Tips Agar Terbebas dari Hutang

tips beas dari hutang
tips beas dari hutang
tips bebas dari hutang
Hutang adalah salah satu masalah finansial yang sering dialami beberapa orang. Ketika tidak punya cukup uang, maka kita akan berhutang kepada orang atau lembaga keuangan. Namun jika hutang sudah terlalau banyak jumlahnya, ini juga tidak akan baik. Karena orang yang berhutang akan terlilit masalah, hingga tidak mampu membayar hutangnya. Tidak jarang, banyak orang yang setres bahkan kejahatan muncul akibat masalah ekonomi yang salah satunya, terjerat hutang.

Berikut Sharing di Sini Tips Agar Terbebas dari Hutang

1. Singkirkan kartu kredit
Beberapa orang yang terjebak hutang, seringkali menggunakan kartu kredit sebagai salah satu cara untuk menutupinya. Namun, sebenarnya cara ini bukan solusi yang baik untuk jalan keluar masalah finansial Anda. Anda harus lebih pandai mengelola uang yang ada, tanpa harus belanja dengan kartu kredit.  dengan memulai membuat anggaran dari pendapatan hingga pengeluaran setiap harinya. karena, kartu kredit akan membuat Anda merasa dapat berbelanja setiap saat, menjadi lebih boros. Jadi,  mulai membayar semua hal dengan cara tunai. Jika Anda tidak punya uang cash di tangan, maka jangan pernah belanja/membeli sesuatu barang.

2. Rutin cicil hutang
Cara paling ampuh untuk dapat terbebas dari jerat utang adalah dengan membayar cicilan secara rutin dan usahakan tepat waktu/tidak terlambat/menunggak. Semakin besar cicilan yang dibayar maka beban bunganya akan semakin kecil dan semakin cepat lunas. Dengan bunga yang semakin kecil, maka anda tidak perlu gelisah akan membengkaknya tagihan. Upaya mungkin dapat bernegosiasi dengan pihak bank mengenai utang anda dan tingkat bunganya.

3. Menyiapkan uang ekstra
Selalu menyiapkan uang ekstra sebagai dana darurat, merupakan cara untuk dapat menghindari utang. Anda perlu memastikan bahwa Anda menyimpan jumlah minimum dalam account tabungan setiap bulan. Memiliki ekstra uang untuk keadaan darurat tak terduga akan mencegah Anda beralih ke kartu kredit yang menyebabkan utang yang lebih tinggi untuk membayar ketika digunakan.

4. Pilih prioritas
Membidik pada satu tagihan pada satu waktu dan membuat upaya untuk melunasinya secepat mungkin. Pastikan bahwa Anda mencoba untuk membayar jumlah minimum pada semua tagihan lainnya, tetapi membayar sedikit tambahan jumlah pada salah satu tagihan yang diprioritaskan. Ketentuannya memilih prioritas adalah utamakan hutang terkecil dan atau hutang dengan tingkat bunga yang tertinggi. Dengan mengejar pelunasan hutang nominal terkecil, Anda dapat menyisihkan uang untuk menabung. Setelah Anda telah lunas dengan prioritas pertama, terapkan cara ini para urutan prioritas tagihan berikutnya dan seterusnya. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk keluar dari utang.

5. Disiplin dan Jangan keluar jalur
Mulailah fokus untuk menyusun anggaran. Jika sudah menikah, bicarakan dengan pasangan mengenai kondisi keuangan yang sebenarnya dan kewajiban yang harus dijalani, yakni komitmen membayar cicilan hutang.  Ajak pasangan untuk bekerjasama agar hutang dapat segera lunas. Jangan sampai tidak disiplin dan keluar jalur dari perencanaan finansial. Selama sudah menyusun rencana finansial sejak awal, disiplin menjalaninya, maka utang dapat terlunasi dan Anda tetap berada di dalam jalur.

6. Hemat dan sedikit belanja
Dalam merencanakan untuk mengurangi utang, bukan berati harus irit atau tidak boleh berbelanja. Apalagi berbelanja bahan-bahan pokok. Prioritaskan kebutuhan setiap bulannya. Yang pertama adalah kebutuhan pokok, bebelanjalah secukupnya, tidak berlebihan. Jika ada kebutuhan untuk saatnya membayar sekolah, Anda dapat menyiasti merk kebutuhan pokok, dari yang harga temahal (branded), menjadi yang harga kualitas sedang. Atau, membatasi jumlah konsumsinya (tidak boros/berlebih).

