Cara Konvensional Memprediksi Cuaca Sebelum Bepergian

Rencana bepergian atau liburan akhir pekan bersama keluarga bisa menjadi berantakan karena beberapa hal. Rencana yang kurang matang atau ternyata ada anggota yang tiba-tiba berhalangan ikut serta menjadi salah satunya. Tak luput cuaca, yang dalam kondisi tertentu membuat batal rencana bepergian atau acara di luar ruangan, seperti bersepeda santai, memancing, bermain layangan, pesta kebun dan acara outdoor lainnya.

Nah, agar anda tidak terjebak hujan diluar, alangkah baiknya anda memprediksi cuaca sebelum bepergian di acara outdoor. Hal ini sangat penting, karena jika Anda dan keluarga sampai kehujanan di luar, bukannya hati senang malah badan anda akan sakit gara-gara kehujanan. Berikut saya sharing di sini beberapa cara konvensional untuk memprediksi cuaca.

Selain lewat informasi prakiraan cuaca di media massa, ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan dengan memerhatikan lingkungan sekitar, seperti yang mungkin dilakukan generasi sebelum ditemukan komputer, satelit, serta peranti-peranti canggih lainnya.

Melihat langit menjadi langkah awal yang dapat dilakukan. Jika langit dipenuhi awan mendung, sangat mungkin hujan akan segera turun. Sebaliknya jika langit terlihat cerah, rencana-rencana berlibur di tempat terbuka mungkin dapat dijalankan dengan sesuai rencana.

Memperkirakan cuaca dapat juga dilakukan dengan melihat serangga atau burung. Jika binatang-binatang tersebut terbang rendah atau lebih sering berada di daratan, lebih baik bersiap-siap kalau hujan akan turun. Hal ini dapat terjadi lantaran mereka menghindari angin yang cukup kencang di atas.

Lebah juga dapat dijadikan penanda hujan. Jika binatang yang satu ini terlihat sibuk di kebun atau perkarangan rumah, kita dapat berlega hati karena cuaca akan cerah.

Terakhir, jika hujan akan turun, umumnya hawa akan menjadi lebih lembab. Kalau sudah begini, jangan lupa membawa payung jika harus bepergian atau tunggal di rumah sambil menikmati turunnya hujan. Tentu saja ini adalah cars-cara umum yang dapat dilakukan, yang jika ragu dapat mengecek di badan-badan perkiraan cuaca yang telah ditunjuk lewat situs resminya.

Selamat Berakhir Pekan yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.