Mengurangi Dampak Buruk Ruang Ber-AC

Saat ini sudah banyak fasilitas seperti rumah makan, supermarket sampai kantor yang mengunggulkan ruangan ber-AC. Memang, terasa nyaman sekali berada di ruangan seperti ini. Andapun tidak perlu khawatir merasa keringatan.

Bagi Anda yang bekerja lebih dari 8 jam di ruangan ber-AC, apabila terlalu lama dan rutin setiap hari berada di ruangan ber-AC bisa membahayakan kesehatan.

Penelitian membuktikan, ketika kita sedang berada di luar ruangan atau ruang terbuka, tubuh memperkuat sistem kekebalan karena sel-sel darah putih bisa bekerja dengan efektif untuk mendapatkan asupan cukup oksigen. Berbeda dengan saat ada di dalam ruangan ber-AC.

Yang paling sering terjadi adalah infeksi pernafasan seperti flu dan pilek. Tidak jarang juga Anda akan terserang sakit kepala plus tenggorokan gatal. Menurut konsultan bedah THT, Dr. Gauri Mankekar dari Hinduja Hospital yang dikutip oleh Times of India, “AC mengeluarkan dingin melalui proses penguapan yang bisa mengeringkan selaput lendir di hidung dan mulut.” Padahal, hidung, sinus dan tenggorokan bergantung pada kelembaban yang berfungsi untuk melindungi kekebalan tubuh.

Saat kondisi lembab, sel-sel imun mampu menarik virus, bakteri dan alergen ke dalam perangkap sebagai pertahanan tubuh. Sayangnya, kebanyakan AC tidak dilengkapi humidifier, jadi malah menghasilkan udara kering. Ini yang kemudian melemahkan pertahanan tubuh.

Bukan itu saja, sering terpapar udara dari AC juga bisa merusak kulit dan menghilangkan elastisitasnya. Parahnya, Anda juga bisa terkena gatal-gatal karena terlalu sering berada di ruangan ber-AC.

Tetapi Anda tidak perlu secara ekstrim menghindari ruangan ber-AC. Lakukan cara berikut ini dari Sharing Di Sini untuk mengurangi dampak buruknya:

  • Luangkan waktu untuk menghirup udara segar, yang bisa dilakukan saat makan siang atau saat pekerjaan nggak terlalu menumpuk.
  • Pastikan suhu AC di kantor tidak terlalu ekstrem. Paling tidak, tubuh jadi tidak terkejut saat berpindah tempat dari luar dan masuk ke dalam ruangan. Karena bisa berpengaruh pada sendi-sendi.
  • Pilih pakaian dengan bahan yang tidak terlalu tipis. Anda tentu tahu apa yang terbaik untuk Anda gunakan kalau AC di kantor terlalu dingin. Setidaknya pilih pakaian dengan bahan yang bisa menghangatkan tubuh.
  • Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih yang cukup. Ini bertujuan agar tubuh terhidrasi dengan baik. Jangan tunggu sampai haus itu datang.

Tidak jarang memang pekerjaan menuntut kita untuk selalu berada di ruangan ber-AC. Ya, meskipun berlama-lama di ruangan ber-AC juga tidak baik buat kesehatan. Tapi, kalau Anda sudah tahu gimana mengatasinya, tentu bukan lagi menjadi masalah bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.