Tips Olahraga Saat Berpuasa

tips olaharga saat berpuasa

Saat tubuh berpuasa seringkali menjadi hambatan untuk enggan dan libur berolahraga. Padahal, tubuh tetap butuh diolah agar tetap seimbang dalam metabolisme. Sehingga tidak jarang berat badan malah menjadi naik selama berpuasa. Hal ini terjadi karena nafsu makan menjadi tidak terkontrol saat berbuka puasa. Oleh karena itu olahraga tidak boleh ditinggalkan selama bulan puasa. Berikut Sharing di Sini Tips Olahraga Saat Berpuasa Agar Tubuh Tetap Fit dan Sehat.

tips olaharga saat berpuasa
tips olaharga saat berpuasa

1. Pilih waktu yang tepat

Lakukanlah olahraga 1-1,5 jam sebelum berbuka atau 2-3 jam setelah berbuka agar tubuh tidak mudah lemas. Jika sudah terbiasa berolahraga dan yakin akan kemampuan tubuh, olahraga juga bisa dilakukan 2 jam setelah sahur.

2. Perhatikan kondisi tubuh

Olahraga saat berpuasa bertujuan untuk menjaga kebugaran. Anda tidak perlu memaksakan diri saat berolahraga. Jika kondisi Anda memang lemah atau sedang sakit, sebaiknya tidak perlu memaksakan untuk berolahraga. Pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan dan kondisi tubuh Anda.

3. Pilih jenis olahraga yang tepat

Olahraga dengan melatih beban harus dihindari saat berpuasa. Latihan beban membuat tubuh mudah lelah, sehingga tubuh butuh pemulihan saat latihan beban. Oleh karena itu, latihan beban sangat tidak dianjurkan saat berpuasa.

4. Perhatikan intensitas olahraga

Olahraga saat berpuasa tidak harus dilakukan setiap hari. Untuk yang terbiasa berolahraga, lakukanlah olahraga 3-5 kali/minggu saat puasa. Jika Anda belum terbiasa berolahraga mulailah secara perlahan.

5. Lakukan Pemanasan dan pendinginan

Jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan sebelum berolahraga selama 5-10 menit dan pendinginan setelah berolahraga sekitar 10 menit.

Nah, jadi puasa bukan lagi halangan bagi Anda untuk tetap berolahraga kan? Yuk, olahraga. Agar tubuh tetap fit dan berat badan tetap ideal selama bulan puasa ya. olahraga.[e_SdS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.