Cara Merawat Wajan Anti Lengket

cara merawat wajan anti lengket
cara merawat wajan anti lengket
cara merawat wajan anti lengket

Masak di atas wajan anti lengket sangat mudah, karena membuat hasil masakan sangat menarik karena tidak ada yang tercuil dan menepel pada permukaan wajan.  Namun, apakah selama ini cara Anda mencuci dan memakai wajan anti lengket sudah benar? sehingga wajan mampu bertahan lama dan tidak terkelupas permukaan anti lengketnya. Berikut Sharing di Sini Cara Merawat Wajan Anti Lengket, sehingga tidak cepat rusak dan tahan lama.

1. Cuci menggunakan spons (busa) lembut untuk bagian permukaan atas (dalam) yang dipakai untuk memasak. Jangan mencuci/menggosoknya dengan spons yang kasar atau bahkan yang berbahan sabut/serat aluminium foil.

2. Jangan mencuci dan menggosoknya langsung dalam keadaan wajan masih panas/baru selesai dipakai. Sebaiknya, dinginkan wajan terlebih dahulu dengan cara mendiamkan beberapa saat.

3. Hindari perendaman lapisan anti lengket dengan air terlalu lama, karena malah akan mempercepat kerapuhan permukaan anti lengket.

4. Penggunaan sabun cuci terlalu berlebihan juga dapat membuat permukaan anti lengket cepat rusak. Oleh karena itu, gunakan deterjen secukupnya dan segera bilas dengan air, lalu segera keringkan.

5. Sebaiknya mencuci dengan menggunakan sabun cuci piring yang berbentuk cair, jika memakai sabun krim, sebaiknya diencerkan terlebih dahulu dalam wadah tersendiri (tidak langsung dioleskan pada permukaan wajan) karena tekstur yang lembut dan tidak akan menggores permukaan wajan/panci anti lengket.

6. Hindari menggunakan spatula berbahan besi pada saat memasak. Hal ini juga dapat menyebabkan goresan pada permukaan wajan anti lengket. Sebaiknya gunakan spatula berbahan kayu atau bahan plastik food grade yang saat ini beredar banyak di pasaran.

7. Gunakan api kecil atau menengah ketika memasak. Selain bahan anti lengket mudah menyebar panasnya secara merata, hal ini tentu juga akan menghemat pemakaian  gas elpiji Anda.

Nah, semoga bermanfaat ya.. Yuk, Sharing di Sini pengalaman Anda menggunakan panci atau wajan anti lengket. [e_SdS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.