Berbagi Tips Menghapus Tatoo

palm-tattoo-womenKebanyakan mereka yang memilih untuk memiliki tattoo merupakan bentuk ungkapan ekspresi maupun kenangan.

Mereka pun seharusnya tahu dan sadar kalau tattoo adalah aksi yang berakibat permanen. Akan tetapi sebagian besar dari Anda juga ada yang akhirnya menyesal telah merajah tubuhnya dan ingin menghilangkannya. Lalu, bagaimana cara menghapus tattoo yang aman?

Tattoo memang bisa dihapus. Tapi lebih baik lagi kalau Anda berpikir dua kali untuk mewarnai tubuh secara permanen. Karena selain mahal, menghapus tattoo juga menyakitkan. Bahkan seringkali bekas luka yang tertinggal lebih buruk dari tattoo itu sendiri.

Berikut Sharing Di Sini berbagi mengenai tips menghapus tatoo

Dermabrasi. Teknik ini menggunakan amplas atau butiran pasir untuk menggosok kulit hingga lapisan paling luarnya terkelupas. Tinta yang terletak di bawah lapisan tersebut kemudian tinggal dikikis dengan pisau bedah oleh seorang dokter kulit. Meski mudah dan murah, cara ini sangat menyakitkan apalagi kalau ukuran tattoo cukup besar. Seringnya teknik ini berisiko menyebabkan luka dan jaringan parut yang sangat tidak cantik di kulit.

Mengiris Kulit. Teknik lain yang juga cukup mudah meski tetap harus dilakukan dokter adalah dengan mengiris kulit yang bertattoo. Risiko terbentuknya jaringan parut lebih besar dari teknik sebelumnya. Biasanya teknik ini dilakukan pada tattoo yang berukuran kecil atau sedang. Tapi, kalau terpaksa teknik ini juga akan dilakukan pada tattoo berukuran besar ketika teknik lain tak bisa menghilangkan tattoo tersebut karena tinta terlalu meresap ke kulit atau jenis tintanya memang sulit dihilangkan.

Cryotherapy. Dalam teknik ini, digunakan nitrogen cair yang suhunya berada di bawah titik beku. Jaringan kulit yang ditetesi cairan tersebut akan membeku, hancur, dan luruh bersama tinta tattoo yang terdapat di lapisan bawah. Tentunya, pada teknik ini pula terdapat risiko kerusakan kulit yang cukup serius.

Krim Anti-Tattoo. Krim ini juga bekerja seperti nitrogen cair. Krim ini umumnya berisi larutan trichloroacetic acid (TCA) yang meluruhkan tinta pada kulit dengan reaksi yang lebih aman di kulit. Harganya relatif mahal dan nggak begitu efektif. Tattoo hanya akan disamarkan, bukannya dihilangkan 100%.

Laser
Ini adalah teknologi paling mutakhir untuk menghilangkan tattoo. Prinsip teknik ini adalah menguraikan partikel tinta di bawah permukaan kulit sehingga dapat dihancurkan oleh sistem kekebalan tubuh manusia. Meski aman, terkadang membutuhkan waktu lama karena prosesnya bertahap. Bahkan pada level alat tertentu karena mahalnya, perhitungan biaya dilakukan tiap centimeter penghilangan tattoo.

Wow! Jangan sekali-kali Anda mencobanya, kalau tidak sanggup menanggung risiko seperti yang disebut di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.