Kuliner Soto Terpopuler di Indonesia

Soto, sroto, atau coto adalah makanan khas Indonesia yang terdiri dari kuah kaldu daging, sayuran,  sambal khas masing-masing soto dan suwiran/irisan daging sapi/ayam. Daging yang paling sering digunakan adalah sapi dan ayam, tapi terkadang ada pula yang memakai kerbau dan kambing. Berbagai daerah di Indonesia memiliki jenis soto sendiri, dengan kandungan yang berbeda-beda. Soto memiliki banyak kemiripan dengan sop, yakni dengan kuah kaldu daging dan memakai sayuran. Yang membedakan dengn sop adalah bumbu khas soto dan sambal yang digunakan.

Karena ada beberapa jenis soto di Indonesia, masing-masing mempunyai cara penyajian yang berbeda-beda. Soto bisa dihidangkan dengan berbagai macam lauk, misalnya kerupuk, tempe, perkedel, emping melinjo, sate telur pindang, sate kerang, sambal, saus kacang, jeruk limau, koya (campuran kerupuk dengan bawang putih yang ditumbuk menjadi bubuk) dll. Seperti kita ketahui bahwa makanan pokok orang Indonesia adalah nasi, sehingga soto biasanya dihidangkan dengan nasi sebagai menu utama. Kebanyakan soto dihidangkan secara terpisah dengan nasi, namun, ada juga yang dihidangkan bersama dengan nasi atau soto campur nasi, misalnya Soto Kudus. Selain itu, ada juga soto yang dihidangkan dengan ketupat lontong seperti soto sokaraja, dan soto dengan nasi yang sudah dimasak dengan dibungkus daun pisang, misalnya Coto Makassar. Selain nasi dan ketupat lontong, ada juga soto yang penyajiannya bersama mi, yaitu soto mie bogor.

Berikut sharing di sini Soto terPopuler di Indonesia:

Soto Semarang

Soto Semarang, sering di sebut dengan soto ayam bening atau juga disebut soto ayam semarang. Karena memang menggunakan kaldu ayam dan berwarna bening. Soto ayam semarang hampir mirip dengan sop, hanya saja penyajiannya dilengkapi dengan soun (bakmi putih tipis) dan lauk yang beraneka ragam seperti, sate telur puyuh pindang/kecap, sate kerang, tempe goreng garing, perkedel kentang. Soto khas Semarang yang paling populer dari sejak jaman dahulu adalah soto Bangkong. Terletak di perempatan Jalan Bangkong, antara MT.Haryono dan arah Majapahit.

Soto Kudus

Soto Kudus adalah soto yang berasal dari Kudus, Jawa Tengah. Soto Kudus terdapat dua jenis soto ayam dan soto kerbau sebagai bahan kaldu dan daging iris/suwir.  Kuah soto kudus memiliki khas berwarna kuning, karena menggunakan kunyit dalam bumbu kuah kaldunya. Soto Kudus dalam penyajiannya memiliki tradisi dihidangkan dalam mangkuk kecil untuk satu porsi soto. Hidangan soto Kudus tidak hanya dapat ditemukan di Kudus, saat ini juga dapat ditemui di berbagai kota di Indonesia.

Soto Lenthok

Soto lenthok adalah soto khas dari Yogyakara dan sekitarnya. Soto ayam ini berisi suwiran ayam kampung, kubis, tauge, seledri dan lenthok. Lenthok adalah ciri khasnya, yaitu semacam perkedel namun dibuat dari ubi jalar, rasanya hampir mirip perkedel kentang. Semangkuk soto lenthok sangat sedp dinikmati bersama tempe goreng garing, sate ayam kampung yang berisi aneka jeroan ayam, ceker dan kepala ayam. Tak lupa ditemani teh hangat.

