Manfaat Gizi Biji Semangka

biji semangka
biji semangka

Sebelumnya, pernah dibahas mengenai manfaat buah semangka. Nah, bagaimana dengan bijinya?

Pernahkah anda mendengar dongeng dari orang tua jaman dulu, bahwa jika anda makan semangka dan menelan bijinya, maka akan tumbuh daun, batang dan pohon yang muncul dari rambut kepala anda?

Tentu hal itu kedengaran konyol dan menakut-nakuti anak-anak ya. Yang sebenarnya mereka takutkan adalah jika biji-biji tersebut tidak dikunyah dengan baik, ikut tertelan, dan usus tidak mampu mencerna dengan baik sehingga sampai menyumbat di usus buntu.

Nah, tapi ada beberapa penelitian yang menyebutkan beberapa manfaat biji semangka untuk kesehatan. Jika diolah dengan cara yang benar, maka tidak akan berbahaya dan bernilai gizi.

Biji semangka mengandung protein yang dapat membantu mengatur tekanan darah Anda dan membantu mengobati penyakit jantung. Biji semangka juga sarat vitamin B, mineral, dan lemak esensial.

Nilai Nutrisi

Kuaci biji semangka memiliki nutrisi asam lemak, protein esensial dan banyak mineral. Sekitar 100 gram biji semangka menyediakan sekitar 600 kalori sama dengan memiliki 10 potong roti. Sekitar 400 kalori berasal dari lemak dalam biji semangka. Kadar lemak dalam 100 gram biji semangka adalah sekitar 80% dari kebutuhan makanan per hari lemak. Sekitar sepertiga dari biji semangka adalah protein, protein yang sangat esensial seperti lisin. Kuaci adalah sumber yang baik dari vitamin B seperti thiamin, niasin, dan folat. Dalam 100gr Kuaci biji semangka, terkandung mineral seperti magnesium (139%), mangan (87%), fosfor (82%), seng (74%), besi (44%), kalium (20%) dan tembaga (37%) dari prosentase nilai gizi mineral harian. Kuaci juga sumber yang baik serat makanan yang penting untuk gerakan usus yang sehat dalam pencernaan.

Penggunaan biji semangka

Secara umum semangka dikonsumsi daging buahnya, tapi di sebagian besar bijinya dibuang. Di Asia dan Timur Tengah, biasanya biji semangka dimakan dengan cara dikeringkan, lalu dipanggang (kuaci) sebagai camilan bergizi. Sementara di Nigeria, biji semangka juga digunakan dalam pembuatan sup atau produk yang bermanfaat lainnya seperti minyak biji semangka, dan teh ekstrak biji semangka dibuat. Minyak yang diperoleh dari biji semangka digunakan sebagai pelembab untuk kulit. Minyak biji semangka digunakan dalam beberapa produk perawatan kulit dan kosmetik. Ekstrak biji semangka dianggap sebagai obat rumah untuk perut dan gangguan saluran kemih terkait. Teh dari biji semangka dianggap meningkatkan kesehatan ginjal. Penelitian ini sedang berlangsung untuk mengkonfirmasi ini manfaat kesehatan teh biji semangka.  Tentu saja, lebih baik kuaci yang tidak asin karena lebih bersifat netral / tidak membuat hipertensi.

Jika saat ini sudah banyak teknologi mengembangkan buah semangka tanpa biji. Namun sebenarnya sejak dahulu Tuhan telah menciptakan buah semangka berbiji pun membawa banyak manfaat untuk kesehatan kita.

Berikut Sharing di Sini Cara mengolah biji semangka di rumah.

Biji Semangka Panggang (Kuaci Home Made):

½ cup biji semangka

1/4 sdt minyak zaitun

Jika ingin menambahkan garam, beri sedikit saja

Aduk biji dengan minyak dan garam. Letakkan di atas Loyang. Panggang dalam oven 325 derajat selama 10-15 menit.

Nah, kuaci home made siap dihidangkan.[e_SdS]

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

healthyjournal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.