Mencegah Insomnia Dengan Makanan Berikut Ini

buah ceri sangat baik untuk mengatasi insomnia
buah ceri sangat baik untuk mengatasi insomnia
buah ceri sangat baik untuk mengatasi insomnia

Insomnia yaitu kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur. Insomnia merupakan gangguan kesehatan yang harus segera di atasi, jika Anda tidak ingin tersiksa tidak dapat tidur dan menimbulkan bahaya lainnya. Gangguan ini dapat dialami oleh siapa saja dan usia berapa pun meskipun beberapa penelitian menunjukkan manusia dewasa lebih rentan terhadap insomnia. Insomnia terjadi karena beberapa faktor penyebab, yaitu depresi (tekanan pikiran), kesedihan, stres yang berkepanjangan, terlalu lelah atau sebaliknya kelebihan energi, salah mengonsumsi makanan tertentu (misal : kafein), gangguan hormonal.

Jika pada siang hari nya Anda mengalami kejadian yang tidak mengenakkan atau masalah dan tantangan yang begitu berat maka ada kemungkinan akan sulit tidur karena otak merekamnya dan terus memikirkan masalah/kejadian tersebut.

Jika pada artikel sebelumnya pernah ditulis makanan yang dapat membuat mata melek (menghilangkan mengantuk), maka berikut Sharing di Sini Makanan terbaik yang dapat mencegah insomnia.

1. Buah ceri
Ceri alami mengandung tingkat tinggi melatonin, yang sering digunakan sebagai bantuan / melacnarkan siklus tidur karena membantu untuk mengontrol jam internal tubuh. Sebuah studi oleh University of Rochester Medical Center Sleep Research Lab menunjukkan bahwa buah ceri mungkin paling efektif bila dikonsumsi satu jam sebelum Anda berniat untuk tidur.

2. Anggur
Anggur mengandung melatonin yang berfungsi sebagai antioksidan alami dan memiliki peranan penting dalam mengatur siklus tidur pada manusia. Para peneliti menyatakan bahwa beberapa jenis anggur yang banyak mengandung melatonin diantaranya adalah Sangiovesse, Nebbolo, Merlot, Cabernet Savignon, dan Croatina.

3. Susu hangat
Kandungan tryptophan asam amino yang berubah menjadi serotonin pada susu dapat menginduksi tidur, oleh sebab itu mereka yang tinggal di negara-negara maju membiasakan diri mereka untuk selalu meminum segelas susu hangat sebelum beranjak tidur. Meminum segelas susu di malam hari dapat membuat otak lebih tenang dan badan terasa rileks.

4. Pisang
Pisang banyak mengandung tryptophan, kalium dan magnesium, zat yang membantu tubuh anda untuk tidur secara alami dan membuat tubuh lebih rileks sehingga merilekskan otot-otot yang membuat Anda selalu terjaga. Biasakan memakan pisang minimal satu kali sehari dan lihat hasil positifnya.

5. Sayuran hijau
Sayuran hijau memiliki kandungan kalsium yang tinggi, kalsium dibutuhkan tubuh kita agar proses metabolisme dapat berjalan dengan baik. Selain itu, hasil study menunjukkan bahwa kekurangan kalsium dapat menyebabkan orang kesulitan tidur. Oleh karena itu, masukkan sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi dan yang lainnya ke dalam menu makan harian anda.

6. Roti gandum utuh (whole grain bread) dan oatmeal
Gandum utuh atau oat juga dapat membantu Anda  tidur dengan lancar. Karbohidrat yang terkandung di dalamnya memicu produksi insulin, yang pada gilirannya melepaskan tryptophan dan serotonin (zat kimia baik membantu otak Anda rileks). Oatmeal juga mengandung melatonin untuk otot Anda.

Selain makanan di atas, teh herbal seperti chamomile tea, juga berkasiat merilekskan otak dan otot tubuh sehingga Anda akan tidur dengan santai.

Masukkan beberapa makanan di atas pada menu harian Anda, sehingga terhindar mengalami insomnia di malam harinya. Selain hal tersebut, seimbangkan asupan gizi yang Anda konsumsi. Jika menu sehari-hari Anda lengkap gizinya, ini akan meminimalkan resiko insomnia di malam hari. [e_SdS]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.