Manfaat Yoga

Yoga kini makin sering muncul di tengah perbincangan antar sahabat, kolega ataupun kerabat. Yoga tengah menjadi trend dan melanda kaum urban akhir-akhir ini. Bahkan, yoga berhasil menarik kelompok yang sebelumnya enggan berkeringat, menjadi manusia yang rajin mengatur napas dan membiarkan bulir keringat membasahi kaos.

Barsatu dengan alam, demikian makna yoga dalam bahasa sanskerta. Praktik yang menyatukan gerak tubuh dengan pikiran dan perasaan ini bersumber dari teks kuno india. Konon, usianya telah lebih dari 3000 tahun. Kendati demikian, segala praktik yang terdapat di dalamnya tetap terasa relevan hingga kini.

Tak heran jika banyak yang jatuh hati hingga rela menempuh perjalanan jauh menuju india, tempat kelahiran yoga, untuk memperdalam ilmu yoga. Bermula dari makna spiritual, olah tubuh yang menekankan teknik pernapasan ini kemudian, berkembang menjadi media menuju tubuh sehat. Lewat teknik pernapasan tubuh itulah, setiap yoga membuat gerakan dan keseimbangan.

Tujuan utama dari yoga memang tak lain untuk mencapai keseimbangan, sesuatu yang cukup jauh dari kehidupan masyarakat, khususnya di kota besar. Padahal, titik keseimbangan dalam hidup dan tubuh menjadi kunci kesehatan bagi pemula. Akan tetapi, jika latihan teratur , lama-kelamaan tubuh akan semakin beradaptasi. Oleh karena itu, dalam latihan yoga ada tingkatan-tingkatannya, mulai dari pemula hingga lanjutan.

Para pelaku olahraga yoga pun mengaku merasakan banyak manfaat terhadap tubuhnya setelah melakukan yoga beberapa waktu. Di antaranya adalah membantu mengurangi rasa nyeri pada punggung. Berkat teknik pernapasan yang tepat, yoga juga dapat membantu penderita asma sehingga tak terus-menerus didera penyakit pernapasan tersebut.

Yoga disebut-sebut pula sebagai cara efektif untuk membantu mengurangi berat badan. Di samping berpotensi membakar kalori, yoga lebih membantu setiap orang untuk mengubah cara pandang terhadap diri dan tubuh sendiri. Efeknya, mereka akan lebih mampu menguasai emosi, sehingga tak mudah lari ke makanan ketika mood sedang tidak baik.

Tentu, hal ini bukan menjadi jaminan para pelaku yoga akan langsung langsing setelah beryoga. Semua kembali pada diri sendiri dan kontrol terhadap diri. Namun, tak ada salahnya jika kini mulai menilik jadwal latihan yoga yang dekat dengan kantor atau tempat tinggal anda. Tak masalah jika dikatakan sekadar ikut-ikutan tren, jika tubuh sehat, anda sendiri yang meraih keuntungannya. Hal itu diupayakan lewat gerakan-gerakan yoga, yang memang tak bisa dikatakan mudah. Namun, jangan ragukan dengan manfaatnya. Jika yoga membuat badan anda fit dan juga olahraga psikis anda, Mengapa tidak anda coba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.