Manfaat Ginseng

Ginseng adalah salah satu dari sebelas jenis tanaman yang tumbuh dengan lambat dan mempunyai akar berdaging. GinsengĀ  memiliki genus Panax dari keluarga Araliaceae.

Ginseng hanya ditemukan di belahan bumi utara, di Amerika Utara dan di Asia Timur (kebanyakan Korea, timur laut China (Manchuria), dan timur Siberia), biasanya di iklim dingin. Panax vietnamensis, ditemukan di Vietnam, dikenal dengan nama Ginseng Selatan.

Ginseng memiliki kandungan bioaktif, seperti saponin, fitosterol, peptida, polisakarida, asam lemak, polyacetylenes, vitamin, dan mineral.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh dari tanaman yang sering digunakan sebagai ramuan tradisional:

1. Mengurangi stres

Ginseng dapat meningkatkan kewaspadaan mental. Ginseng juga mengubah mood dan meredakan kelelahan. Manfaat lainnya antidepresan dan anti-kecemasan.

2. Merangsang sistem kekebalan tubuh dan saraf

Ginseng dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Beberapa ahli mengatakan jamu ginseng dapat meningkatkan kualitas hidup.

3. Mengobati diabetes

Kadar gula darah bisa drop drastis dengan mengonsumsi ginseng. Namun jika Anda sudah menggunakan obat antidiabetes, perlu untuk mempertimbangkan kembali penggunaan ginseng secara bersamaan, karena pencampuran ginseng dengan obat diabetes dapat membuat kadar gula darah terlalu rendah. Oleh karena itu diperlukan rekomendasi dari dokter.

4. Mencegah perkembangan kanker

Pertumbuhan beberapa jenis sel kanker dapat dihambat oleh ginseng. Pengobatan China Journal melaporkan bahwa ginsenosides memiliki efek anti-tumor dan dapat menyebabkan kerusakan sel pada kanker prostat, sel kanker ovarium, sel paru-paru, adenokarsinoma, dan sel neuroblastoma.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Dalam beberapa penelitian, ginseng diteliti dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol LDL (kolesterol buruk). Para ilmuwan percaya bahwa ginsenocides yang terkandung dalam ginseng bertanggungjawab atas penurunan kadar kolesterol dalam tubuh.

6. Mengurangi Kelelahan

Peran adaptogenik dari berbagai jenis Ginseng diyakini bisa memberikan perubahan fisiologis tubuh untuk beradaptasi dengan kelelahan karena terlalu banyak pekerjaan.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh atletĀ 

Kualitas ginseng dalam meningkatkan stamina telah membuat ginseng menjadi stimulan tonik yang populer di kalangan atlet. Selama praktek, atlet harus konsisten untuk menjaga stamina tetap tinggi dan ginseng dapat membantu untuk mewujudkannya.

Penggunaan ginseng tidak dianjurkan terutama pada wanita hamil dan ibu menyusui untuk mencegah terjadinya kontraindikasi. Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi ginseng jika Anda minum obat untuk hipertensi atau penyakit kardiovaskular lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.