Soto Gerabah

Soto Gerabah ? Soto Kuali merupakan kuliner khas Solo. Diberi mana Soto Gerabah, karena SOTO GERABAH adalah soto yang di masak dan disajikan dalam gerabah. Soto dimasak dalam gerabah/kuali, di sajikan dalam mangkok gerabah. Sendok untuk makan terbuat dari kayu/batok kelapa. Tempat minuman air putih disimpan dalam kendi. Minuman juga disajikan dalam gelas gerabah.
GERABAH adalah benda – benda yang di buat dari tanah liat, umumnya adalah peralatan dapur dan perlengkapan rumah tangga. Gerabahnya juga dibuat secara alami, tanpa zat pewarna atau bahan kimia, sehingga aman untuk di pakai. Aroma wangi kuah rempah asli bumi Indonesia. Isi soto gerabah berupa suwiran daging ayam dengan pelengkap tahu, tempe, bakwan jagung serta galantin.

Soto Jepara

Sesuai namanya, soto jepara adalah ssoto khas dari Jepara. Sekilas soto ini seperti soto ayam biasa, tapi soto ini memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat serta sedap yang tidak bisa ditemui pada soto ayam lain. Perbedaan terbesar Soto Jepara dengan soto ayam biasa, terletak pada kuah sotonya. Perbedaan Soto Ayam Jepara dengan Soto Ayam Kudus, Soto Ayam Semarang adalah adanya Kucai di dalam Soto Ayam Jepara. Soto Jepara bisa ditemui di warung – warung yang ada di Kabupaten Jepara, Terutama di kawasan Kecamatan Tahunan, kecamatan Mayong, Kota Jepara (wikipedia).

Soto Kemiri

Soto yang berasal dari Kabupaten Pati ini sejatinya sama saja dengan soto ayam jawa tengah pada umumnya. Hanya saja ada kemiri yang menjadi salah satu bahan tambahan dalam bumbunya yang menjadikan soto ini berwarna kuning pucat. Penyajiannya juga dalam porsi kecil sebagaimana soto-soto Jawa Tengah pada umumnya, dan disediakan juga ayam gelondongan yang berupa potongan-potongan ayam, sambal, kecap dan potongan jeruk nipis sebagai penambah selera. Kemiri memberi warna lebih pucat dan kesan berlemak. Jika dirasa kurang mantap juga bisa ditambahkan sambal bawang, kecap dan jeruk nipis.

Soto Betawi

Soto Betawi, hmm pas untuk santap siang. Menggunakan daging,lidah,paru, babat sapi dan kuah dari santan. Soto Betawi merupakan soto yang populer di daerah Jakarta. Soto betawi menggunakan daging sapi, dan menggunakan kuah santan/krim susu. Seperti halnya soto Madura dan soto sulung surabaya, soto Betawi juga menggunakan jerohan. Selain jerohan, seringkali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, dan juga hati. Yang menjadi khas dalam soto betawi selain menggunakan santan/krim susu adalah dengan menyertakan irisan kentang goreng dan emping melinjo sebagai pengganti kerupuk.

Soto Tangkar

Soto Tangkar juga khas dari Jakarta, hanya saja bukan asli dari Betawi. Bumbunya juga hampir menyerupai dengan soto betawi yang memakai rempah cengkeh, hanya saja soto tangkar tidak memakai santan/krim susu. Dandanging soto tangkar menggunakan iga sapi.

Soto Padang

Soto Padang adalah soto yang berasal dari ranah Minang, Sumatra Barat. Mayarakat diluar ranah minang sering menyebutnya dengan soto Padang. Soto Padang berkuah kaldu sapi dengan bahan irisan daging sapi yang sudah digoreng kering, bihun (mie dari tepung beras), ditambah perkedel kentang/keripik kentang dan dihidangkan panas-panas. Kerupuk merah adalah khas dari toping soto padang. Selain di Kota Padang, Sumatera Barat, hidangan Soto Padang juga mudah ditemukan di berbagai restoran Padang di penjuru dunia.

 Soto Medan

Yang membedakan dari soto lainnya soto medan pake kuah santan kuahnya kuning agak keputih-putihan. Di dalam semangkuk soto Medan terdapat ayam suwir, kentang goreng dan telur rebus. Semua bahan makanan tersebut dicampur dan disajikan dengan kuah santan yang beraroma daun serai.

 Soto Madura

Soto Madura adalah jenis soto yang berasal dari daerah Madura, Jawa Timur berbahan dasar daging sapi, telur rebus, kentang goreng dan tauge, dengan khas bumbu ketumbar, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas, kemiri, jeruk purut. Cara menghidangkannya bersama-sama sambal soto dan irisan jeruk nipis.

