Jangan Abaikan Keluhan Sakit saat Menstruasi Datang

Keluarnya darah menstruasi yang berlebihan (menorrhagia) dialami lebih dari 10 juta wanita setiap tahun. Survey yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan bahwa hanya 58 persen wanita yang membiacarakan masalah ini dengan dokter kandungan. Berikut Sharing di Sini memberikan penjelasan dari Elizabeth Quint, MD seputar masalah menstruasi.

  • Seberapa banyak yang disebut “banyak”?

Jika anda mengganti pembalut kurang dari satu jam saat menstruasi, sering mengalami kebocoran pembalut, dan menemukan gumpalan darah sebesar koin 100 rupiah. Atau, jika setiap kali anda menstruasi semua aktivitas yang dilakukan menjadi terbengkalai, segera hubungi dokter anda.

  • Mengapa sering kali terabaikan?

Karena kebanyakan wanita tidak menyadari bedanya saat darah menstruasi keluar dalam jumlah normal atau berlebih, mereka tidak menyadari adanya menorrhagia. Kemungkinan lain adalah anggota keluarga mereka juga mengalami pendarahan menstruasi yang banyak sehingga hal ini dianggap normal.

  • Menorrhagia merupakan masalah yang serius

Karena bisa membuat ada mengalami anemia atau kurang darah dan menyebabkan anda mudah lelah. Pendarahan yang berlebih juga sering kali merupakan pertanda adanya masalah ketidakseimbangan pada hormon atau adanya masalah pada leher rahim.

  • Dokter kandungan bisa membantu anda

Pengobatan yang diberikan meliputi pemberian kontrasepsi oral untuk menyeimbangkan hormon, suplemen zat besi, atau bahkan hormon progresteron. Jika obat-obatan yang diberikan tidak menunjukkan hasil, ada berbagai metode lain, baik secara operasi ataupun tidak yang bisa membantu mengurangi pendarahan yang berlebihan saat menstruasi.

Sumber : Woman Magazine

Edit by NE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.