Agar Anak Tidur Tepat Waktu

Apakah putra putri anda tidur tepat waktu?.. atau, malah Anda yang mengalah mengikuti jam tidur anak?.. Bagaimana agar anak-anak dapat tidur dengan tepat waktu yang kita tentukan?..

Saya akan sharing beberapa cara agar anak-anak disiplin waktu tidur, berdasarkan pengalaman saya sebagai seorang ibu dari dua balita.

Yang pertama, kita harus tentukan jam tidur anak. Baik jam tidur siang atau tidur malam. Dengan menentukan jam tidur anak, jika sudah terbiasa terlatih, anak akan disiplin terhadap waktu, dan juga hal ini dapat melatih anak/balita anda mengenal waktu/membaca jam sejak dini.

Kedua, Buat perut anak kenyang sebelum tidur. Atur jam makan anak, yang sebisa mungkin kurang lebih 1-2jam sebelum waktu tidur anak, perut mereka sudah dalam kondisi kenyang. Jika anak tidur dalam posisi perut sudah terisi/tidak lapar, maka mereka akan tidur dengan nyenyak, durasi waktu tidur cukup, tidak rewel dan tidak terbangun gara – gara merasa lapar. Anda tidak ingin kan, di tengah malam, dibangunkan oleh tangisan anak-anak karena lapar dan minta makan. Rasanya mengganggu anggota keluarga, mengganggu tidur anda, dan malas sekali menyapkan makan di tengah malam untuknya.

Ketiga, Jangan ajak anak bermain pada saat menekati jam tidurnya. Jika anak-anak diajak bermain mendekati/menjelang waktu tidurnya, malah akan menambah semangat bermain, keasyikan, lalu diajak/disuruh tidur tidak mau. membacakan dongeng ringan dan cerita pendek mungkin solusi yang tepat, jika anak masih belum mengantuk. Sambil mengelus bagian kepala dengan lembut. Kita juga harus membacakan dongeng dengan nada lembut, pelan-pelan, jangan mendongeng dengan cerita-cerita yang terlalu menggebu, nada lantang yang malah nanti akan membuatnya bersemangat aktif kembali.

Keempat, gunakan lampu tidur dan jaga agar susasana tenang /tidak berisik. Pada saat sudah di atas tempat tidur, sebaiknya jaga agar suasana kamar tenang, tidak ada suara berisik. Matikan radio, tv, musik yang terlalu keras. pada saat tidur malam, usahakan ganti lampu terang / neon, dengan lampu tidur / redup agar mata dapt terpejam dan tidak mengganggu suasana tidur.

Kelima, Suasana kamar yang bersih dan terarur. Jika waktunya tidur, usahakan suasana kamar sudah bersih, nyaman dan teratur. Jika masih berantakan, kotor, sebaiknya dibereskan terlebih dahulu sebelum waktu tidur. Termasuk harus diperhatikan kebersihan ranjang/tempat tidur, kasur, sprei, selimut, sarung bantal dan guling. Cover tempat tidur harus diganti minimal 1minggu sekali, untuk menghindari anak-anak merasa gatal dan bau tidak sedap.

Good nite kids,.. have a nice sweet dream… ^_^

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.