Makanan Pelancar ASI

ibu menyusui
ibu menyusui
ibu menyusui

Kadang beberapa ibu yang baru saja melahirkan ada yang bermasalah dengan ASI yang belum lancar dan tidak melimpah. Sehingga membuat stres dan khawatir jika si bayi tidak tercukupi kebutuhan ASInya. Beberapa jenis makanan di bawah iniĀ  dipercaya dapat membantu melancarkan air susu ibu (ASI) agar produksinya melimpah. Berikut Sharing di Sini Makanan pelancar ASI.

Kedelai

edamamme / kedelai
edamamme / kedelai

Kedelai memang sumber protein nabati, mengandung vitamin K, mangan, Asan folat, vitamin C, riboflavin, besi, magnesium, fosfor, dan kalium. Baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian ibu menyusui yang mencapai 65 gram. Jika Anda lelah makan ikan, ayam atau daging sebagai sumber protein, cobalah kacang kedelai / edamame (kedelai jepang). Kekurangan protein bisa membuat produksi ASI berkurang, bahkan dalam cadangan tubuh protein juga akan berkurang. Anda dapat mengolahnya dalam bentuk kedelai rebus sebagai (camilan), atau sebagai campuran masakan. Selain kacang kedelai, kacang-kacangan lain yang sangat membantu memperlancar produksi ASI adalah kacang tanah, jagung marning, kacang hijau, kacang merah.

Katuk

daun katuk
daun katuk

Daun katuk kaya akan protein, fosfor kalium, zat besi, vitamin A, B1, dan vitamin C. Daun katuk juga mengandung alkaloid dan sterol yang mempengaruhi produksi susu. Dalam 100 gram daun katuk juga mengandung 239 mg vitamin C. Angka tersebut sangat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan ibu menyusui, yaitu 95 mg. Tidak perlu khawatir kelebihan vitamin C karena ambang toleransi adalah 2000 mg / hari. Hanya dengan makan sayur daun katuk, sebenarnya Anda tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin C lagi.

Bunga dan Daun Pepaya

bunga pepaya
bunga pepaya

Kandungan bunga pepaya kaya vitamin A dan vitamin C, selain itu juga mengandung kalsium dan fosfor. Kedua zat tersebut membantu mempercepat proses pencernaan protein dengan bantuan enzim papain, yang tidak hanya terdapat dalam bunga, tetapi juga dalam buah dan daun. Enzim papain juga berguna untuk memecah protein yang Anda makan, terutama ketika protein menyusui membutuhkan sekitar dua kali lebih tinggi dari permintaan normal. Bunga pepaya juga dapat merangsang nafsu makan. Bunga dan daun pepaya sangat nikmat ditumis, direbus baik dalam bentuk sayur maupun untuk campuran salad.

Bayam hijau / merah

bayam
bayam

Bayam kaya vitamin B6, za besi, protein, thiamin, ribloflavin, asam folat, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin A, C, E, dan K. Selain untuk kebutuhan ibu menyusui, gizi yang dikandung dalam bayam juga baik untuk membangun sistem kekebalan tubuh bayi agar kuat, yakni yang berasal dari vitamin B6. Saat menyusui, vitamin B6 Anda perlu asupan lebih tinggi daripada wanita yang tidak menyusui atau hamil. Dengan konsumsi bayam lebih dari jumlah orang normal, vitamin B6 akan meningkat dalam ASI. Bayam berkalori rendah, tidak mengandung lemak, namun kaya akan nutrisi. Tip memilih bayam, sebaiknya pilih warna bayam yang berwarna hijau tua/merah tua (solid). Intensitas warna dalam bayam merupakan salah satu indikasi kandungan karoten yang lebih banyak, yakni yang berguna melawan radikal bebas.

Buah-buahan yang mengandung banyak air

pepaya
pepaya

Ibu menyusui membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak daripada orang yang tidak menyusui. Hal ini terkait dengan produksi air susu dan untuk keseimbangan cairan di dalam tubuh ibu menyusui sendiri. Nah, konsumsi buah tropis atau yang mengandung banyak air sangat dianjurkan untuk biu menyusui. Misalnya adalah melon, pepaya, semangka, timun suri, jeruk, dll.

Madu/Sari kurma

sari kurma
sari kurma

Sari kurma atau madu murni dipercaya berkasiat memperlancar ASI serta membuatnya melimpah. Kurma mengandung suatu hormon yang sering disebut dengan hormon potuchin, yang menurut para pakar medis, hormon ini berfungsi untuk mengikat rahim dan otot rahim sehingga dapat membantu mengurangi pendarahan pasca melahirkan. Selain itu, juga terkandung hormon oksitosin yang dapat membantu merangsang kontraksi pada otot-otot rahim sehingga mempermudah persalinan. Hormon ini juga akan membantu memacu kontraksi di pembuluh darah vena yang ada di sekitar payudara ibu, sehingga memacu kelenjar air susu untuk memproduksi ASI.

Jintan Hitam / habbatussauda

habbatussauda / jintan hitam
habbatussauda / jintan hitam

Menurut hasil penelitian Universitas Potchestroom tahun 1989, kombinasi kandungan lemak tak jenuh (lipida) dapat memperlancar produksi ASI, minyak habbatussauda juga dapat digunakan untuk mengolesi payudara saat bengkak (pemijatan) agar ASI lancar ketika sehabis melahirkan. Serta kandungan arginine di dalam habatussauda juga bermanfaat bagi untuh kembang bayi (jika dikonsumsi ibu menyusui).

Nah, selain asupan makanan yang bergizi dan makanan pelancar asi tersebut di atas, dianjurkan ibu yang baru melahirkan rajin memberi ASI yang langsung kepada bayi (menyusu langsung) walaupun ASI belum keluar/belum lancar dari payudara ibu menyusui. Hisapan bayi secara langsung malah bertujuan untuk merangsang keluar ASI agar lancar dan melimpah. Selain itu, jaga mood/psikis ibu menyusui, jangan sampai khawatir atau stress jika ASI tidak memenuhi atau tidak keluar. Yakin bahwa ASI akan lancar dan melimpah, pasti ASI ibu akan lancar dan melimpah. Semoga bermanfaat [e-SdS]

2 thoughts on “Makanan Pelancar ASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.