardiovaskular Anda.

Mencegah sembelit – Magnesium memberikan bantuan cepat dari sembelit, dan dosis tinggi suplemen magnesium larut dalam air diketahui membantu mengurangi sembelit yang paling parah. Obat pencahar magnesium melemaskan otot-otot usus, sehingga membantu membangun ritme halus sementara lewat perut. Magnesium juga memiliki kemampuan lain dalam menarik air, yang pada gilirannya melembutkan tinja dan membantu untuk mengeluarkan dengan mudah.

Mencegah diabetes dan mengatur tingkat gula – Manfaat kesehatan dari magnesium adalah memperpanjang usia pasien diabetes, karena mineral ini membantu mengatur reaksi insulin untuk menurunkan kadar gula darah. Suplemen magnesium sangat penting untuk semua pasien diabetes karena banyak dari mereka menderita kekurangan magnesium. Magnesium membantu dalam mengatur kondisi gula darah, sehingga meningkatkan tekanan darah normal. Hipertensi merupakan salah satu alasan utama untuk serangan jantung yang akan datang, dan telah menemukan bahwa banyak orang dengan tekanan darah tinggi juga memiliki kekurangan magnesium. Oleh karena itu, tambahan nutrisi dan suplemen mineral dengan kandungan magnesium sangat penting untuk menghindari komplikasi medis.

Menjaga dari gangguan kejiwaan – Magnesium dikenal untuk menyembuhkan beberapa bentuk-bentuk terburuk disfungsi kejiwaan seperti serangan panik, stres, kecemasan dan agitasi yang tidak semestinya.

Mengurangi migrain – serangan migrain parah mempengaruhi banyak orang Amerika, terutama, perempuan. Suplemen magnesium dan cairan sangat mengurangi keparahan serangan tersebut dan juga dapat membantu dalam mengurangi tingkat kekambuhannya.

Menghasilkan kolagen – Magnesium penting untuk memproduksi protein yang secara perlahan berubah menjadi kolagen. Kolagen yang terjadi secara alami sebagian besar ditemukan dalam jaringan berserat seperti tendon, ligamen dan kulit. Hal ini juga hadir dalam kornea, tulang, usus, tulang rawan, pembuluh darah, dan cakram intervertebralis. Semakin banyak kolagen dalam sistem, semakin menjadi kuat daerah-daerah tubuh.

Menyerap mineral – Magnesium membantu untuk menyerap vitamin penting dan mineral seperti natrium, kalsium, kalium dan fosfor. Penyerapan mineral biasanya terjadi dalam usus halus dan manfaat ini dari magnesium menjamin detoksifikasi banyak racun berbahaya dalam tubuh kita.

Mengaktifkan enzim – Magnesium juga membantu untuk meningkatkan produksi energi dalam tubuh dan mempromosikan aktivasi enzim untuk menciptakan energi sel.

Mengontrol fungsi kandung kemih – Banyak orang yang memiliki masalah dalam buang air kecil seringĀ  mengambil suplemen magnesium. Masalah buang air kecil bisa datang dari berbagai alasan seperti nefritis, infeksi, atau kadang-kadang sistitis interstisial, namun asupan rutin magnesium dapat membawa bantuan besar untuk penyakit ini.
Dosis dan efek samping

Pentingnya magnesium masih belum meluas , begitu banyak orang mengabaikan pentingnya konsumsi magnesium dalam makanan mereka. Kebanyakan ahli gizi merekomendasikan 250-350 mg per hari dari suplemen magnesium untuk orang dewasa.

Efek samping dari magnesium sangat jarang, tetapi penting untuk menutupi mereka. Terlalu banyak magnesium sering menyebabkan diare, dan sebagian besar efek serius hasil asupan magnesium berlebihan karena magnesium memiliki kualitas pencahar. Namun, jika Anda mengambil magnesium dalam bentuk suplemen gizi, ada kemungkinan lebih sedikit efek samping tersebut. Orang dengan penyakit ginjal harus menghindari mengonsumsi suplemen magnesium tanpa berbicara dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.