Kebiasaan Yang Dapat Menjaga atau Menurunkan Berat Badan

cara mempertahankan berat badan ideal dan menurunkan berat badan
cara mempertahankan berat badan ideal dan menurunkan berat badan
cara mempertahankan berat badan ideal dan menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan tidak harus dilakukan dengan menjalankan program diet yang berat dan banyak aturan, kita bisa mengatasi berat badan berlebih dengan cara yang lebih mudah, yakni cukup dengan membiasakan diri untuk melakukan beberapa kebiasaan yang baik untuk kesehatan. Berikut Sharing di Sini Kebiasaan yang dapat menjaga atau menurunkan berat badan yang berlebih atau menjaga agar tetap ideal sekaligus menanamkan pola hidup sehat.

1. Selalu memperhatikan apa yang dimakan

Makanlah semua jenis makanan yang ingin Anda makan, namun perhatikan jumlah kalori dan lemak pada makanan tersebut. Biasakan diri untuk mengkonsumsi makanan rendah kalori, lemak dan gula karena jika ketiga hal tersebut dikonsumsi secara berlebih dapat memicu masalah kegemukan dan gangguan penyakit berat lainnya. Mungkin boleh sesekali mengonsumsi makanan berkalori/lemak/gula tinggi, namun perhatikan jumlah yang Anda makan. Batasi jumlahnya (tidak berlebihan) untuk sekadar mengobati ingin makan makanan tersebut.

2. Makan secara teratur

Jangan pernah melewatkan waktu makan, jika telah tiba waktunya maka segeralah untuk makan agar tubuh tetap mendapatkan asupan nutrisi dan vitamin pada makanan yang kita konsumsi. Jika tubuh mendapatkan apa yang ia butuhkan maka metabolisme akan berjalan lancar dan mampu membakar kalori dan lemak berlebih.

3. Kurangi cemilan

Cemilan yang beredar di tengah masyarakat pada umumnya mengandung kalori atau lemak jenuh tinggi, ini bukan hanya buruk untuk berat badan tapi juga dapat berakibat fatal bagi organ dalam seperti jantung dan lain-lainnya. Mengganti cemilan denga buah-buahan segar, hindari jenis cemilan yang digoreng/berminyak.

4. Hindari permen dan cemilan tinggi gula

Hampir dalam setiap program diet yang dikenal di muka bumi ini melarang pelakunya untuk mengkonsumsi kedua jenis makanan ini. Kandungan yang terdapat dalam permen atau makanan tinggi gula kurang begitu baik bila dikonsumsi secara berlebihan. Batas berlebihan di sini adalah jika dilakukan setiap hari, kita masih bisa mengkonsumsinya jika hanya dilakukan maksimal satu kali setiap minggunya.

5. Biasakan untuk tidak makan di luar

Makanan yang banyak dijual di luar biasanya mengandung banyak lemak serta kalori dan gula dalam jumlah tinggi. Oleh sebab itu biasakan untuk makan / memasak di rumah, yang jelas-jelas dapat Anda kendalikan sendiri bahan dan cara memasaknya. Dengan demikian bisa mengetahui dengan jelas apa saja yang akan kita konsumsi.

6. Kurangi karbohidrat

Manusia memang membutuhkan karbohidrat untuk diolah menjadi sumber energi, namun bila tubuh menerima asupan karbohidrat dalam jumlah banyak maka sumber energi yang ia gunakan hanya sebatas dari karbo tersebut. Jika kita bisa mengurangi asupan karbohidrat dan lebih mengutamakan makanan berprotein tinggi maka lambat laun tubuh akan mulai membakar lemak untuk dijadikan sebagai sumber energi. Pembakaran lemak dalam jumlah besar tentu saja sangat menguntungkan kita, karena selain dapat mengurangi berat badan, tubuh kitapun akan lebih bugar.

7. Kurangi minuman bersoda

Minuman bersoda tidak baik untuk kesehatan. Kandungan gula tidak wajar membuat tubuh rentan terkena obesitas. Jika ingin minum minuman bersoda, minumlah hanya sesekali dan dalam intensitas jumlah yang wajar.

8. Tidur Tepat Waktu

Jika Anda tidak ingin badan melar, tidurlah tepat waktu dan tidak begadang. Tentu, tidru tepat waktu dengan jadwal makan malam yang berjarak dengan tidur malam ya. Jangan sampai tidur dalam kondisi setelah makan malam. Ini juga akan berakibat perut buncit.

[e_SdS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.