Kelompok Yang Beresiko Kekurangan Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin larut dalam lemak yang berperan penting dalam pembentukan sistem penglihatan yang baik.Terdapat beberapa senyawa yang digolongkan ke dalam kelompok vitamin A, antara lain retinol, retinil palmitat, dan retinil asetat. Akan tetapi, istilah vitamin A seringkali merujuk pada senyawa retinol dibandingkan dengan senyawa lain karena senyawa inilah yang paling banyak berperan aktif di dalam tubuh.Rumus kimia untuk Vitamin A adalah C20H30O.

Vitamin A banyak ditemukan pada wortel, minyak ikan, susu, keju, dan hati. Karena vitamin A sangat berperan penting dalam tubuh, maka tidak heran makanan kita sebaik mungkin mengandung vitamin A. Meski begitu, ternyata ada kelompok – kelompok yang sangat beresiko kekurangan vitamin A. Karena di antara mereka yang paling mungkin untuk memiliki asupan yang tidak memadai vitamin A.

Berikut Sharing Di Sini akan memberikan kelompok – kelompok yang sangat beresiko kekurangan vitamin A yaitu :

Bayi Prematur

Di negara maju, secara klinis kekurangan vitamin jarang terjadi pada bayi dan hanya terjadi pada orang dengan gangguan malabsorpsi. Namun, bayi prematur tidak memiliki hati dengan kandungan cukup vitamin A ketika kelahirannya dan konsentrasi plasma retinol mereka sering tetap rendah sepanjang tahun pertama kehidupan. Bayi prematur dengan kekurangan vitamin A memiliki peningkatan risiko mata, paru-paru kronis, dan penyakit gastrointestinal.

Bayi dan Anak Kecil di Negara Berkembang

Di negara maju, jumlah vitamin A dalam ASI cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi untuk 6 bulan pertama kehidupan. Tapi pada wanita dengan kekurangan vitamin A, Volume ASI dan vitamin A dengan kandungan suboptimal tersebut tidak cukup untuk mempertahankan vitamin A yang cukup untuk bayi yang ASI eksklusif. Prevalensi kekurangan vitamin A di negara berkembang mulai meningkat pada anak-anak setelah mereka berhenti menyusui. Yang paling umum dan mudah dikenali gejala kekurangan vitamin A pada bayi dan anak-anak adalah xerophthalmia.

Wanita hamil dan menyusui di Negara Berkembang

Ibu hamil membutuhkan tambahan vitamin A untuk pertumbuhan janin dan pemeliharaan jaringan dan untuk mendukung metabolisme mereka sendiri. Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa 9,8 juta wanita hamil di seluruh dunia memiliki xerophthalmia sebagai akibat dari kekurangan vitamin A. Efek lain dari kekurangan vitamin A pada wanita hamil dan menyusui termasuk peningkatan morbiditas ibu dan bayi serta peningkatan kematian, peningkatan risiko anemia, dan pertumbuhan bayi lambat.

Orang dengan Cystic Fibrosis

Kebanyakan orang dengan fibrosis cystic memiliki insufisiensi pankreas, meningkatkan risiko kekurangan vitamin A karena kesulitan menyerap lemak. Beberapa studi cross-sectional menemukan bahwa 15% -40% dari pasien dengan fibrosis kistik memiliki kekurangan vitamin A. Namun, pengobatan dengan peningkatan pankreas pengganti, nutrisi yang lebih baik, dan suplemen kalori telah membantu sebagian besar pasien dengan fibrosis cystik menjadi vitamin A yang cukup. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa suplementasi oral dapat memperbaiki tingkat serum beta-karoten rendah pada orang dengan cystic fibrosis, tetapi tidak ada studi terkontrol yang meneliti efek dari suplementasi vitamin A pada hasil klinis pada pasien dengan fibrosis kistik.

Itulah beberapa kelompok yang sangat beresiko kekurangan vitamin A. Jadi apabila Anda wanita hamil, diusahakan sebisa mungkin mengkonsumsi vitamin , baik dari makanan sayur dan buah maupun dari supplement.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.