Manfaat Mandi dengan Shower

Apakah Anda menggunakan shower saat mandi? Atau mungkin ketika anda menginap di hotel? Mandi dengan menggunakan kran shower memang sangat nyaman dan praktis, karena kita tidak perlu repot dan lelah mengayunkan ember air untuk menyiram tubuh kita. Selain lebih praktis, berikut adalah manfaat lain dari kamar mandi:

1. Hemat Air
Mengapa mandi dapat menghemat air? Ya, karena dengan semprotan air dari shower, meskipun volume kurang dari seember air, volume air yang kita gunakan untuk menyiram tubuh akan maksimal menyebar merata ke seluruh tubuh. Bila dibandingkan dengan menggunakan gayung, cukup banyak air yang terbuang dan kurang lazim jika dibandingkan dengan semprotan shower. Secara tidak langsung, kita menyelamatkan bumi dengan menghemat penggunaan air.

2. Relaksasi Tubuh
Semprotan air yang jatuh ke tubuh terasa seperti pijatan dan mampu menghilangkan kepenatan setelah aktivitas hari, dengan mandi air bawah semprotan shower, Anda akan merasa seperti dipijat. Sejumlah pakar pengobatan alternatif mengatakan bahwa bersentuhan dengan air mancur, berjalan-jalan di sekitar air terjun atau sungai dengan banyak pancuran akan memperoleh sifat-sifat ion negatif. Ion-ion negatif yang timbul akibat tabrakan tetesan air dapat meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap dan memanfaatkan oksigen. Ion negatif dalam aliran darah akan mempercepat pengiriman oksigen ke sel dan jaringan. Efek relaksasi akan dirasakan terutama ketika kita bisa menggunakan air panas dengan suhu sekitar 37 Celcius. Tapi harus diingat bahwa uap panas justru dapat meningkatkan ion positif, sehingga ketika kita mandi dengan suhu air panas, kita harus menggunakan kipas angin atau dengan jendela kamar mandi terbuka untuk ventilasi udara, sehingga akan ada pertukaran udara dari luar. Ingat juga, jangan lupa untuk membilas dengan air dingin setelah mandi dengan air panas. Karena saat terkena air panas, pori-pori kulit terbuka, sehingga untuk menutupnya lagi melakukan itu dengan air dingin bilas.

3. Kecantikan dan Kulit Wajah
Dengan menggunakan shower kita dapat memperoleh lebih banyak ion negatif yang bermanfaat bagi kulit kita. Dalam udara bebas, sebenarnya ada ion negatif dan positif. Dengan semprotan air dari shower, ion negatif dan ion positif terpecah. Ion-ion positif yang lebih berat akan cepat jatuh sedangkan ion negatif dapat melayang di udara, sehingga kulit kita akan nyaman dan mendapatkan air bersih di bawah pancuran. Tekanan dari semprotan air yang sangat lembut akan memijat wajah Anda, sehingga pori-pori wajah kita dapat bernafas lebih baik. Untuk mengoptimalkan manfaat, pakailah shower pada kemiringan 60 derajat.

4.
Memperlancar Pernapasan
Shower bisa memberi efek pijatan di sekitar wajah sehingga dapat untuk memperlancar pernapasan. Jika Anda sedangd alam hidung tersumbat, cuci muka saat mandi dengan shower air dan atur heater dengan suhu hangat. Pengaruh semprot dan suhu air hangat baik untuk sirkulasi darah Anda. Pada wajah, sensasi lembut akan memijat wajah Anda, serta untuk meringankan hidung tersumbat.

 

One thought on “Manfaat Mandi dengan Shower

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.