Risiko Mengkonsumsi Vitamin A Yang Berlebihan

Sebelumnya dibahas bahwa mengkonsumsi vitamin A sangat baik bagi kesehatan kita. Tetapi taukah Anda jika mengkonsumsinya terlalu berlebihan ternyata tidak baik juga bagi kesehatan. Ya ini karena vitamin A larut dalam lemak, tubuh menyimpan jumlah berlebih, terutama di hati, dan tingkat ini dapat menumpuk. Meskipun kelebihan vitamin A dapat berakibat toksisitas yang signifikan (dikenal sebagai hypervitaminosis A), sejumlah besar beta-karoten dan provitamin A karotenoid lainnya tidak terkait dengan efek samping. Manifestasi dari hipervitaminosis A tergantung pada ukuran dan kecepatan asupan berlebih.

Gejala-gejala hipervitaminosis A , menyebabkan peningkatan tekanan intrakranial (pseudotumor cerebri), pusing, mual, sakit kepala, iritasi kulit, nyeri pada sendi dan tulang, koma, dan bahkan kematian. Meskipun hipervitaminosis A dapat disebabkan oleh asupan makanan yang berlebihan, kondisi ini biasanya akibat terlalu banyak mengkonsumsi vitamin A  dari suplemen atau terapi retinoid. Ketika orang mengkonsumsi terlalu banyak vitamin A, tingkat jaringan mereka membutuhkan waktu lama untuk pulih setelah mereka menghentikan konsumsi mereka, dan kerusakan hati yang dihasilkan tidak selalu reversibel.

Studi observasional menunjukkan hubungan antara asupan tinggi  vitamin A (lebih dari 1.500 mcg sehari-hanya sedikit lebih tinggi dari RDA), penurunan kepadatan mineral tulang, dan peningkatan risiko patah tulang. Namun, hasil penelitian terhadap risiko tersebut telah dicampur, sehingga retinol tingkat asupan yang aman untuk hubungan ini tidak diketahui.

Jumlah asupan vitamin A yang melebihi UL dan beberapa retinoid sintetik digunakan sebagai terapi topikal (seperti isotretinoin dan etretinate) dapat menyebabkan cacat lahir bawaan. Ini cacat lahir dapat mencakup kelainan mata, tengkorak, paru-paru, dan hati. Wanita hamil tidak harus mengambil dosis tinggi vitamin A suplemen.

Berbeda vitamin A, beta-karoten tidak diketahui teratogenik atau menyebabkan toksisitas reproduksi . Dan bahkan dosis tambahan besar (20-30 mg / hari) dari beta-karoten atau diet dengan tingkat tinggi makanan kaya karotenoid untuk waktu yang lama tidak berhubungan dengan toksisitas. Efek yang paling signifikan dari jangka panjang, kelebihan beta-karoten adalah carotenodermia, suatu kondisi yang tidak berbahaya di mana kulit menjadi kuning-oranye. Kondisi ini dapat dibalik dengan menghentikan konsumsi beta-karoten.

Suplementasi dengan beta-karoten, dengan atau tanpa retinyl palmitate, selama 5-8 tahun telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker paru-paru dan penyakit kardiovaskular pada pria dan wanita perokok dan mantan perokok dan pada saat ini dan mantan laki-laki pekerja terpapar asbes. Dalam studi ATBC, suplemen beta-karoten (20 mg setiap hari) juga dikaitkan dengan peningkatan mortalitas, terutama karena kanker paru-paru dan penyakit jantung iskemik. Penelitian caret berakhir lebih awal, setelah para peneliti menemukan bahwa beta-karoten (30 mg) dan retinyl palmitate (25.000 IU) suplemen harian meningkatkan risiko kanker paru-paru dan mortalitas penyakit kardiovaskuler.

FNB telah membentuk ULS untuk vitamin A yang berlaku untuk makanan dan suplemen asupan. The FNB berdasarkan ULS ini pada jumlah yang terkait dengan peningkatan risiko kelainan hati pada pria dan wanita, efek teratogenik, dan berbagai efek toksik pada bayi dan anak-anak. FNB juga mempertimbangkan tingkat preformed vitamin A dikaitkan dengan penurunan kepadatan mineral tulang, tapi tidak menggunakan data ini sebagai dasar untuk ULS karena bukti itu bertentangan. FNB belum membuat ULS untuk beta-karoten dan provitamin A karotenoid lainnya. FNB ini menyarankan terhadap suplemen beta-karoten untuk masyarakat umum, kecuali sebagai sumber provitamin A untuk mencegah kekurangan vitamin A.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai kelebihan vitamin A versi Sharing Di Sini, konsumsilah makanan bergizi secara seimbang jadi tidak menimbulkan risiko. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.