7. Jangan makan diluar
Makan di luar rumah memang terasa lebih nikmat dan banyak pilihan, namun lebih mahal dibandingkan masak di rumah. Membuat masakan sendiri di rumah akan lebih hemat, kebersamaan keluarga lebih dekat dan juga lebih terjamin kehiginisannya. jadi, selain hemat, juga menjamin keluarga sehat.

8. Manajeman keuangan
Untuk terbebas dari utang, harus mulai mengatur diri. Mulailah dengan menyimpan berkas yang berkaitan dengan utang, sehingga tidak bercampur dengan berkas yang lain. Setiap berkas cantumkan pemberian nama agar lebih mudah mencarinya kembali. Panda-pandailah mengatur porsi keuangan pengeluarna bulanan. Atur dan patuhi anggaran pengeluaran bulanan lebih rinci. Isinya harus mencakup keseluruhan pengeluaran, mulai dari belanja bahan pokok hingga anggaran ponsel dan hiburan. Sebagai contoh, kebutuhan pokok rumah tangga 35 persen dari anggaran, utang 15 persen, kehidupan sehari-hari 25 persen, transportasi 15 persen dan tabungan 10 persen.

9. Mulai biasakan untuk rela tidak membeli barang kesayangan
Untuk dapat segera bebas dari hutang, Anda harus kuat iman. Mulai membiasakan diri untuk rela tidak bersifat konsumtif, perihal barang yang disukai diri kita. Contohnya, membeli gadget, ponsel, kamera, barang elektronik, baju, dan hobi yang terlalu menguras lainnya yang bersifat boros. Tentu, sangat susah melepas sekaligus kesenangan berbelanja ini. Namun percayalah, semua ini akan melatih dan merubah gaya hidup Anda, agar lebih terkendali / lebih hemat berbelanja. Bahkan jika perlu untuk sementara jual barang-barang berharga yang sekiranya dapat menutup hutang, seperti gadget, otomotif, perhiasan, perabotan.

10. Rubah haya hidup / Gaya hidup sederhana
Buatlah komitmen untuk diri sendiri tidak peduli apa tindakan yang Anda ambil untuk mulai membayar utang Anda. Usahakan saldo kartu kredit Anda paling minim dan lunasi hutang secepat mungkin. Yang perlu dilakukan adalah, rubah gaya hidup menjadi gaya hidup sederhana. Jangan berfikir harus ikut trend model baju terbaru dulu, jangan berfikir trend model handphone terbaru dulu, bahkan, tunda keinginan untuk membeli barang-barang yang selain kebutuhan pokok, kesehatan dan sekolah.  Pikirkan tentang kebebasan akan Anda nikmati setelah Anda keluar dari semua hutang.

11. Katika datang rejeki lebih, alihkan untuk lunasi hutang
Ingat, prioritas melunasi hutang adalah nomer satu. Oleh karena itu, ketika Anda ada kesempatan dapat rejeki yang lebih, segera alokasikan dana tersebut untuk membayar hutang, minimal 50% dari rejeki tambahan tersebut. Dengan cara ini, maka hutang Anda dakan cepat lunas.

12. Jangan tambah pinjaman / hutang lagi
Berfikirlah sebelum mengambil keputusan untuk menambah hutang lagi. Prinsipnya, lunasi hutang yang belum lunas, baru Anda boleh berhutang lagi setelah hutang terdahulu telah lunas. Ini akan menghindarkan Anda dari jeratan hutang yang Anda tidak berdaya melunasinya. Jangan sampai pengeluaran lebih besar dari pemasukan, alias, pendapatan bulanan selalu minus untuk membayar hutang.

13. Mulai bekerja lebih giat
Lebih mengoptimalkan tenaga dan fikiran untuk mendapatkan pendapatan ekstra. Bekerja dua kali lebih keras akan memastikan Anda lebih banyak uang, cari pekerjaan sambilan/sampingan. Memiliki kartu debit menambah keuntungan lebih besar daripada kartu kredit. Yang terpenting tentunya bekerja dengan cara yang halal.

Pernah terjerat hutang dan punya solusinya?
Yuk, Sharing di Sini ya…

by
Miss Sharing

One thought on “Tips Agar Terbebas dari Hutang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.