Upaya Alami untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita

cara alami untuk meningkatkan kesuburan wanita
cara alami untuk meningkatkan kesuburan wanita
cara alami untuk meningkatkan kesuburan wanita

Diantara sebagian banyak wanita yang sedang bermasalah dengan banyaknya anak-anak, ada sebagian kecil wanita yang justru mendamba kehadiran anak karena bermasalah dengan kesuburannya. Masalah kesuburan pada wanita memang bukan hal baru. Kesuburan dianggap hal paling penting untuk seorang perempuan. Perempuan dianggap memenuhi kodratnya sebagai wanita jika telah mampu melahirkan keturunannya. Bahkan cara pandang tersebut masih banyak dianut oleh sebagian besar orang yang hidup di zaman modern seperti sekarang ini.

Masalah kesuburan sebenarnya bukan hanya dialami oleh wanita saja, pria pun memiliki potensi yang sama besarnya dengan para wanita. Berikut Sharing di Sini 5 Upaya untuk meningkatkan kesuburan wanita, dirangkum dari beberapa sumber.

1. Olahraga teratur

Kesuburan seseorang tidak dapat dipisahkan dari kesehatan orang tersebut, oleh karena itu langkah pertama yang wajib dilakukan adalah berusaha untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika tubuh terjaga maka semua organ bagian dalam pun akan sehat dan mampu bekerja sebagaimana mestinya, langkah pertama yang bisa kita lakukan untuk hal ini adalah dengan berolahraga secara teratur. Mulailah untuk membiasakan diri berolahraga minimal 30 menit dipagi hari, ini dilakukan demi memastikan tubuh tetap fit dan sehat setiap hari.

2. Jaga berat badan

Cari tahu berapa berat badan ideal yang seharusnya anda miliki, berat badan ideal berkaitan dengan tinggi badan dan umur. Setelah mengetahui ukuran ideal tersebut, lakukan berbagai cara sehat untuk mencapai berat badan yang dianggap idel. Tanyakan ke ahli gizi apa saja yang harus kita konsumsi dan makanan seperti apa yang harus dikurangi. Biasakan konsumsi makanan sehat.

3. Hindari rokok

Baik pasif maupun aktif sama-sama beresiko terhadap kemandulan, kita bisa melihat pesan peringatan di setiap bungkus rokok. Perlu diketahui bahwa wanita yang merokok lebih cepat mengalami menopause dibanding wanita yang tidak merokok. Selain dapat menggangu sistem reproduksi wanita, merokok juga merupakan kebiasaan buruk yang bisa memicu berbagai penyakit berbahaya.

4. Ketahui masa subur Anda

Agar dapat cepat hamil, maka seorang wanita harus mengetahui kapan masa suburnya. Berhubungan saat puncak masa subur (ovulasi) dan saat subur, akan lebih berpeluang mendapatkan kehamilan.

5. Hindari konsumsi kafein berlebih dan obat penghilang rasa sakit

Mengkonsumsi keduanya pada saat masa subur dapat menghambat proses kehamilan, hal ini karena kafein dan obat penghilang rasa sakit menekan prostaglandin, sebuah hormon yang berguna untuk melepaskan telur.

6. Konsumsi makanan tertentu yang berkasiat meningkatkan kesuburan

Beberapa penelitian telah menyebutkan bahwa kecambah, vitamin D dan vitamin E membantu meningkatkan kesuburan seseorang. Ada banyak makanan kesuburan yang dapat membantu Anda hamil. Sayuran berdaun hijau, makanan kaya serat kaya akan antioksidan dan asam folat juga meningkatkan sistem reproduksi, contohnya adalah kedelai, kacang hijau, kuning telur, ubi kuning, kecambah, gandum utuh, kubis, asparagus, salmon, bit, pisang, brokoli, aneka buah beri, oyster, susu, daging. Penelitian juga menunjukkan bahwa Omega 3 benar-benar dapat meningkatkan kualitas sperma dan sel telur, sehingga menjadi bagian penting dari diet kesuburan bagi pria dan wanita yang sedang berusaha untuk hamil, contohnya adalah minyak zaitun, ikan dan telur.

7. Hindari stres

Stres sangat tidak baik untuk kesehatan. Selain dapat menimbulkan penyakit fisik, tekanan batin juga menghambat wanita yang sudah menikah menjadi susah hamil. Nikmati dengan ikhlas masa di saat Anda belum diberi kepercayaan mendapatkan momongan, dengan tetap berusaha menerapkan poin tips di atas yang telah dijelaskan. Berbahagialah dengan yang anda jalani saat ini, rajin memohon kepada Yang Maha Pemberi dan bersama suami tetap rajin berusaha mendapatkan momongan.

Pernah mengalami hal serupa? menunggu kehamilan melalu proses yang panjang dan akhirnya berhasil? Yuk, Sharing di Sini pengalaman dan ilmunya ya,..

Semoga bermanfaat

[e_SdS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.