Soto Sulung Surabaya

Soto Sulung terkenal karena letak warung soto tersebut di jalan Sulung. Soto ini memiliki khas memakai daging dan jeroan. Rasa soto Sulung sebenarnya mirip dengan soto Madura yang juga banyak dijajakan di Surabaya, tetapi yang membuat beda adalah cara pengolahan bumbunya. Soto Sulung sangat nikmat jika disantap dalam keadaan hangat cenderung panas, apalagi jika ditambah kecap manis, jeruk dan sambalnya.

Soto Lamongan (Surabaya)

Selain soto Sulung, Surabaya juga terkenal dengan soto lamongannya. Soto Lamongan memang berasal dari daerah Lamongan, jawa Timur. Makanan khas dari Jawa Timur ini sering anda lihat di pelosok kampung,  mall, Pujasera, Depot warung makan, bahkan  di dalam pasar. Ciri khas dari soto lamongan ini adalah dengan adanya bumbu koya, yaitu bumbu bawang goreng garing yang dicampur dengan kerupuk udang, lalu dihaluskan. Soto Surabaya yang terkenal adalah di Jl.Ambengan Surabaya

Rujak Soto

Rujak Soto adalah masakan khas dari Banyuwangi, Jawa Timur.  Masakan ini merupakan paduan unik antara Rujak Cingur dengan Soto Babat. Biasanya rujak disajikan terlebih dahulu, kemudian disiram dengan kuah soto berikut babatnya. Rasanya juga khas, ada unsur soto sekaligus rasa rujak dengan aroma terasinya. Rujak Soto biasanya disajikan dengan minuman segar menyehatkan, yaitu  Es Temulawak.

Soto Kediri

Soto Kediri adalah soto khas dari Kediri, Jawa Timur. Yang membedakan Soto Kediri dari soto lainnya adalah kuahnya keruh alias tidak bening karena memakai santan. Seperti halnya soto betawi, hanya saja, bumbu soto Kediri hamper mirip dengan soto jawa pada umumnya, tidak memakai cengkeh dan rempah kayu manis.

Coto Makasar

Coto Makassar atau Coto Mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan (isi perut) sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Coto dihidangkan dalam mangkuk dan dimakan dengan ketupat dan “burasa”. Saat ini Coto Mangkasara sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia, mulai di warung pinggir jalan hingga restoran.

Soto Banjar

Soto Banjar adalah soto khas suku Banjarmasin, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam. Yang menjadi ciri khas adalah rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Soto berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir, dengan tambahan perkedel atau kentang rebus, rebusan telur, dan ketupat. Seperti halnya soto ayam, bumbu Soto Banjar berupa bawang merah, bawang putih dan merica, tapi tidak memakai kunyit. Bumbu ditumis lebih dulu dengan sedikit minyak goreng atau minyak samin hingga harum sebelum dimasukkan ke dalam kuah rebusan ayam kampung. Rempah-rempah nantinya diangkat agar tidak ikut masuk ke dalam mangkuk sewaktu dihidangkan.

Soto Bandung

Soto Bandung soto khas dari Bandung Jawa Barat, terbuat dari kaldu daging sapi, berkuah bening seperti soto yang lainnya. Yang menjadi khas soto Bandung adalah dengan irisan lobak pituh dan taburan kacang kedelai goreng garing.

Soto Mie Bogor

Soto Mie adalah soto khas dari kota Bogor, Jawa Barat. Dalam satu porsi soto mie biasanya terdiri dari potongan daging sapi (terkadang ditambah kikil sapi), bihun, mie kuning, risol, tomat, irisan kol, dan terkadang memakai lobak. Bahan-bahan tersebut ditempatkan dalam mangkok dan disiram kuah bening yang segar dan gurih. Soto mie Bogor agak berbeda, soto mie ini bewarna kemerahan yang berasal dari cabai merah. Beberapa tempat favorit yang bisa anda kunjungi untuk menikmati soto mie bogor adalah Soto Mie Selot di Gang Selot sebelah SMP/SMA N 1 Bogor, Soto Mie Kesatuan di Jalan Ranggagading, Soto Mie Gang Aut, dan Soto Mie Air Mancur. Selain tempat-tempat di atas masih banyak tempat yang bisa anda kunjungi untuk menikmati soto mie bogor Jadi jangan lupa untuk mencicipi soto mie ketika anda berkunjung ke kota hujan, Bogor.

Soto Sokaraja / Banyumas

Soto Sokaraja adalah soto khas daerah Banyumas dan sekitarnya, yaitu Purwokerto, Purbalingga, Cilacap, Banjarnegara,dan Kebumen. Kuah soto sokaraja ada dua pilihan ayam dan daging sapi. Daging irisan/suwirannya menyesuaikan jenis kuahnya. Yang menjadi cirri khas soto sokaraja adalah disajikan dengan lontong dan sambalnya menggunakan kacang. Topingnya menggunakan kerupuk merah. Soto Sokaraja banyak dijajakan di pinggir jalan besar di sekitar karisidenan Banyumas. Salah satu yang terkenal adalah di Jalan Bank, Purwokerto.

Soto Babat

Soto babat dapat ditemui hampir di seluruh kota besar Indonesia dan seperti namanya soto ini berbahan dasar babat atau jeroan sapi.

Soto Tegal

Soto Tegal, atau sering disebut sebagai sauto, karena soto ini menggunakan sambal tauco sebagai ciri khasnya. Daging yang digunakan adalah daging ayam kampung, namun ada juga yang memakai daging sapi. Yang menjadi ciri khas lainnya adalah biasanya disajikan dengan toping usus ayam yang digoreng kering. Soto Tegal yang paling populer adalah soto Sedap mala, pada jalan utama Tegal menuju Slawi dan soto pasar senggol di alun-alun Tegal.

Soto Pekalongan

Soto Pekalongan atau di sebut dengan Tauto ini karena memiliki ciri khas, yaitu menggunakan tauco sebagai bumbunya. Citarasa khas tauco memberi rasa dan aroma kuah soto lebih harum dan lezat. Namun bagi Anda yang kurang menyukai aroma tauco, soto ini tetap harum, gurih dan lezat walaupun bumbu ini dihilangkan.

Soto Grombyang

SotoGrombyang adalah soto khas dari daerah Pemalang, Jawa Tengah. Nama Grombyang berasal dari bentuk penyajian makanan ini, antara isi dan kuah lebih banyak kuahnya sehingga kelihatan grombyang-grombyang (goyang-goyang). Ramuan Grombyang terdiri dari nasi, irisan daging kerbau dan kuah, disajikan dalam mangkuk kecil dilengkapi sate kerbau. Ciri khas Grombyang terletak pada tempat jualannya berupa kulai besar, tempat nasi ditutupi dengan kain merah, dan penerangan remang-remang dengan lampu templok. Ciri lainnya, pembeli menikmati hidangan dengan duduk di dingklik (kursi kecil pendek). Menurut penuturan para orang tua di Pemalang, soto Grombyang sudah ada sejak tahun 1960-an. Pada waktu itu penjual Grombyang menjual dagangannya tidak menetap seperti sekarang tetapi berkeliling kampung. Penjual nasi grombyang yang terkenal yaitu Bp. H. Warso di Jl. R.E. Martadinata, dekat alun-alun dan Bp. H.Waridin di Sirandu, bekas terminal lama Pemalang (wikipedia).

***

Ternyata wisata kuliner Soto Nusantara sangat banyak sekali. Hampir seluruh daerah di jawa memiliki soto khas daerahnya masing-masing. Nah, mungkin saya ada yang terlewatkan untuk soto khas pada daerah tempat tinggal Anda. Silakan sharing di sini, ya. Semoga bermanfaat bagi yang sedang plesir ke daerah tersebut.

Berbagai sumber

7 thoughts on “Kuliner Soto Terpopuler di Indonesia

  1. Sekedar Info Kuliner sejak tahun 1965.
    “SOTO MIE KOTA UDANG”. Jl. Supiori Roxy Jakarta Pusat.
    Telp: 021-6347038.
    Sedia:

    @ Soto Kwetiau
    @ Soto Mie
    @ Soto Isi
    @ Soto Bihun
    @ Soto Campur
    Terima Kasih Semoga Anda datang dan kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.